Solusi Telco API untuk Optimasi Customer Experience

Solusi Telco API untuk Optimasi Customer Experience Bisnis Anda

SMS Gateway dan payment gateway menjadi hal yang krusial di era digital. Penerapannya menjadi sarana dalam peningkatan atau optimasi customer experience yang menjadi kunci sukses dalam berbisnis digital.

Dunia bisnis saat ini sudah berubah. Sikap pelanggan terhadap produk tidak lagi bisa disamakan dengan dulu. Saat ini, konsumen sudah menuntut layanan yang lebih nyaman dan mudah digunakan. Disinilah pelaku bisnis harus melakukan optimasi customer experience.

Oleh sebab itu, membangun pengalaman pelanggan menjadi bagian penting bagi sebuah perusahaan. Pelanggan era digital tidak lagi puas hanya informasi yang diberikan kepada mereka seperti iklan. Tapi, mereka sudah ingin lebih. Pelanggan ingin merasakan dan mengalami sendiri keterlibatan dengan produk maupun layanan dari sebuah brand atau merek.

Brand bisa menyentuh hati orang dengan memberikan pengalaman. Jika yang dirasakan positif, maka hal itu akan tertanam di dalam hati. Selain itu, optimasi customer experience yang baik bisa mendorong orang untuk membagikannya kepada orang lain.

Melihat hal itu, optimasi customer experience yang baik wajib dilakukan. Sebab, pengalaman konsumen yang positif bakal berkorelasi langsung dengan conversion rate. Bisnis dengan customer experience score 7-10 dapat meningkatkan penjualan hingga 1,5 hingga 2,4 kali lipat.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk optimasi customer experience. Misalnya pebisnis bisa memilih dengan memfokuskan diri terhadap customer retention. Pasalnya, menjaga pelanggan jauh lebih murah lima kali lipat dibanding mengakuisisi pelanggan baru.

Untuk mewujudkannya secara konkret, pemanfaatan SMS Gateway dan Payment Gateway bisa dipilih. Perlu diketahui, SMS Gateway adalah sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim maupun menerima SMS. Ini sering dipakai untuk bisnis seperti broadcast promosi, penyebaran informasi terhadap pengguna, menyebarkan content produk atau jasa dan lain lain.

SMS menjadi salah satu sarana paling efektif untuk mendekatkan diri dengan pelanggan. Karena ponsel sudah menjadi bagian dari keseharian kehidupan manusia, SMS bisa menjangkau konsumen lebih mudah. Sebab, ketika pesan dikirim, 98% persen akan dibaca oleh penerimanya.

Apigo untuk Optimasi Customer Experience

Dengan Apigo Messaging sebagai SMS Gateway, bisnis Anda memungkinkan melakukan berbagai aktivitas pemasaran dengan SMS. Mereka bisa menjalankan program seperti SMS Promotion (Location based/targeted), cart recovery, confirmation message, dan customer reactivation. Bahkan pengaturan sender ID dapat dilakukan. Hal itu terlihat sederhana, tapi efeknya luar biasa karena langsung mampu meningkatkan citra bisnis. Langkah jelas mendukung peningkatan customer experience.

Selain itu, pebisnis bisa memudahkan pelanggan dengan pemanfaatan digital payment gateway. Sekarang, konsumen ingin kemudahan dalam pembayaran. Mereka tidak mau direpotkan lagi ketika hendak bertransaksi memperoleh produk atau jasa. Sistem bayar yang simpel, mudah, dan aman menjadi keharusan.

Apigo Digital Payment menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut. Sebagai contoh nyata, pebisnis bisa memaksimalkan pembayaran carrier billing atau potong pulsa. Dengan ini, pengguna dapat bertransaksi secara mudah. Ingat, sekarang, jumlah pemegang ponsel luar biasa besar. Hal ini membuka pemanfaatan potong pulsa menjadi payment gateway yang memudahkan pelanggan.

Dengan itu, pelanggan akhirnya merasa dimudahkan. Akibatnya mereka merasakan customer experience yang positif. Inilah yang menjadi tujuan karena berkorelasi dengan pertumbuhan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.