SMS OTP Fungsi dan Cara Mengatasi Modus Penipuan | Apigo.ID

SMS OTP: Fungsi dan Cara Mengatasi Modus Penipuan

Keamanan Sangat Dibutuhkan Dalam Melakukan Transaksi Online. SMS OTP Menjadi Solusi Untuk Keamanan Transaksi Anda.

OTP adalah singkatan dari One Time Password, atau password sekali pakai. Password ini berisikan kode pin yang terdiri dari 4-6 digit. Sebuah kode rahasia yang dikirimkan hanya kepada pengguna, apabila hendak melakukan transaksi. Kode OTP dikirim secara privasi melalui SMS kepada pengguna ponsel, yang dapat Anda gunakan untuk mengamankan transaksi di internet. Terutama transaksi berbelanja di e-commerce ataupun transaksi keuangan lainnya.

Ketika Anda hendak melakukan transaksi pembayaran, memilih metode pembayaran, dan akan membayarnya secara online, tentu perlu adanya perlindungan transaksi agar data Anda tidak dicuri. SMS OTP dikirim langsung ke nomor ponsel secara personal, untuk konfirmasi atau memastikan bahwa yang benar-benar melakukan transaksi adalah pemilik akun/pembeli sebenarnya.

Cara kerja SMS OTP

Anda perlu melakukan panggilan API ke server distributor SMS OTP, untuk kemudian dari server mengirimkan kode rahasia ke nomor ponsel pengguna. SMS diterima oleh pengguna sebagai kode rahasia, dan dikirim sedang nama pengirim brand Anda. kode rahasia diketikkan di aplikasi khusus atau transaksi online dengan brand Anda, kemudian jika kode rahasia tersebut cocok maka pengguna akan dapat melanjutkan ke langkah atau transaksi selanjutnya.

Kode OTP ini diciptakan untuk meningkatkan keamanan, masa berlakunya paling lama selama 5 menit. Biasa digunakan untuk mem-verifikasi email, kartu kredit, transaksi pembayaran, dan hal-hal yang bersifat data sensitive. Namun, kelalaian nasabah seringkali memberikan kode OTP begitu saja ke nomor asing, yang menelepon dan mengaku sebagai Customer Service.

Perlu Anda ingat, bahwa kode OTP bukan untuk dibagi-bagi. Hanya Anda dan Tuhan saja yang boleh tau. Bahkan jika Anda mendapatkan pesan atau telepon dari orang-orang yang mengaku dari perusahaan yang sedang Anda pakai jasanya, kode OTP tidak untuk diberitahu kepada siapapun kecuali diri Anda sendiri.

Kasus Penipuan SMS OTP

Banyak sekali kasus penipuan yang mengatasnamakan dari Customer Service sebuah bank, atau perusahaan e-commerce yang menelepon korban secara langsung. Mereka dengan kata-kata yang sangat meyakinkan meminta kode verifikasi OTP dari SMS yang masuk ke ponsel Anda, agar dapat membobol akun Anda.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu ada imbauan dari Gojek, mengirimkan pesan ke email pengguna. Email tersebut berisi peringatan untuk para pelanggan Gojek, agar tidak terkecoh dengan aksi penipuan iming-iming uang. Gojek memberikan simulasi berbentuk cerita komik: ada telepon asing yang mengaku karyawan gojek, meminta nomor ponsel, email dan kode One Tim Password (OTP) ke korban. Akhirnya, mengakibatkan saldo di akun gojek tersebut raib.

Di sisi lain, ada pula modus penipuan SMS OTP yang merugikan kartu kredit milik korban. Jika ada seseorang yang mengaku dari Customer Service bank menelpon Anda, dan meminta informasi berkaitan dengan nomor kartu kredit, masa berlaku kartu, CVV, dan kode SMS OTP yang masuk ke ponsel Anda, tolaklah segera. Anda dapat langsung mematikan ponsel dengan alasan sinyalnya sulit, atau mengecoh penipu sehingga mereka berhenti untuk menipu Anda. biasanya pihak Bank menghubungi Anda untuk menawarkan kartu kredit, bukan untuk menanyakan perihal kartu kredit Anda.

Atasi Penipuan SMS OTP

Jika Anda menemukan gejala modus penipuan meminta kode SMS OTP, berikut tips-nya:

Pertama, ingat bahwa kode OTP yang masuk ke SMS ponsel Anda, hanya milik Anda sendiri. Sehingga Anda tidak perlu dengan terburu-buru memberitahukan kode OTP Anda.

kedua, jangan langsung percaya dengan informasi yang disampaikan oleh pelaku. Anda harus bertanya lebih kritis tentang maksud dan tujuan pelaku meminta kode OTP Anda.

Ketiga, jika pelaku terus memaksa, maka putuskan sebentar teleponnya dan kemudian hubungi instansi resmi untuk melakukan konfirmasi. Apakah benar mereka membutuhkan kode OTP yang masuk ke ponsel Anda?

SMS OTP Sebagai Pelayanan

SMS OTP dapat Anda gunakan sebagai salah satu bentuk pelayanan untuk menjamin keamanan pelanggan. Ketika pelanggan melakukan transaksi online untuk membeli produk barang/jasa milik Anda, mereka tidak akan ragu karena keamanannya terjamin. Namun hal yang perlu Anda tekankan kepada pelanggan adalah SMS OTP tidak boleh diberikan kepada siapapun. Hanya pelanggan yang boleh mengetahuinya. Kode OTP hanya berlaku dalam waktu beberapa menit dan dikirim ke media yang sangat privasi, yakni SMS. Oleh sebab itu, pesan tersebut hanya ditujukan kepada pengguna.

Gunakan SMS OTP Bersama Apigo

Untuk menjaga keamanan data pelanggan Anda, Apigo Messaging memiliki solusi untuk mengadakan SMS OTP di toko online Anda. Apigo merupakan layanan SMS Gateway yang berbasis A2P (Application to Person). Anda dapat memanfaatkan berbagai produk Apigo Messaging untuk meningkatkan aktivitas marketing dan pelayanan pelanggan. Untuk mempelajari produk kami lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman berikut ini.