Jadikan Restoran Ramai Pengunjung Dengan SMS API

Jadikan Restoran Ramai Pengunjung Dengan SMS API

Menjadikan restoran ramai pengunjung tidak mudah, karena persaingan bisnis kuliner cukup tinggi. Namun, SMS API dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Setiap orang butuh makan, apalagi para pekerja perusahaan, yang tidak selalu membawa bekal ke kantor. Setiap jam istirahat mereka akan mencari makanan yang sesuai dengan kantong dan perut. Mudah dijangkau dan enak memuaskan. Saat jam makan siang, tidak sedikit restoran ramai pengunjung, namun tidak sedikit pula yang sepi pengunjung.

Bisnis kuliner memang tidak pernah mati, namun persaingannya cukup ketat. Maka dari itu perlu strategi untuk memikat pelanggan agar restoran ramai pengunjung. Nah, bagaimana caranya agar restoran ramai pengunjung?

Untuk menemukan solusi agar restoran ramai pengunjung, kita harus menemukan penyebab masalahnya terlebih dahulu. Dilansir dari marketing.co.id, ada lima penyebab pelanggan tidak mau membeli produk Anda sebagai berikut:

  1. Pelanggan tidak mengenal produk Anda.
  2. Pelanggan tidak memahami manfaat dari produk Anda.
  3. Pelanggan tidak merasakan nilai lebih dari produk Anda.
  4. Produk Anda tidak terlihat dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
  5. Produk Anda sulit diakses oleh pelanggan            

Solusi Agar Restoran Ramai Pengunjung

Nah, dari poin-poin penyebab pelanggan tidak mau membeli produk di atas, dapat ditemukan solusinya sebagai berikut:

1. Kenalkan Restoran Anda

Tak kenal, maka tak sayang. Siapa yang mau membeli makanan di restoran Anda, jika pelanggan saja tidak mengenalnya. Tentu Anda perlu melakukan promosi untuk mengenalkan produk restoran.

Salah satu promosi yang paling cepat untuk mengenalkan kuliner di restoran Anda adalah dengan SMS API. SMS Application Programming Interface atau SMS gateaway yang dioperasikan melalui mesin untuk dikirim ke banyak nomor pengguna. Anda dapat mengirimkan banyak SMS kepada calon pelanggan Anda, untuk membangun pengenalan terhadap produk restoran.

Selain dengan SMS API, Anda juga bisa menggunakan SMS Location Based Advertising (LBA) untuk mempromosikan restoran, dikirim ke pengguna ponsel yang berada di sekitar lokasi restoran Anda. Kirim sebelum jam makan siang tiba, dengan begitu ketika para karyawan sedang beristirahat siang, melihat ponsel dengan berbagai promo yang Anda tawarkan, mereka akan segera mengunjungi restoran Anda yang letaknya tidak jauh dari kantor.

Kenapa SMS?

SMS memiliki open rate sebesar 98%. Pelanggan yang menerima SMS akan cenderung langsung membuka pesan dan membacanya, ketimbang menerima notifikasi email. SMS API tidak dikirim secara manual seperti kita mengirim pesan kepada teman, melainkan dengan program aplikasi.

Anda tertarik dengan sistem pengiriman SMS ini? Anda bisa peroleh SMS API dan SMS LBA melalui Apigo. Klik link berikut, untuk mempelajari solusi dan produk Apigo lebih lanjut.

2. Edukasi Pelanggan Tentang Kelebihan Restoran

Edukasi tidak sekadar memberitahu informasi tentang restoran, namun Anda juga bisa mengedukasi mengapa makan di restoran Anda memberikan banyak manfaat bagi pelanggan. Edukasi manfaat ini juga Anda dapat kirimkan melalui SMS API secara berkala. Isi pesannya tidak melulu mengajak pelanggan untuk membeli makan di restoran Anda, namun juga bisa berupa kandungan makanan sehat apa saja yang dapat pelanggan peroleh dari menu restoran Anda.

Anda dapat melakukan pengenalan edukasi ini dengan mengenalkan bonus-bonus promosi yang bisa pelanggan peroleh. Seperti misalnya minimal pembelian, dapat voucher makanan tertentu. Selain itu, lakukan edukasi kelebihan produk dengan pelayanan saat pelanggan mengunjungi restoran.

3. Tambahkan Value Produk yang Bikin Pelanggan Terkesan dengan Restoranmu

Untuk dapat membuat pelanggan semakin terkesan dengan restoran, tambahkan nilai lebih yang Anda edukasi melalui tulisan-tulisan di dinding atau pesan SMS yang dikirimkan kepada pelanggan.

Sebagai contoh misal, Anda menuliskan sengaja tidak pasang wifi, agar restoran Anda menjadi tempat untuk bercengkrama satu sama lain, bukan sebagai tempat untuk fokus pada ponselnya masing-masing. Ini merupakan salah satu contoh value untuk membuat pelanggan terkesan.

4. Sediakan Produk-produk Sesuai Kebutuhan Pelanggan

Tidak semua pelanggan datang ke restoran hanya karena ingin makan berat. Ada juga mereka yang sekadar kumpul-kumpul dengan cemilan. Jadi, sediakan produk makanan yang tidak hanya mengenyangkan, tapi juga memanjakan lidah pelanggan dengan cemilan dan minuman.

5. Berikan Petunjuk Bahwa Restoran Anda Mudah Dijangkau!

Pikiran “sulit dijangkau” akan membuat pelanggan ogah untuk mengunjungi restoran Anda. Tidak hanya persoalan dijangkau jarak, tapi juga dijangkau dengan anggaran yang mereka miliki. Oleh karena itu, kirimkanlah mereka SMS API yang bersisikan tentang cara mudah menjangkau lokasi restoran Anda, juga kupon-kupon diskon dan promosi.

Anda juga dapat mendorong pelanggan untuk datang dengan SMS kupon diskon dan promosi ini, dengan memberikan syarat “tunjukkan SMS ini ke kasir untuk mendapatkan potongan harga”. Dengan begitu, pelanggan akan segera datang mengunjungi restoran Anda.

Potensi SMS dengan Dukungan Teknologi API