Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

SMS marketing menjadi salah satu media yang cukup diminati perusahaan untuk memasarkan produknya.

Setiap device ponsel memiliki fitur SMS (short message service). Berdasarkan penelitian, SMS memiliki open rate sebesar 98%, dan dibuka oleh pengguna ponsel kurang dari 3 menit. Kondisi ini menjadi peluang bagi para pengusaha untuk melakukan SMS marketing.

SMS marketing menjadi pilihan untuk melakukan promosi. Sebab SMS dapat dijangkau oleh siapapun yang memiliki ponsel. Metode promosi SMS ini juga hemat dana serta ramah lingkungan. Perusahaan tidak perlu mencetak baliho atau kertas brosur untuk promosi.

Sejak pertama kali layanan operator membuka layanan bonus SMS gratis ke semua operator, hal ini dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk promosi. Mulai dari produk asuransi, peminjaman dana, sampai promosi makanan. Mereka mengirimkan SMS blast ke setiap nomor yang diperoleh. Para perusahaan ini mengirimkan pesan mengajak penerima SMS, untuk membeli produk barang atau jasa yang mereka tawarkan.

Metode promosi melalui SMS yang dikirim secara manual memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, Anda dapat memanfaatkan layanan kirim SMS gratis ke seluruh operator. Kekurangannya, Anda harus mengirimkan pesan secara manual.

Anda perlu memasukkan nomor penerima satu persatu. Mengirim pesan secara bergantian, tidak bisa langsung dimasukkan semua nomor dalam satu kali mengirim. Pesan yang Anda kirim pun akan menjadi nomor asing bagi penerima, dan potensi besar disangka sebagai penipuan.

PlaySMS danSelamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual Pengaruhnya pada Pelanggan
Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual

Ada banyak kasus penipuan yang telah terjadi. Jika Anda masih bertahan mempromosikan produk Anda dengan SMS marketing manual, Anda bisa disangka melakukan penipuan. Promosi menjadi tidak tepat sasaran, tenaga dan waktu jadi sia-sia.

Selamatkan Jari Anda dari SMS Marketing manual dengan Cara Berikut:

1. Sebelum Menyebarkan SMS Marketing, Harus Paham Tujuan Terlebih Dahulu

Untuk menetapkan sebuah cara, maka kita harus menetapkan tujuan terlebih dahulu. Anda perlu menetapkan tujuan marketing, sebelum memilih SMS marketing sebagai cara promosi. Apa yang mau diraih dari pesan yang dikirim ini. Apakah hanya untuk membangun brand awareness dengan asal kirim, atau penerima pesan tertarget. Perjelas terlebih dahulu tujuan Anda menggunakan SMS untuk marketing.

Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual
Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual
2. Rumuskan Konten Secara Tepat

SMS memiliki karakter yang terbatas. Tidak seperti email yang memberikan Anda keleluasaan untuk berkata apapun. Oleh sebab itu, konten materi harus singkat, padat, dan jelas. Konten harus mampu memberikan informasi secara to do point, namun tidak hard selling. Baiknya, konten juga menunjukkan kontak customer service, yang dapat dihubungi oleh pelanggan.

3. Pertahankan Konsistensi Pengiriman SMS Marketing Berkala

SMS marketing digunakan untuk membangun brand awareness pelanggan terhadap produk Anda. Maka dari itu, Anda perlu mengirim SMS secara berkala kepada calon pelanggan Anda. Dengan jarak waktu yang sama dan rutin. Semisal dikirim seminggu sekali, atau sepuluh hari sekali.

Mengirim SMS di waktu yang sama secara rutin, akan membangun kesadaran pelanggan terhadap brand Anda. Jika mereka membutuhkan sesuatu yang berkaitan dengan produk Anda, pelanggan akan segera mengingat brand Anda. Namun, hindari mengirim SMS setiap hari. hal tersebut akan mengganggu kenyamanan calon pelanggan Anda.

Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual
Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual
4. Gunakan Tools Marketing Dari Apigo

Untuk memudahkan proses pengiriman SMS , Anda dapat menggunakan Apigo sebagai tools marketing. Apigo adalah layanan SMS gateway, yang dapat membantu Anda mengirim pesan promosi dengan cepat dan massif. Anda tidak perlu lagi mengetik pesan secara manual.

Apigo memiliki layanan SMS Location Based Advertising (LBA) dan Profil Based Advertising (PBA). SMS marketing Anda dapat dikirim berbasis lokasi atau profil konsumen yang dapat Anda pilih. Apigo juga dapat membuat SMS Anda memiliki nama sender ID, tidak menampilakan omor asing. Anda dapat mempelajari lebih lanjut solusi yang dapat diberikan oleh produk Apigo dengan menghubungi link berikut ini.