Sebar Kabar Siaga Efektif Melalui SMS | Apigo.id

Sebar Kabar Siaga Efektif Melalui SMS

Sebar Kabar Siaga Lebih Efektif Melalui SMS, Karena Dapat Mengurangi Jumlah Korban Dengan Edukasi, Evakuasi, dan Pengamanan Lebih Awal.

Indonesia merupakan Negara dengan urutan ke-36 di dunia, yang memiliki kerentanan bencana. Hal ini disebabkan letak geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, terletak di antara pertemuan empat lempeng tektonik. Empat lempeng tersebut adalah Benua Asia, Benua Australia, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik. Bagian selatan dan timur Indonesia, terdapat rangkaian pegunungan vulkanik tua, sedangkan di dataran rendah sebagian didominasi oleh rawa-rawa. Kondisi ini, membuat Indonesia menjadi lahan yang sangat berpotensi dalam pertanian, sekaligus rawan bencana alam.

Selama tahun 2018 kemarin, telah terjadi berbagai bencana alam seperti tsunami, gempa, banjir bandang, hingga tanah longsor. Bencana-bencana tersebut terkesan seperti datang mendadak, tanpa menunjukkan tanda-tanda yang tepat dan komunikasi ke masyarakat luas secara langsung. Akibatnya banyak penduduk yang meninggal, luka berat, bahkan kehilangan sanak saudara. Kerugian besar menimpa ratusan hingga ribuan jiwa.

Kondisi siaga tidak hanya terjadi saat bencana alam. Namun juga dalam kondisi bencana yang disebabkan oleh manusia sendiri seperti kebakaran, maraknya pencurian motor, atau kondisi jalanan yang penuh asap kebakaran hutan pun juga dapat menjadi kabar siaga. Kabar siaga ini perlu disebarluaskan ke masyarakat, agar dapat lebih waspada ketika tanda-tanda bencana terjadi.

Kabar siaga bencana butuh disampaikan secara menyebar, jangkauan luas, dan siapapun dapat mengetahuinya dengan cepat. SMS dapat menjadi solusi efektif untuk menyebarkan kabar siaga bencana. SMS Siaga Bencana tidak hanya berfungsi untuk memberikan edukasi tanggap bencana dan musibah. Seperti edukasi mencegah pencurian motor (curanmor), waspada penyebab kebakaran rumah, hal-hal yang harus dilakukan ketika menghadapi bencana.

Alasan SMS Lebih Efektif Menyebarkan Kabar Siaga Bencana

1. Sebagian besar Penduduk Indonesia Sudah Memiliki Ponsel

Pengguna ponsel di Indonesia sangat banyak, bahkan jumlah pengguna internet sampai menembus 171 juta jiwa. Ini belum terhitung dengan para orang tua yang hanya memiliki ponsel tombol. Ponsel cenderung selalu dibawa oleh penggunanya kemana pun mereka pergi. Sehingga, untuk menyebarkan informasi akan jadi lebih cepat dibaca oleh penduduk.

2. SMS Dapat Digunakan Di Setiap Jenis Ponsel

Walaupun masyarakat Indonesia memiliki jumlah ponsel yang cukup banyak, tidak semuanya menggunakan smartphone dan internet. Masih ada penduduk yang menggunakan ponsel jenis lama, karena lebih murah harganya. SMS dapat menjangkau ke lapisan masyarakat lebih luas, agar masyarakat dapat waspada dan segera mengevakuasi dirinya dari terpaan bencana.

3. Pesan Siaga Akan Lebih Cepat Disebar

Ketika tanda-tanda bencana yang telah dilacak oleh BMKG, aparat kepolisian, atau badan keamanan lainnya. Pesan SMS Dapat langsung disebarkan dengan cepat untuk melakukan evakuasi dan pengamanan lebih awal.

Untuk dapat mengirim SMS ke bayak nomor dan secara cepat, Anda membutuhkan teknologi SMS API (Application Programming Interface). SMS ini dikirim melalui komputer langsung menuju ke ponsel pengguna. Anda tidak perlu mengetik ke nomor penduduk satu persatu, cukup masukkan database nomor penduduk ke teknologi SMS API, maka SMS dapat dikirim dengan cepat.

4. SMS Memiliki Potensi Dibuka Lebih Cepat

Penelitian marketing telah menunjukkan bahwa SMS memiliki open rate atau potensi dibaca sebesar 98%, lebih besar dari pada open rate-nya email. Selain itu, pengguna ponsel tidak harus memiliki kuota internet untuk dapat membaca pesan SMS. Pesan kabar siaga dapat diterima ke lapisan masyarakat secara lebih luas.

Baca Juga:
Selamatkan jari Anda dari SMS Marketing Manual
Pernah Mendapat SMS Penipuan? Kenali Tipe-Tipenya Disini

5. Pesan Singkat, Padat, Mudah Dipahami dengan Cepat

Pesan singkat akan mudah dibaca oleh penerima. Apalagi dalam keadaan darurat, pesan singkat yang jelas akan mudah dipahami dengan cepat, dan mendorong orang tersebut untuk segera menyelamatkan dirinya.

Apigo Sebagai Rekan SMS Kabar Siaga Bencana

Untuk dapat menyebarkan kabar siaga melalui SMS ke penduduk Indonesia, dibutuhkannya teknologi SMS API. Kita tidak mungkin dapat mampu mengirimkan SMS ke seluruh penduduk di Indonesia atau daerah/wilayah tertentu, hanya dengan SMS yang diketik secara manual. Dengan menggunakan SMS API, lembaga keamanan dapat menyebarkan imbauan lebih efektif.

SMS API dapat membantu Anda mengirimkan pesan secara terjadwal, otomatis, dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengirim SMS. Anda dapat mempelajari berbagai solusi dan produk SMS API lainnya lebih lanjut di kontak Apigo.id