Macam-macam SMS Marketing yang Dapat Anda Terapkan | Apigo.id

Macam-macam SMS Marketing yang Dapat Anda Terapkan

SMS adalah salah satu media yang dapat Anda manfaatkan untuk aktivitas marketing.

Marketing sangat dibutuhkan untuk mengenalkan brand produk kepada konsumen, agar mereka dapat memahami manfaat produk. Setelah memahami pentingnya nilai produk, mereka akan membeli produk tersebut. Salah satu media komunikasi yang dapat digunakan untuk marketing adalah SMS. Anda dapat mengirimkan berbagai macam SMS marketing kepada konsumen.

Apapun jenis ponselnya, sekalipun konsumen tidak menggunakan internet, mereka dapat menerima pesan promosi melalui SMS. Jangkauan pasar pengguna SMS jauh lebih luas dibandingkan platform sosial media lainnya. Apalagi jumlah pengguna smartphone di Indonesia sudah mencapai 92 juta sampai tahun 2019. Kondisi ini menjadi potensi besar yang menguntungkan untuk pemasar mempromosikan produknya.

Keuntungan SMS Marketing

Walaupun SMS memiliki batas karakter yang terbatas, hal ini menjadi tantangan sekaligus menguntungkan. Marketer harus mampu menyusun pesan yang padat, efektif, efisien, dan membuat pesan terpahami dengan mudah. Pesan singkat akan jauh lebih dibaca konsumen dibandingkan pesan yang panjang dan bertele-tele. Singkatnya pesan juga dapat membantu konsumen memahami pesan promosi dengan lebih cepat.

Selain memiliki karakter yang terbatas, menurut riset Esendex SMS memiliki open rate atau potensi dibaca sampai 94%. Ketika pesan SMS masuk ke dalam ponsel, pengguna akan membukanya kurang dari lima menit setelah pesan diterima.

Berikut macam-macam SMS marketing yang dapat Anda terapkan:

1. SMS Blast

SMS blast adalah SMS promosi yang dikirim secara massal, ke setiap nomor pengguna ponsel. Tanpa ada penyaringan tertentu karakter konsumen tertentu, pesan promosi dapat diterima oleh siapa saja melalui SMS blast.

SMS blast ini cocok untuk Anda gunakan sebagai langkah awal mengenalkan produk. Membangun kesadaran bahwa brand produk Anda exist. Namun, Anda juga harus berhati-hati dengan ritme pengiriman SMS marketing satu ini. Jika terlalu sering dan tidak memiliki jeda yang tepat, pesan Anda dapat menjadi spam yang meresahkan pelangan.

2. SMS Location Based Advertising (LBA)

Jika Anda ingin mengirim SMS marketing dengan target khusus, Anda dapat menggunakan SMS Location Based Advertising (LBA). SMS LBA adalah pesan promosi yang dikirim berdasarkan lokasi yang Anda targetkan. Semisal lokasi restoran Anda berada di daerah kecamatan X, Jakarta Barat, Anda dapat mengatur pengiriman SMS berdasarkan lokasi.

Pesan SMS akan dikirim ke para pengguna ponsel, yang sinyal ponselnya terdeteksi di lokasi kecamatan X. Potensi konsumen melakukan pembelian akan lebih tinggi dibandingkan SMS blast, karena lokasinya mudah dijangkau oleh konsumen.

3. SMS Profile Based Advertising (PBA)

Selain SMS LBA, pesan tertarget juga dapat dikirim melalui SMS Profile Based Advertising (PBA). Pesan yang dikirim akan berdasarkan profil demografi pengguna ponsel. Terdiri dari usia, gender, dan alamat tinggal. Jadi, jika produk Anda khusus digunakan untuk wanita usia 20-30 tahun, Anda dapat menggunakan SMS PBA untuk marketing.

4. SMS Kupon Diskon

Hal lain yang dapat menarik pelanggan untuk membeli produk, adalah promosi dengan kupon diskon. Anda dapat menggunakan SMS sebagai alat untuk kupon promosi. SMS wajib ditunjukkan pelanggan kepada kasir untuk mendapatkan potongan harga atau bonus produk tertentu.

Apigo Messaging Untuk SMS Marketing Anda

SMS sangat dapat digunakan untuk aktivitas marketing. Namun, akan ada hambatan apabila SMS yang Anda kirimkan berupa manual dan nama pengirim Anda tertera sebagai nomor asing di ponsel pelanggan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Apigo messaging memiliki jawabannya.

Apigo messaging adalah Platform API Gateaway, yang dapat membantu Anda untuk mendistribusikan SMS marketing dengan mudah, cepat, dan massif. Nama pengirim dari pesan Anda pun dapat terlihat sebagai nama brand produk, sehingga penerima pesan dapat mempercayai kredibilitas pesan Anda.

Anda juga tidak perlu untuk mengetik SMS secara manual. Dengan bantuan Apigo, Anda dapat menikmati layanan SMS blast, SMS LBA, SMS PBA, juga SMS kupon diskon. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman solusi dan produk Apigo, atau menghubungi kami dengan klik laman berikut ini.