Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan SMS API | Apigo.id

Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dengan SMS API

Setiap produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan, akan membangun pengalaman positif ataupun negatif.

Ketika menjual produk ke market, tentu kita ingin mendapatkan respons positif dari market. Mendapatkan feedback positif tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda. Respons positif ini tidak datang secara cuma-cuma, namun Anda perlu meningkatkan pengalaman positif pelanggan terhadap produk.

Pengalaman yang terbangun tentang brand bukan hanya saat pelanggan menggunakan produk, namun juga bentuk pelayanan yang diberikan, bentuk komunikasi yang disampaikan, keramahan petugas, dan interaksi lainnya yang berkaitan dengan pelanggan.

Pengalaman pelanggan juga menjelma jadi negatif terhadap brand Anda. Sebagai contoh kasus, ada seorang pelanggan membuka laman situs e-commerce pertama kali. Kemudian situs e-commerce ini muncul di mana-mana setiap kali pelanggan membuka situs/website lainnya. Ketika membuka twitter situs tersebut muncul di pop up. Ketika membuka facebook, situs e-commerce itu muncul juga. Iklan terjadi secara massif kepada si pelanggan, hingga akhirnya menimbulkan kesan negatif. Membombardir pelanggan dengan iklan Anda, dapat membangun pengalaman negatif pelanggan terhadap produk.

Media Komunikasi untuk Tingkatkan Pengalam Pelanggan

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pengalaman pelanggan adalah media komunikasi. Media komunikasi yang akan dibahas kali ini adalah SMS API. SMS API dapat dimanfaatkan untuk kepentingan komunikasi, agar pengalaman pelanggan dapat dibangun secara positif. Bagaimana caranya?

Sebelum membahas teknis penggunaan SMS API untuk tingkatkan pengalaman pelanggan, kita perlu memahami terlebih dahulu, apa itu SMS API?

SMS API (Application Programming Interface) adalah sebuah teknologi yang dapat membantu Anda mengirimkan pesan SMS dari komputer menuju nomor ponsel pelanggan. Ada banyak kelebihan yang dapat Anda peroleh, seperti:

1. Pesan Dikirim Dari Komputer

Pesan SMS Anda dikirim menggunakan teknologi API di komputer. Pesan tidak dikirim melalui ponsel. Selama ini mengetik SMS di ponsel cukup bikin pegal, karena Anda hanya dapat mengunakan dua jari mengetik pesan, dan mengirim pesan secara manual. Dengan komputer, pengiriman pesan jadi lebih ringan.

2. Pengelolaan Pengiriman Pesan Lebih Mudah

Pengelolaan pengiriman pesan jauh lebih mudah dengan menggunakan teknologi API. Anda dapat melihat secara keseluruhan, pesan apa yang akan dikirim, ke nomor apa saja, pada waktu kapan saja.

3. Mengirim Pesan Terjadwal

SMS API dapar membantu Anda untuk menjadwalkan pengiriman pesan secara otomatis. Misalnya, pelanggan Anda berulang tahun dua minggu lagi, agar tidak lupa Anda dapat menjadwal kiriman pesan selamat ulang tahun ke nomor pelanggan yang bersangkutan.

4. Modifikasi Sender ID

Anda dapat memodifikasi nama Sender ID menjadi nama brand produk. Jika mengirimkan pesan secara manual, maka sender ID yang akan muncul adalah nomor ponsel yang Anda gunakan untuk mengirimkan pesan. Sedangkan dengan teknologi dari komputer ini, Anda dapat mengganti nama pengirim dengan nama brand. Tidak akan muncul nomor ponsel.

5. Keuntungan Menggunakan SMS

Dasarnya, SMS API itu adalah mengirim pesan SMS ke nomor ponsel pelanggan. SMS memiliki kelebihan yang cukup menguntungkan sebagai media komunikasi efektif. Selain dapat diterima di setiap jenis ponsel, SMS juga memiliki keterbatasan karakter yang menuntut pengguna untuk menulis pesan secara kreatif, efektif, dan efisien. Pesan yang sikat dan padat akan lebih cepat dicerna. Untuk mengenal SMS lebih jauh baca juga: Fakta-fakta Menarik Layanan SMS Ini Perlu Anda Ketahui, dan baca juga SMS VS Email VS Push Notification: Mari Lihat dari Kebutuhan Anda

Bagaimana Menggunakan Media Komunikasi SMS API ini untuk Membangun Pengalaman Pelanggan?

1. Sebagai Pesan Promosi dengan SMS Kupon Diskon

Untuk menarik perhatian pelanggan, promosi itu sangat penting. Memberikan kupon diskon dalam bentuk SMS dapat meningkatkan pengalaman positif pelanggan terhadap brand Anda. Diskon adalah salah satu cara membuat pelanggan senang berbelanja.

2. Tidak Promosi Melulu, Beri Perhatian Juga Penting

Seperti kasus yang diulas sebelumnya, bahwa pelanggan akan memiliki pengalaman negatif dengan brand Anda, apabila Anda membombardir pelanggan dengan iklan. Promosi produk itu perlu, namun tidak terus-terusan. Sesekali Anda perlu memberikan perhatian untuk pelanggan, agar mereka merasa berharga bagi brand Anda. Seperti contohnya mengirim

3. Apresiasi Pelanggan dengan Hadiah Kecil

Pelanggan setia jangan dilupakan. Untuk menjaga pengalaman positifnya terhadap brand, Anda dapat memberikannya hadiah kecil berupa potongan harga, atau beli satu gratis satu untuk pelanggan setia. Hadiah dapat ditukarkan dengan menunjukkan pesan SMS yang dikirim oleh brand Anda.

4. Berikan SMS Reminder Ketika Pelanggan Melakukan Transaksi

Ketika pelanggan membeli brand secara online, Anda dapat mengirimkan SMS reminder untuk pelanggan menunaikan pembayaran. Pengingat ini disertai nomor rekening serta nominal yang harus dibayarkan pelanggan. Agar pelanggan tidak bolak-balik mengecek aplikasi untuk transfer pembayaran. Cukup dengan membuka sms, terangkum dalam satu pesan.

5. Bekerja Sama Dengan Distributor SMS API

SMS API dapat dikirim ke pelanggan dengan mudah, apabila Anda bekerja sama dengan layanan distributor SMS API. Apigo Messaging adalah salah satu layanan distributor SMS API. Untuk dapat mempelajari berbagai solusi dari produk Apigo, Anda dapat mengunjungi laman berikut ini.

Anda dapat juga berimprovisasi membuat pesan SMS se-kreatif mungkin melalui SMS API, untuk tingkatkan pengalaman pelanggan.