Tingkatkan Brand Awareness Pelanggan dengan SMS Blast | Apigo.id

Tingkatkan Brand Awareness Pelanggan dengan SMS Blast

Brand awareness pelanggan adalah kondisi di mana konsumen mengetahui, mengenali, dan selalu mengingat merek atau brand sebuah produk, ketika mereka hendak membeli sesuatu.

Ketika Anda berhasil membangun brand awareness pelanggan, Anda dapat meningkatkan keuntungan dan penjualan produk. Pelanggan yang sudah terbangun brand awareness-nya akan cepat mengenali produk Anda, ketika melihat logo ataupun tagline tersebut.

Selain itu, brand awareness juga dapat menjadi tolok ukur untuk menilai kinerja brand Anda. Jika kinerja turun maka potensi pembeli pun akan turun, jika semakin naik maka perusahaan pun akan mendapat untung. Dengan begitu, Anda dapat melakukan evaluasi secara berkala serta memilih strategi selanjutnya untuk meningkatkan brand awareness pelanggan.

Ada Tiga Jenis Brand Awareness, Sebagai Berikut:

1. Brand Recognition

Brand recognition adalah kemampuan pelanggan untuk mengenali sebuah produk, ketika mereka melihat produk tersebut. Walaupun pelanggan sering lupa dengan nama sebuah produk, mereka akan mengenali produk tersebut melalui tampilan logo, slogan, ataupun warna.

2. Brand Recall

Ketika konsumen sudah memasuki pada tahap brand recall, mereka akan mengingat sebuah produk, ketika mendengar atau melihat sekilas barang yang mereka butuhkan. Misalnya, pelanggan membutuhkan gula, maka brand gula pertama yang diingatnya adalah gulamu*. Pelanggan telah menyimpan ingatan akan brand Anda.

3. Top-of-Mind Awareness

Top-of-mind awareness adalah kondisi di mana konsumen lansung memikirkan produk Anda untuk pertama kali, ketika memikirkan sebuah industri atau kategori tertentu. Pada tahap ini, produk Anda sudah menjadi reflek brand yang paling diingat oleh pelangan.

Untuk mencapai Top-of-Mind Awareness, Anda perlu tinigkatkan brand awareness pelanggan. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Salah satunya adalah menginformasikan produk Anda melalui alat komunikasi seperti sosial media, email, dan SMS. Anda juga dapat menggunakan layanan video di kanal internet untuk tingkatkan brand awareness pelanggan.

Pada pembahasan kali ini, Apigo akan memperkenalkan kepada Anda bagaimana cara tingkatkan brand awareness melalui SMS blast. Sebelum membahas bagaimana caranya, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan SMS blast.

Mengenal SMS Blast

SMS Blast merupakan SMS yang dikirim secara cepat dan massif dari teknologi komputer, menggunakan masking atau modifikasi sender ID, sehingga pesan tidak tampil sebagai nomor asing di ponsel pelanggan. Sebagai contoh SMS Blast:

Sender: LRTJAKARTA

Pesan: Program Uji Publik! LRT Jakarta telah dimulai! Ayo naik LRT Jakarta sekarang! Daftarkan dirimu segera di xxx.

Anda dapat menggunakan SMS blast untuk tingkatkan brand awareness pelanggan. Dengan rutin secara berkala, Anda memperkenalkan kegunaan produk, bahkan juga dapat digunakan untuk menyebarkan pesan promosi sekaligus kupon diskon sebagai penarik perhatian.

SMS Dapat Memberikan Keuntungan Sebagai Berikut:

1. Setiap Pelanggan Dapat Mengakses SMS

Hampir 90% penduduk di muka bumi memiliki ponsel. SMS atau Short Message Service dapat diakses di setiap jenis ponsel manapun. Oleh sebab itu, dengan menggunakan SMS, Anda akan menjangkau calon pelanggan jauh lebih luas. SMS juga memiliki potensi dibaca atau open rate hingga 90%, dan tidak menghabiskan waktu lebih dari 5 menit untuk pelanggan membuka SMS dari Anda.

2. Tidak Perlu Ketik Manual

SMS blast dikirim melalui teknologi komputer, dengan sekali menginput database nomor pelanggan. Anda tidak perlu mengetik secara manual. Tentu akan pegal sekali Anda mengetik nomor calon pelanggan secara manual berulang kali. Dengan SMS blast, cukup dengan satu kali klik, pesan akan langsung sampai di ponsel pelanggan.

4. Pengiriman Otomatis, Cepat, dan Massif

Dengan menggunakan teknologi API (application programming interface), Anda juga dapat membuat jadwal pengiriman SMS. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot bolak balik mengirim SMS blast berkali-kali. Pengiriman yang cepat dan hanya sekali klik, SMS dapat dikirim dalam jumlah yang sangat banyak.

5. Konten Efektif, Singkat dan Padat

SMS memiliki keterbatasan karakter, yakni 160 karakter. Keterbatasan karakter ini dapat mendorong Anda untuk berpikir kreatif untuk menyusun pesan yang efektif dan efisien dalam membangun brand awareness pelanggan. Pesan singkat yang efektif akan mudah diingat oleh pelanggan.

Apigo Messaging Sebagai Rekan SMS Blast Anda

Untuk dapat menggunakan SMS blast, Anda perlu melakukan kerjasama dengan jasa layanan SMS gateway, seperti Apigo Messaging. Apigo Messaging merupakan distributor SMS, yang dapat membantu Anda untuk tingkatkan brand awareness pelanggan melalui SMS blast. Untuk mengenal lebih lanjut solusi dan produk Apigo, Anda dapat berkunjung ke laman berikut ini.