SMS Marketing: Strategi Marketing di tahun 2019 yang untuk Brand | Apigo.id

SMS Marketing: Strategi Marketing di tahun 2019 untuk Brand

Satu peluang yang menjanjikan yang sering dilupakan adalah SMS marketing. Saatnya mengenal lebih dekat mengapa Anda perlu mempertimbangan SMS Marketing dan cara menggunakannya secara efektif.

Tanpa mengenal apa itu SMS marketing, menaruh kepercayaan pada marketing channel ini sebagai strategi marketing di tahun 2019 Anda sulit rasanya. Mari kenali lebih dahulu mengenal SMS marketing dan mengapa harus menggunakan marketing channel tersebut.

SMS adalah saluran komunikasi yang sudah digunakan sejak lama dipercaya untuk berbagi informasi. SMS memberikan Anda kepastian pesan sampai dengan pesan diterima oleh orang yang terverifikasi datanya (bukan akun palsu) dan kemampuan pengiriman yang tidak dibatasi layanan internet.

Didukung dengan inovasi yang dilakukan oleh operator telekomunikasi, kini SMS dapat digunakan sebagai marketing channel. SMS marketing memungkinkan Anda melakukan kegiatan pemasaran lebih spesifik. Anda dapat mengirim pesan SMS kepada pengguna operator telekomunikasi pada lokasi tertentu (location based advertising) atau rentan umur tertentu (profile based advertising).

Realita Pengguna Handphone di tahun 2019

Saat ini kita hidup di dunia yang serba mobile di mana orang-orang dari segala usia semakin terpaku pada handphone mereka. Bahkan, tercatat bahwa rata-rata orang mengecek ponselnya 80 kali per hari. Data tersebut selaras dengan open rate SMS Marketing yang mencapai 82 persen. Kebiasaan memeriksa ponselnya membuat pesan SMS tidak mudah diabaikan.

Dari mulai pertama kali Anda menggunakan handphone hingga kini, berapa kali Anda mengganti nomor telepon? Hal ini menjadi kelebihan ketika Anda ingin menjangkau calon customer yang sebenarnya. Lebih mudah mengganti profil atau akun email dan media sosial, ketimbang mengganti nomor telepon. Pertimbangan akan nomor yang sudah terlanjur tersebar dan orang akan menghubungi nomor telepon lama.

Gunakan Cara Ini Agar SMS Marketing Berjalan Efektif

Meskipun SMS marketing mudah dalam pengoperasiannya, Anda harus mengirimkan pesan yang mudah dicerna dan efektif agar strategi marketing di tahun 2019 Anda berjalan dengan baik. Berikut adalah tips untuk menggunakan SMS marketing:

1. Jangan mengganggu customer Anda.
Jangan mengeksploitasi akses secara berlebihan ke nomor telepon seseorang. Berhati-hatilah dalam pengiriman SMS marketing. Hanya mengirim SMS bila benar-benar diperlukan. Jika Anda mengirim spam ke daftar customer Anda dengan jumlah SMS yang banyak, mereka akan dengan cepat merasa jengkel, mematikan notifikasi pesan Anda, dan kehilangan kepercayaan pada brand Anda secara keseluruhan.

2. Ketahui batas pengiriman SMS marketing.
Ada beberapa batasan SMS marketing yang perlu diingat. Pertama, Anda harus mengrumuskan pesan dengan singkat dan efektif karena jumlah karakter maksimal 160 karakter. Selain itu, Anda tidak dapat mengirimkan pesan kepada customer melalui SMS marketing sesering di media sosial.

3. Maksimalkan website untuk menjaring database
Ini saatnya Anda berkreasi dengan SMS marketing. Open rate dan response time yang tinggi miliki SMS dan mampu mengirim ke target spesifik harus dimaksimalkan dengan link ke halaman website. Anda bisa mengarahkan penerima pesan untuk mengisi form data diri di website atau halaman produk Anda. Sehingga pesan promosi Anda dapat langsung di follow up oleh penerima pesan.

Jadi SMS marketing dapat menjadi strategi marketing di tahun 2019 yang ampuh untuk. Karena sifat eksklusif dari SMS, open rate yang tinggi dan penerima pesan yang terverifikasi membuat pesan Anda dapat diterima dengan baik oleh customer.

Apigo Messaging Untuk SMS Marketing Anda

SMS sangat dapat digunakan untuk strategi marketing di tahun 2019. Namun, akan ada hambatan apabila SMS yang Anda kirimkan berupa manual dan nama pengirim Anda tertera sebagai nomor asing di ponsel pelanggan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Apigo messaging memiliki jawabannya.

Apigo messaging adalah Platform API Gateaway, yang dapat membantu Anda untuk mendistribusikan SMS marketing dengan mudah, cepat, dan massif. Nama pengirim dari pesan Anda pun dapat terlihat sebagai nama brand produk, sehingga penerima pesan dapat mempercayai kredibilitas pesan Anda.

Anda juga tidak perlu untuk mengetik SMS secara manual. Dengan bantuan Apigo, Anda dapat menikmati layanan SMS blast, SMS LBA, SMS PBA, juga SMS kupon diskon. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman solusi dan produk Apigo, atau menghubungi kami dengan klik laman berikut ini.