Pentingnya Rumah Sakit Menggunakan SMS Reminder | Apigo.id

Pentingnya Rumah Sakit Menggunakan SMS Reminder

SMS Reminder dapat membantu Anda meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit dalam hal administrasi pendaftaran peserta.

Rumah sakit adalah tempat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk melakukan penyembuhan raga dan menjaga kesehatan. Untuk itulah, Rumah Sakit harus memberikan pelayanan terbaik, dan memastikan bahwa pasien menjalani pengobatannya dengan baik.

Terlacak oleh penulis bahwa 16 dari 20 Rumah Sakit di Indonesia memiliki visi-misi untuk memberikan mutu pelayanan terbaik, serta dapat terjangkau untuk segala lapisan masyarakat. Di sisi lain, pasien yang berobat di Rumah Sakit setiap hari mengalami pelonjakan. Apalagi berdasarkan data kesehatan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa rasio dokter di Indonesia 16,02 per 100.000 penduduk Indonesia. Artinya setiap 100 ribu penduduk Indonesia hanya ditangani oleh 16 dokter saja. Jumlah pasien sangat banyak untuk ditangani oleh setiap dokter.

Banyaknya jumlah pasien tentu akan membuat Rumah Sakit kesulitan mengatur administrasi, khususnya untuk memastikan pasien menjalani pengobatannya rawat jalannya dengan tuntas. Untuk mengatasi ini, Anda dapat mengatasinya dengan SMS Reminder, dengan menggunakan SMS API.

Bagaimana Cara Kerjanya?

SMS Reminder, adalah pesan SMS (short message service) pengingat yang masuk ke dalam device ponsel pasien di waktu tertentu. Sebagai contoh, pasien Anda memiliki jadwal pengobatan rutin selama 6 bulan untuk mengatasi penyakit TBC. Pengobatan ini sudah dijadwalkan selama sebulan sekali. Jika pasien terlambat untuk melakukan pengobatan, secara otomatis dia akan mengulang proses pengobatan 6 bulan dari awal lagi. Pengobatan ini tidak boleh terputus agar pasien lekas sehat kembali. Untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pasien, Anda perlu mengirimkan SMS pengingat ini.

Rumah Sakit dapat mengirimkan pesan SMS pada 1-3 hari sebelumnya kepada pasien. Dengan begitu, pasien juga dapat termotivasi dalam proses penyembuhannya. SMS Reminder juga dapat sebagai media informasi jam berapa pasien harus tiba untuk bertemu dengan dokter, agar tidak terjadi antrian yang membludak ketika menunggu pemeriksaan.

Contoh pesan SMS Reminder yang Anda dapat gunakan seperti ini contohnya:

RS SMS REMINDER
Yth. APIGO GATEWAY, sdh didftrkan POLI PARU, Fulan Fulanah,
dr.Sp.P Tgl 06/11/19, No.urut 21,dtg jam 09:30,sblm ke Poliklinik hrs dftr
ulang di Pndftrn. Trmksh.

SMS Reminder dapat Anda peroleh dengan menggunakan jasa SMS API atau SMS Gateway. SMS API akan membantu sistem Anda mengirimkan SMS Reminder secara otomatis.

Keuntungan menggunakan SMS API sebagai SMS Reminder

1. Anda Dapat Mengirim Pesan SMS Secara Otomatis dan Terjadwal

Setiap kali pasien memiliki jadwal control bulan depannya, Anda dapat menginput nomor ponsel pasien ke dalam sistem SMS API. Secara otomatis pesan akan dikirim oleh mesin komputer ke nomor pasien, sesuai dengan jadwal pengobatan masing-masing pasien,

2. Pesan SMS Lebih Mudah Dibaca Dengan Cepat

SMS memiliki open rate yang cukup tinggi, yakni 98%. SMS lebih cepat dibuka dan dibaca oleh pasien dibandingkan media komunikasi lainnya. Pesannya yang terbatas, singkat padat, akan membantu pasien untuk memproses pesan dengan cepat.

3. Setiap Device Ponsel Dapat Menerima SMS

SMS dapat diterima oleh setiap jenis ponsel apapun. Jadi semisal pasien Anda adalah lanjut usia yang masih menggunakan ponsel tombol, Anda tetap dapat mengirimkan pesan SMS reminder kepada pasien tersebut agar dapat menjalani pengobatan di Rumah Sakit Anda.

4. Anda Dapat Menggunakan Nama Rumah Sakit Sebagai Sender ID

Setiap pesan SMS masuk, biasanya pengirim yang muncul di Sender ID adalah nomor asing yang tidak dikenal oleh penerima. Oleh karena itu, agar pesan SMS Anda tidak dianggap penipuan atau mal praktek, Anda dapat menyertakan Nama Rumah Sakit sebagai sender ID. Dengan sender ID ini, pesan yang Anda kirimkan ke pasien akan lebih mudah dipercaya.

Apigo Messaging Sebagai Kawan SMS Reminder Anda

SMS Reminder dapat mempermudah layanan administrasi Rumah Sakit untuk kelancaran pengobatan pasien. Anda dapat memperoleh sistem SMS Reminder dengan bekerja sama dengan Apigo Messaging. Apigo adalah layanan SMS Gateway yang dapat membantu Anda mengirimkan pesan SMS Reminder kepada pasien secara terjadwal dan otomatis. Untuk mempelajari solusi dan produk Apigo, Anda dapat menghubungi di halaman berikut ini.