Sistem Transaksi Keuangan Tanpa Bank Lewat API

Sistem Transfer Uang Tanpa Bank Lewat API

Teknologi memang mampu mengubah semua sendi kehidupan. Berkat Apllication Programming Interfaces (API), transfer uang tanpa bank dapat dilakukan sekarang ini. Layanan API Gateway inilah yang dapat menjawab kebutuhan tersebut.

Selama ini bank selalu menjadi sarana dalam menjalankan transaksi keuangan. Namun, perkembangan teknologi seperti API membuat situasi menjadi lebih berkembang dan lebih nyaman untuk customer. transfer uang tanpa bank bisa semudah membuka laptop bahkan handphone. Tanpa perlu membuka aplikasi pembayaran, customer dapat melakukan pembayaran langsung dari aplikasi Anda lewat integrasi API.

Lihat saja, saat ini mulai muncul sejumlah perusahaan financial technology (fintech). Mereka hadir untuk memberi kemudahan transfer uang tanpa bank dengan memanfaatkan proses digitalisasi yang terjadi. Berkat mereka, siapa saja bisa melakukan transaksi seperti pembelian, pembayaran, hingga transfer dana tanpa melewati perbankan.

Bukan hanya perusahaan fintech yang bisa melakukan hal tersebut. Bisnis apa pun dapat saja menjadi sarana konsumennya melakukan transaksi tanpa bank.

Ini sudah sangat jamak. Anda pasti tahu bahwa banyak penyedia produk atau layanan yang memanfaatkan uang elektronik sebagai sarana transaksi. Mereka berlomba menarik konsumen menggunakannya dengan beragam daya tarik seperti diskon spesial sampai kemudahan-kemudahan khusus.

Sistem Kerja Transfer Uang Tanpa Bank

Semua itu dimungkinkan berkat kehadiran API. Dalam industri pembayaran, API bertindak sebagai fungsi atau prosedur dalam pelaksanaan. Nanti, dengan koneksi API Gateway, konsumen dimungkinkan mengakses data, fitur, atau hal tertentu dari operator pembayaran dalam sistem yang aman dan terukur.

API nanti menerima sebuah permintaan. Selanjutnya API meresponsnya dengan memberikan data atau informasi yang relevan secara cepat dan akurat.

Contoh sederhana ketika sebuah konsumen hendak membeli sebuah produk dan layanan lewat aplikasi. Ia menjalankan proses pembelian. API kemudian meresponsnya dengan melanjutkan ke transaksi pembayaran. Setelah itu, transaksi selesai. Hal seperti itu dapat dijalankan dengan mudah jika integrasi API Gateway dijalankan secara baik.

Konsumen tidak perlu repot menjalankan transaksi lewat bank. Sebab, semua dapat dijalankan dengan mudah di aplikasi atau website.

Peluang Besar

Pelaku bisnis harus memperhatikan peluang besar dalam transaksi digital. Pertumbuhannya pada masa depan akan semakin masif. Pada Oktober 2017, Capgemini memproyeksikan akan ada 726 miliar transaksi keuangan digital pada 2020 nanti.

Proyeksi ini muncul setelah melihat tren kenaikanmya per tahun. Sampai sekarang transaksi keuangan digital selalu tumbuh di kisaran sepuluh persen setiap tahun.

Pebisnis yang jeli pasti memandang perkembangan ini sebagai kesempatan. Mereka dapat memanfaatkan tren pemanfaatan transfer uang tanpa bank untuk meningkatkan performa bisnis.

Caranya bermacam-macam. Penyedia produk atau layanan dapat menggencarkan pembayaran dengan uang elektronik supaya memudahkan pelanggannya. Konsumen hanya perlu menjalankan satu perintah saja, maka produk atau layanan yang diinginkan bisa dinikmati.

Ingat, saat ini semua orang semakin menginginkan kemudahan dan kepraktisan. Memiliki sistem transaksi keuangan tanpa mengandalkan bank seperti itu bisa menjadi jawaban.

Manfaatkan Jasa Layanan API Gateway

Dalam melakukan transfer uang tanpa bank diperlukan pihak yang tahu API secara mendalam. Kalau kurang memahaminya, Anda tidak perlu takut. Pelaku usaha dapat memanfaatkan jasa layanan API Gateway dalam pelaksanaan.

Namun, memilih jasa layanan API Gateway tidak boleh asal. Pelaku bisnis bisa memilih yang terpercaya seperti Apigo. Mereka telah berpengalaman panjang dalam melaksanakan integrasi API Gateway maupun koneksi API Gateway.

Kebetulan Apigo juga mempunyai produk Apigo DigiPay. Ini merupakan salah satu bentuk sistem pembayaran tanpa bank. Mereka melakukannya dengan basis carrier billing atau dikenal sebagai potong pulsa.

Pada akhirnya, pelaku usaha bisa memilih menggunakan layanan Apigo sesuai kebutuhan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.