Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

Tingkatkan Pelayanan Nasabah Dengan SMS API

Tingkatkan pelayanan nasabah Anda dengan SMS API, agar dapat menjadi Bank yang semakin unggul dalam memberikan pelayanan.

Bank merupakan institusi yang sangat berperan penting dalam masyarakat. Tidak sedikit bank yang saling berlomba untuk tingkatkan pelayanan nasabah, agar nasabah yang dimiliki semakin loyal dan tidak beralih ke bank lain.

Perkembangan teknologi membawa perkembangan dalam segala sektor industri, termasuk sektor finansial. Pelayanan nasabah terus meningkat: dari proses konvensional, seperti mengirim uang jarak jauh melalui wesel, terciptanya mesin ATM, sampai sekarang untuk melakukan transfer tinggal klik di smartphone Anda.

Teknologi tidak hanya mempermudah Bank untuk melakukan perhitungan uang secara akurat, namun juga dapat tingkatkan pelayanan nasabah. Bentuk-bentuk layanan yang dapat digunakan oleh Bank seperti internet, aplikasi Android/iOS, dan SMS API.

Apa itu SMS API?

SMS API adalah sebuah program yang dapat membuat komputer mengirim pesan ke mesin, yakni ponsel, dengan menggunakan teknologi API (Application Programming Interface). Dengan SMS API, Anda dapat mengirimkan pesan ke banyak user tanpa harus menghabiskan waktu untuk mengirim pesan ke satu per-satu nomor ponsel secara manual. Pesan dapat dikirimkan dalam waktu sesingkat-singkatnya, dan jumlah sebanyak yang Anda inginkan.

SMS API Dalam Dunia Perbankan

1. Sebagai Notifikasi Transaksi Nasabah

Setiap kali ada transaksi yang dilakukan oleh akun nasabah, Bank dapat mengabarkannya melalui SMS API. Transaksi seperti transfer yang dikirim atau diterima, saldo deposito, atau pembayaran dan pembelian lainnya melalui akun nasabah Anda.

2. Reminder Payment

SMS API juga dapat digunakan sebagai reminder pembayaran kartu kredit nasabah Anda. Dengan open rate 98%, nasabah akan membaca pesan tersebut dan segera melakukan pembayaran.

3. Keamanan Transaksi Dengan OTP (One Time Password)

Untuk meningkatkan keamanan transaksi internet atau mobile banking yang dilakukan oleh nasabah, Anda dapat menggunakan SMS API untuk mengirimkan OTP atau One Time Password. SMS OTP memberikan digit angka unik kepada nasabah, digunakan untuk verifikasi bahwa yang melakukan transaksi adalah nasabah bersangkutan, serta digit angka ini berlaku hanya untuk satu kali transaksi.

Bila ada user asing yang mencoba melakukan pembobolan akun nasabah melalui internet atau mobile banking, nasabah akan langsung dapat mengetahui kondisi akunnya dengan pengiriman OTP. Tanpa kode OTP, user asing tidak akan bisa masuk ke dalam akun nasabah yang ditujunya.

4. Arsip Aktivitas Transaksi Nasabah

SMS API yang dikirimkan oleh Bank, juga dapat menjadi arsip digital secara offline yang dapat dilihat oleh nasabah kapan saja dan di mana saja. Tanpa memerlukan koneksi internet, nasabah dapat melakukan pemeriksaan jejak dari transaksi yang telah dilakukannya.

5. Pengenalan Layanan Produk Terbaru

Bank dapat menyampaikan pesan promosi, mengenai produk dan program terbaru yang dimiliki oleh Bank. Pesan ini akan mudah dilihat oleh nasabah, sekalipun dalam keadaan offline.

SMS dalam Dunia Perbankan

Keuntungan SMS API bagi perbankan

SMS API sangat menguntungkan perbankan untuk memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan loyalitas nasabah kepada Bank. Dengan loyalitas yang semakin meningkat, maka nasabah pun akan jadi lebih mudah untuk membeli produk-produk yang dimliki oleh Bank.

1. Memiliki Kredibilitas Baik

Bank dapat memilih nama Sender ID SMS API yang dikirim kepada nasabah. SMS yang masuk ke ponsel, apabila nama pengirim yang muncul adalah nomor asing, maka bisa dikira sebagai penipuan. Namun, dengan nama pengirim ID yang telah disesuaikan dengan nama Bank Anda, akan menunjukan bahwa pesan yang Bank Anda kirimkan memiliki kredibilitas baik.

2. Dapat Menjangkau Segala Jenis Ponsel Nasabah

SMS API dapat menjangkau nasabah berbagai usia. Anda tidak perlu khawatir apabila ponsel nasabah sedang tidak memiliki kuota internet, atau nasabah yang usianya cukup tua masih menggunakan ponsel poliponik, Anda tetap dapat menyampaikan pesan layanan produk atau transaksi yang dilakukan oleh nasabah.

Apigo sebagai partner SMS API Bank Anda

Apigo merupakan layanan api gateaway yang hadir untuk membantu kelancaran bisnis Anda dalam marketing dan service. Dengan layanan Apigo Messaging, Anda dapat tingkatkan pelayanan nasabah dengan mengirimkan SMS API secara efektif dan efisien.

Dengan berbagai fitur yang dimiliki, Apigo dapat menjadi partner SMS API terbaik untuk tingkatkan pelayanan nasabah Bank Anda. Untuk menghubungi kami, dapat klik laman berikut.

Follow Us @apigoid