Pernah Mendapat SMS Penipuan? Kenali Tipe-Tipenya Disini | Apigo.id

Pernah Mendapat SMS Penipuan? Kenali Tipe-Tipenya Disini

Mulai dari meminta Anda untuk mengirimkan pulsa dan uang hingga mencuri data pribadi Anda. Kenali tipe-tipe SMS penipuan agar Anda tidak merasakan bahayanya.

SMS penipuan, salah satu bentuk penipuan yang sudah lama terjadi dan berada disekitar kita. Coba handphone Anda, buka inbox SMS dan scroll hingga ke bawah, kapan SMS penipuan mulai masuk ke handphone Anda? 1 tahun atau 3 tahun yang lalu?

Channel Youtube Gadgetin, belum lama ini membahas tentang SMS penipuan. Tidak hanya merugikan untuk para customer, penipuan ini merugikan perusahaan yang digunakan namanya untuk melakukan penipuan.

Pelaku penipuan menggunakan salah satu perusahaan peminjaman untuk menyakinkan customer untuk mengirimkan uang deposit agar pinjaman uang segara cair. Lihat kisah lengkapnya dibawah

Meskipun prakter ini sudah terjadi sejak lama, masih banyak diantara kita yang terjebak dari permainan kata para penipu lewat pesan singkat SMS. Penipuan datang dalam berbagai bentuk seperti, iming-iming peminjaman uang yang mudah dengan bunga kecil atau pesan yang mengatakan Anda memenangkan sejumlah uang atau barang tertentu.

Seiring berjalannya waktu dan semakin aware masyarakat akan penipuan pinjaman uang mudah atau memenangkan sejumlah uang, modus penipuan beralih ke pencurian data. Mulai dari ajakan mengirimkan data diri agar Anda dapat memenangkan satu hadiah atau mengirimkan link yang berisi malware.

Penipuan yang Terjadi dengan SMS

Agar penipuan atau pencurian data ini dapat kita hindari, mari lihat jenis-jenis penipuan yang banyak terjadi lewat SMS:

1. Mama Minta Pulsa

Salah satu praktek penipuan yang cukup viral karena banyak dijadikan bahan becanda oleh masyarakat. Praktek penipuan ini menghadirkan kekhawatiran karena seolah-olah mama dari penerima pesan sedang dalam masalah seperti penjara atau kecelakaan.

Anda akan diminta untuk mentransfer sejumlah pulsa agar ‘mama’ bisa menghubungi bantuan secepatnya. Bagaimana hasilnya? Penipuan ini berhasil membuat orang membeli atau transfer ke nomor yang diminta.

2. Pesan dengan Permintaan Balasan

Penipuan seperti tidak meminta Anda untuk mengirimkan sejumlah pulsa atau uang kepada pengirim pesan. Pelaku penipuan akan meminta Anda untuk membalas SMS dengan kata-kata yang sudah ditentukan. Setelah Anda membalas SMS sesuai keinginan pelaku, akan ada dua kemungkinan yang terjadi:

  • Dengan membalas SMS tersebut, Anda memberikan izin untuk program seperti malware yang diinginkan pelaku penipuan untuk berada di handphone Anda. Jika program tersebut berada di handphone Anda, malware akan menyerang sistem handphone atau mencuri data-data berharga Anda.
  • Tanpa Anda sadari, pulsa Anda dapat terkurang jika membalas SMS penipuan ini. Balasan SMS yang sesuai keinginan pelaku bisa jadi adalah suatu perintah kepada provider telekomunikasi untuk mengirimkan sejumlah pulsa ke nomor handphone yang diinginkan pelaku.

3. Pesan dengan Link Mencurigakan

Praktek ini banyak terjadi di email, namun tidak menutup kemungkinan penipuan ini dapat terjadi lewat SMS. Handphone adalah tempat berbagai informasi pribadi disimpan, bukan tidak mungkin pelaku mengincar data-data Anda lewat praktek penipuan ini. Anda akan diminta membuka link yang berisi malware atau mengisi form data diri yang datanya bisa saja disalahgunakan oleh pelaku.

SenderID SMS Sebagai Cara Menghindari Penipuan

Hal seperti ini bisa dihindari dengan fitur sederhana SMS, yaitu SenderID atau nama pengirim pesan. Bagi nomor telepon yang belum terdaftar di contact list handphone Anda, nama pengirim pesan hanya deretan angka. Berbeda jika menggunakan fitur SenderID, meskipun belum terdaftar di handphone Anda, nama pengirim pesan akan tertera pada SMS yang dikirimkan.

Custom SenderID memberikan ketenangan baik pelaku bisnis maupun penerima pesan (customer). Pelaku bisnis dapat mengirimkan pesan penting dengan SMS tanpa perlu khawatir customer tidak mempercayai isi pesan. Sedangkan dari sisi customer akan terhindar dari pesan penipuan yang menimbulkan kerugian.