SMS Verifikasi Selamatkan Data Pelanggan dari Kejahatan | Apigo.id

SMS Verifikasi: Selamatkan Data Pelanggan dari Kejahatan

Kepuasan Pelanggan adalah Hal yang Sangat Mempengaruhi Keberlangsung Bisnis. Bagaimana Dengan pelanggan yang Kecewa karena Keamanan Akunnya Kurang? Simak Ulasan Berikut ini!

Selain kecanggihan teknologi yang terus berkembang, kejahatan pun juga berkembang dan menemui banyak inovasi. Kejahatan cyber adalah upaya mencuri data digital seseorang, untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Oleh sebab itu Anda memerlukan SMS verifikasi, untuk mereduksi kejahatan cyber.

Apa itu SMS verifikasi?

SMS verifikasi adalah SMS yang berisikan kode OTP atau One Time Password, dan hanya dikirim kepada pelanggan yang memiliki akun online. SMS OTP ini hanya dapat diketahui oleh pelanggan yang menerimanya. Banyak kejahatan cyber yang telah terjadi, disebabkan pencurian data pelanggan dilakukan dengan mudah. Bahkan pemilik akunnya tidak mengetahui bahwa datanya dicuri dan diretas. Pihak e-commerce pun tidak sedikit untuk melimpahkan dana tagihan kepada pelanggan, padahal pelanggan tidak melakukan pemesanan apapun.

Jika peretasan akun dan pencurian data ini tidak segera diatasi oleh e-commerce Anda, tentu kekecewaan pelanggan akan semakin membesar. Mereka membayar hal yang tidak mereka beli, dan mereka harus menanggung semuanya sendiri. Jangan pernah remehkan konsumen yang kecewa, mereka bisa menjadi bukti yang dapat membuat pelanggan selainnya berhenti menggunakan jasa Anda, ataupun membuat calon pelanggan enggan membeli di tempat Anda. jadi, segera atasi kekecewaan pelanggan dengan SMS verifikasi.

Cara Kerja SMS Verifikasi

Anda dapat meminta developer perusahaan untuk memasang sistem SMS API di situs atau aplikasi e-commerce. SMS API dapat diintegerasikan dengan akun pelanggan. Jadi, setiap aktivitas akun pelanggan, akan diberikan notifikasi dengan SMS API, jadi pelanggan dapat memastikan bahwa aktivitas akun pelanggan tersebut transparan.

Jika akun pelanggan melakukan aktivitas penting yang berkaitan dengan transaksi keuangan, Anda juga dapat menggunakan SMS API untuk mengirimkan kode OTP ke pelangan. Kode OTP merupakan 4-6 digit nomor rahasia, yang mana hanya pelanggan yang boleh mengetahuinya. Pelanggan tidak boleh memberikan kode OTP tersebut kepada orang lain. Kode OTP yang masuk ke dalam pesan SMS pelanggan, berfungsi untuk memverifikasi apakah pelanggan benar melakukan transaksi tersebut. Jika pelanggan tidak melakukan transaksi, kode OTP dapat diabaikan, dan secara otomatis akun pelanggan akan aman.

Selain untuk mevalidasi transaksi, SMS verifikasi juga dapat difungsikan untuk keamanan pergantian data pelanggan. Setiap pelanggan yang ingin mengganti data pribadinya, maka mereka akan menerima SMS verifikasi yang berisikan kode OTP. Setelah menerima SMS OTP, kode dimasukkan ke dalam akun pelanggan, dan setelah itu pelanggan baru dapat memiliki akses untuk mengganti data pribadi. Jika data pribadi mudah diganti begitu saja tanpa adanya konfirmasi dan notifikasi kepada pelanggan melalui SMS, data pribadi akan mudah saja diubah dan diambil aksesnya oleh penjahat.

Mengapa Kode Verifikasi Dikirim melalui SMS?

SMS dikirim ke ponsel pelanggan menggunakan jaringan nirkabel, berbeda dengan sosial media atau email yang membutuhkan internet. Sehingga, sekalipun pelanggan sedang tidak terkoneksi internet, mereka dapat mengetahui dengan cepat kabar terbaru dari aktivitas akunnya.

Sebab memiliki sifat yang personal, SMS memiliki open rate atau potensi dibaca sebesar 98% lebih besar daripada email. Pelanggan akan dengan mudah mengetahui aktivitas akun dengan cepat. Jika ditemukan aktivitas mencurigakan, pelanggan dapat segera mengamankan akun e-commerce-nya agar tidak terjadi peretasan yang merugikan pelanggan.

Apigo Messaging Sebagai Distributor SMS Verifikasi Anda

Membangun sistem API di SMS merupakan sebuah pekerjaan sendiri yang butuh kefokusan. Jika Anda membutuhkan SMS OTP dengan cepat, Anda tidak perlu khawatir dengan itu. Anda dapat menggunakan jasa Apigo messaging sebagai distributor SMS API. Untuk mempelajari berbagai kemudahan dan solusi dari produk Apigo, segera hubungi kami dengan mengunjungi link berikut ini.

Kekecewaan pelanggan dapat meruntuhkan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi? Segera gunakan SMS verifikasi untuk layanan keamanan data pelanggan yang lebih baik.