Menciptakan Customer Experience Agar Pelanggan Anda Makin Loyal

Menciptakan Customer Experience Agar Pelanggan Anda Makin Loyal

Di era penuh persaingan usaha, sudah saatnya Anda ciptakan Customer experience untuk membangun loyalitas pelanggan.

Ekonomi menjadi hukum alam yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Untuk meningkatkan kualitas ekonomi, marketing dilakukan agar barang/jasa yang ditawarkan dapat diterima oleh konsumen. Marketing mengalami inovasi strategi, dari pasang iklan di media konvensional sampai menerapkan strategi untuk menciptakan customer experience.

Customer experience adalah cara brand untuk merebut hati dan pikiran pelanggan secara real time tanpa perantara. Pelanggan tidak hanya dapat janji-janji dari brand, namun juga terlihat langsung dengan produk maupun layanannya. Dengan strategi ini, pelanggan akan terus mengingat brand Anda pertama kali, setiap kali dia membutuhkan produk tertentu.

Bagaimana cara merebut hati pelanggan dengan menciptakan customer experience?

1. Tetapkan Experience Apa Yang Ingin Dibangun

Setelah Anda memilih segmentasi market yang sudah dipilih Anda dapat berlanjut ke tahap menciptakan customer experience. Untuk membangunnya, Anda perlu menetapkan terlebih dahulu pengalaman yang seperti apa yang ingin dikenalkan kepada pelanggan. Fitur apa yang ingin ditonjolkan oleh Brand Anda, tidak hanya menjawab kebutuhan namun juga memudahkan pelanggan. Dapat menggunakan produk/jasa secara praktis dan nyaman.

2. Menerapkan Experience Dalam Berbagai Media

Menciptakan Customer Experience, memerlukan media untuk menyampaikan pesan secara langsung kepada pelanggan. Pesan tersebut bisa disampaikan secara langsung oleh sales, atau melalui e-mail, SMS, telepon, sosial media, maupun media offline.

3. Merespons Cepat, Bentuk Perhatian dari Menciptakan Customer Experience

Setiap kali ada respons, pendapat, atau keluhan dari pelanggan, Anda dapat merespons dengan cepat. Respons cepat akan membuat pelanggan merasa dihargai.

4. Ungkapan Terima Kasih

Tiga kata sederhana seperti maaf, tolong, dan terima kasih sangat bermakna tinggi bagi siapapun yang menerimanya. Ungkapkan rasa terima kasih brand Anda kepada pelanggan, bahwa mereka telah mempercayai brand Anda sebagai produk yang dipilih.

5. Evaluasi dan Inovasi

Terus lakukan evaluasi setiap kali Anda hendak menciptakan customer experience. Dengan evaluasi, kita bisa bisa menemukan pelajaran baru dan memperbaiki produk serta layanan brand Anda.

SMS API Untuk menciptakan Customer Experience

Salah satu media untuk menciptakan customer experience adalah SMS API. SMS API merupakan program yang menghubungkan dua atau lebih perangkat untuk mengirim pesan SMS (Short Message Service) secara mudah, cepat, dan massif. Mengirimkan pesan melalui SMS, memiliki open rate sebesar 98%. Itu artinya, SMS merupakan media yang berpotensi besar untuk dibaca oleh pelanggan.

SMS API dapat digunakan sebagai SMS Notification untuk memberikan kabar-kabar baru yang berkaitan dengan brand Anda. Anda tidak perlu mengirim pesan secara manual, dengan SMS API pesan dapat dikirim dengan jumlah yang banyak, waktu yang singkat, serta tertarget. Berikut cara untuk menciptakan customer experiencedengan SMS API:

1. Menginfokan Penawaran Khusus Untuk Pelanggan

Menciptakan customer experience bisa dilakukan dengan mengirim pesan penawaran khusus seperti diskon, potongan harga, gratis barang/jasa, secara singkat dan padat melalui SMS API.

2. Mengabarkan Kondisi Perusahaan

Jika perusahaan Anda sedang mengalami gangguan, yang mana akan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan, kabarkan secara cepat bahwa sedang adanya gangguan dari jaringan brand Anda. Pelanggan yang dikabari terlebih dahulu akan memaklumi jika terjadi gangguan.

3. Memberitahu Update Lokasi Kiriman Paket

Saat pengriman barang/jasa yang dibeli oleh pelanggan, Anda dapat menciptakan customer experience, dengan menginfokan kabar terbaru posisi lokasi pengiriman melalui SMS API. Sehingga pelanggan tidak perlu merasa harap-harap cemas, ataupun repot-repot memeriksa di internet di mana lokasi paket kirimannya.

Apigo Messaging Untuk Menciptakan Customer Experience

Apigo messaging merupakan layanan SMS API yang memiliki berbagai fitur canggih untuk membantu Anda menciptakan customer experience. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi link ini.

Ilmu pengetahuan menghasilkan teknologi. Teknologi menghasilkan efiensi dan inovasi pekerjaan manusia. Menciptakan customer experience hanyalah satu dari sekian banyak cara pandang marketing lainnya. Jangan berhenti untuk mempelajari strategi-strategi baru. Serta gunakan teknologi yang dapat membantu strategi marketing Anda, menjangkau pasar yang lebih luas, seperti SMS API.