SMS VS Email VS Push Notification: Mari Lihat dari Kebutuhan Anda | Apigo.id

SMS VS Email VS Push Notification: Mari Lihat dari Kebutuhan Anda

SMS VS email VS Push Notification, manakah yang lebih efektif? Ketiga saluran komunikasi ini muncul tidak dalam waktu yang bersamaan, namun kini, masing-masing mempunyai keuntungan bagi pelaku bisnis.

Smartphone menghadirkan kemudahan untuk manusia. Berkomunikasi satu sama lain, mengaktualisasi diri dengan informasi atau sekadar menggunakan aplikasi-aplikasi untuk memudahkan kegiatan sehari-hari.

Pelaku bisnis tentu dapat menggunakan kehadiran smartphone untuk mengembangkan bisnisnya. Pelaku bisnis dapat memaksimalkan internet dengan fasilitas gratis seperti media sosial untuk promosi dan menjalin hubungan dengan customer hingga menghadirkan kemudahan untuk customer menggunakan layanannya lewat aplikasi.

Menjalin komunikasi dan menyediakan informasi yang dibutuhkan customer lewat saluran komunikasi seperti SMS, email dan push notification perlu dilakukan oleh pelaku bisnis. Mengapa? Membangun loyalitas customer, menjaga customer untuk terupdate dengan informasi terbaru Anda dan menjalankan berbagai fungsi untuk kepentingan pelaku bisnis dan customer seperti verifikasi data diri.

Perbandingan SMS VS Email VS In App Notification | Apigo.id

Tabel diatas menunjukan kelebihan dan kekurangan setiap saluran komunikasi. Diantara SMS, Email dan Push Notification, manakah yang lebih baik menjalankan pekerjaan memenuhi kebutuhan Anda dalam menggunakan saluran komunikasi? Mari lihat berdasarkan kemampuan memenuhi kebutuhan bisnis.

Authentication atau Verifikasi Data Customer

Keamanan penting untuk bisnis yang menggunakan aplikasi dan membutuhkan keaslian pengguna layanan. Keamanan dapat dimaksimalkan dengan menerapkan metode otentikasi. Lewat metode pengiriman kode unik, pengguna akan mendapatkan nomor unik yang dikirimkan dan memasukan nomor unik untuk proses konfirmasi.

Dengan registrasi ulang yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh Kemeninfo, authentication lewat SMS dapat mencegah pengguna memberikan kontak yang tidak benar. Didukung dengan open rate yang tinggi, proses verifikasi customer akan berjalan cepat dan efektif.

Authentication di email dapat diterapkan namun terdapat celah untuk kebohongan data pengguna karena kemudahan email dalam membuat akun dan open rate rendah yang memungkinkan pengguna Anda tidak membaca pesan kode unik.

Reminder atau Pengingat untuk Customer

Reminder notification atau pesan pengingat adalah salah satu informasi yang banyak dikirimkan oleh pelaku bisnis. Mulai dari informasi pembayaran tagihan hingga partisipasi kegiatan untuk pengguna layanan Anda. Tanpa notifikasi ini, roda bisnis Anda akan terganggu baik itu pemasukan yang telat hingga sepinya kegiatan yang Anda selenggarakan.

Ketika melihat SMS vs email vs push notification, mana yang dapat menjalangkan fungsi pengingat dengan baik? Anda perlu melihat lebih jauh bagaimana setiap saluran menjawab kebutuhan Anda dengan efektif dan efisien. Open rate dan deliverability menjadi indikator yang wajib dipenuhi agar pesan dapat berdampak pada pengguna.

Push notification dan email memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Email memiliki deliverability yang lebih baik karena dapat diakses darimana, sedangkan push notification terbatas pada smartphone yang memiliki aplikasi didalamnya. Namun, open rate milih push notification lebih baik karena notifikasi muncul dimana pengguna mengunduh aplikasi terkait sehingga pesan relevan dengan pengguna.

Pelaku bisnis dapat memaksimalkan fungsi reminder dengan SMS. Dengan open rate dan deliverability yang tinggi, pesan akan sampai dengan efektif. SMS dengan penggunaan custom senderID akan menghindari pesan difilter spam oleh operator dan meningkatkan keterpecayaan pesan. Ditambah dengan jangkauan ke berbagai tipe handphone dan kondisi sinyal, SMS dapat menjadi solusi efektif untuk pelaku bisnis.

SMS API Melancarkan Bisnis Era Modern

Era modern ini, hampir semua orang memiliki ponsel. Minimal untuk SMS dan telepon. Untuk memperluas jangkauan bisnis Anda, SMS API Apigo ini dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan dan pengalaman pelanggan terhadap Brand Anda.

Apigo merupakan layanan api gateaway yang hadir untuk membantu kelancaran bisnis Anda dalam marketing dan service. Dengan layanan Apigo Messaging, Anda dapat tingkatkan pelayanan nasabah dengan mengirimkan SMS API secara efektif dan efisien.