Memahami Pemanfaatan Telco API untuk Bisnis E-Commerce

Memahami Pemanfaatan Telco API untuk Bisnis E-Commerce

Industri bisnis E-commerce di Indonesia saat ini tengah berkembang pesat. Potensinya juga masih besar. Pelaku bisnis bisa semakin memaksimalkannya dengan pemanfaatan layanan API Gateway.

Negeri kita merupakan salah satu negara dengan potensi bisnis e-commerce yang sangat besar. Hal ini ditegaskan oleh Badan Ekonomi Kreatif. Mereka menyatakan bahwa, pada 2017, potensi industri e-commerce di Indonesia sudah mencapai 8,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 107 triliun.

Nilai tersebut memperlihatkan peningkatan yang tengah terjadi. Sebab, pada 2015, potensi e-commerce baru mencapai 3,7 miliar dolar AS.

Ke depan, pertumbuhan skala bisnis industri e-commerce juga diprediksi tidak akan berhenti. Dengan melihat tren sekarang, pada 2025 nanti, diperkirakan nilai ekonomi digital tersebut telah menembus angka 156 miliar dolar AS.

Tentu saja ini sangat menggiurkan. Pelaku bisnis e-commerce pantang menyia-nyakan kesempatan besar yang ada di depan mata. Untuk memaksimalnya, ada salah satu cara yang dilakukan, yakni pemanfaatan layanan API Gateway.

Dengan layanan API Gateway, bisnis e-commerce mendapat kemudahan dalam komunikasi dan transaksi. Dua hal tersebut merupakan kunci mendasar bagi kesuksesan bisnis termasuk e-commerce.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Dengan komunikasi yang baik, pelaku usaha bisa menjalin relasi yang intim bersama konsumen. Ini membuat mereka tahu apa yang diinginkan pasar sehingga dapat mengambil langkah efektif demi perkembangan bisnis.

Sementara itu, kemudahan transaksi menjadi salah satu kunci sukses bisnis modern. Sekarang, dengan perkembangan teknologi, konsumen tidak mau direpotkan dalam apa pun termasuk saat melakukan transaksi. Memanfaatkan layanan API Gateway bisa membuat pebisnis memudahkan konsumennya dalam bertransaksi.

Layanan yang Mudah dan Lengkap untuk Bisnis E-commerce

Menyediakan layanan yang mudah dan lengkap akan memudahkan Anda secara internal maupun eksternal. Apigo sebagai telco API platform menyediakan layanan integrasi dengan telco operator secara lengkap. Messaging, Voice, Digital Payment dan Base dapat Anda manfaatkan unutk meningkatkan layanan secara internal dan eksternal.

Secara internal, bisnis Anda cukup terhubung dengan satu platform untuk terhubung dengan semua operator dan semua produk yang dimiliki telco operator. Semua didukung dengan dashboard yang memudahkan Anda memantau kegiatan Anda dengan Apigo.

Secara eksternal, Anda dapat mendekatkan diri dengan customer dengan menjalin komunikasi yang baik dan menyediakan layanan pembayaran yang mudah. Dibawah adalah beberapa pemanfaatan yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda.

Produk-produk Apigo

Pertama ada Apigo Messaging. Ini merupakan layanan broadcast SMS, MMS, atau USSD terprogram maupun berbasis web yang bisa diakses 24 jam dan dari mana saja. Programmable SMS ini dapat diintegrasikan dengan menggunakan REST API maupun SDK untuk iOS maupun Android.

Bisnis e-commerce bisa memaksimalkan salah satu layanan Telco API ini. Mereka bisa melakukan beragam hal seperti account notification, sms reminder, sms for marketing, sms broadcast, hingga authentication.

Produk Apigo lain yang bisa dimanfaatkan untuk e-commerce adalah Apigo Voice. Ini merupakan layanan percakapan suara di mana saja. Memanfaatkan layanan API Gateway, pebisnis bisa menerima dan melakukan panggilan pada aplikasi apa pun yang diintegrasikan dengan API voice.

Selanjutnya pelaku bisnis e-commerce dapat pula memanfaatkan Apigo DigiPay untuk memudahkan transaksi. Dengan Apigo DigiPay, pebisnis bisa memberi kemudahan bagi konsumennya untuk bertransaksi tanpa harus datang ke bank, ATM, atau gerai. Mereka cukup bisa menggunakan sistem carrier billing atau potong pulsa untuk produk digital. Customer bisa menggunakan T-Cash sebagai sistem pembayaran yang lebih umum.

Didukung server yang terpasang di datacenter Tier-3, Apigo DigiPay juga dijamin mampu menangani banyak transaksi dalam waktu yang sama.

Beragam produk dan layanan API Gateway dari Apigo tersebut memudahkan pelaku bisnis e-commerce. Memanfaatkan kemampuan dari API Gateway Indonesia ini, mereka bisa mengembangkan diri secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.