Pandu Logistics : Bebas Keluhan dengan Apigo Messaging | Apigo.id

Pandu Logistics: Bebas Keluhan dengan Apigo Messaging

Pengiriman pesan yang mudah dan tanpa hambatan membuat Pandu Logistics menggunakan Apigo Messaging untuk meningkatkan nilaiperusahaan dimata customer.

Ditengah perkembangan teknologi, informasi menjadi semakin penting untuk meningkatkan performa perusahaan dan memberikan layanan terbaik untuk pengguna. Pandu Logistics melihat informasi pengiriman barang penting untuk menunjang peforma bisnis.

Kini masyarakat cukup menggunakan handphone atau laptop untuk mencari informasi. Caranya pun beragam, bisa menggunakan layanan panggilan telepon, berkirim pesan teks atau menggunakan internet. Kondisi menciptakan new normal baik dikalangan customer atau pelaku bisnis.

New Normal pada Industri Logistik

Kondisi new normal ini berlaku juga dalam dunia logistik. Jika dahulu, telepon dan dokumen cukup untuk menjadi saluran informasi pengiriman barang. Kini, industri logistik dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan layanannya. Salahs satunya dengan menggunakan shipping tracking notification untuk meningkatkan layanannya kepada customer.

Sebagai market leader di industri jasa pengiriman yang telah memiliki pengalaman selama 22 tahun, Pandu Logistics menyadari bahwa ketersediaan informasi penting dalam business process untuk memudahkan customer dan meningkatkan value perusahaan. Pandu Logistics membutuhkan Shipping Tracking Notification agar customer selalu mendapatkan informasi terkait pengiriman barang.

Shipping tracking notification adalah pemberitahuan atau informasi terkait status pengiriman dokumen atau barang dari penyedia jasa pengiriman. Informasi dapat berupa kapan barang dikirimkan, status pengiriman barang hingga konfirmasi kesesuaian barang yang dikirimkan.

“Kenapa notifikasi itu (pengiriman) penting? sampai sejauh itu pentingnya, mengalahkan bukti kertas. karena itu sistem.” Kata Dwi Handoyo, Value Added Logistics Service, Business Development Manager. Dwi Handoyo menjelaskan bagaimana customer akan menerima barang yang dikirim jika detail pengiriman telah sampai dikirimkan dengan SMS.

Informasi detail pengiriman harus dikirimkan dengan cepat, mampu menjangkau letak geografis Indonesia yang luas dan terpercaya. Inilah mengapa dibutuhkan saluran komunikasi dan sistem yang tepat.

SMS API untuk Solusi Pandu Logistics

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang logistik, shipping tracking notification menjadi bagian penting untuk kelancaran proses jasa pengiriman Pandu Logistics. Setiap informasi dapat menjadi nilai tambah bahkan menjadi syarat untuk barang dapat diterima oleh customer.

Pandu Logistic sudah menggunakan SMS untuk broadcast informasi sejak tahun 2011. Sebelum menggunakan SMS API milik Apigo, Pandu Logistics sudah melakukan SMS broadcast dengan perangkat keras SMS Gateway. Dalam penggunaanya, terdapat beberapa hambatan seperti pesan dianggap spam hingga di-block oleh operator, penggunaan yang masih manual dan pengiriman SMS yang tidak cepat.

Jika pengiriman SMS terhambat atau sampai tidak terkirim, hal ini akan berpengaruh terhadap layanan Pandu Logistics kepada customer. Pandu Logistics membutuhkan layanan pengiriman SMS yang reliable dan terintegrasi demi memenuhi seluruh customer.

Dampak Apigo Messaging untuk Pandu Logistics

Pandu Logistics memilih Apigo Messaging sebagai solusi pengiriman pesan status pengiriman atau shipping tracking notification. Pandu Logistics menggunakan SMS API yang terhubung dengan sistem Pandu Logistics agar setiap pekerjaan pengiriman notifikasi dilakukan secara otomatis.

“Sejauh ini tidak ada complain, biasanya dalam 1 bulan sekali ada complain dari customer” kata Dwi Handoyo, ketika ditanya mengenai bagaimana performa Apigo untuk kelancaran notifikasi customer Pandu Logistics.

Sebagai platform Telco API, Apigo memudahkan Pandu pengiriman pesan dengan menggunakan API call yang mudah diimplementasikan oleh tim developer.

Pandu Logistics tidak perlu memikirkan dengan lama waktu dan banyak pengiriman SMS yang dilakukan karena Apigo terhubung langsung dengan telco operator tidak menggunakan SMS hardware yang rentan dibaca sebagai pesan spam. Pengiriman SMS dengan Apigo dapat dilakukan dengan cepat dan langsung, bahkan dapat mengirimkan 500 SMS dalam hitungan detik.

Pandu Logistics tidak perlu mengkhawatirkan trustability pesan karena setiap SMS yang dikirim sudah menggunakan Sender ID sesuai dengan nama bisnis. Tidak dengan nomor pengirim sehingga informasi lebih terpercaya untuk penerima SMS.

Meningkatkan Layanan Bersama Apigo Messaging

Apigo merupakan layanan api gateaway yang hadir untuk membantu kelancaran bisnis Anda dalam beragam kegiatan seperti marketing dan customer support. Dengan layanan Apigo Messaging, Anda dapat tingkatkan pelayanan nasabah dengan mengirimkan SMS API secara efektif dan efisien.

Dengan berbagai fitur yang dimiliki, saatnya Anda merasakan bagaimana Apigo dapat meningkatkan layanan bisnis Anda kepada customer.