Profile Based Advertising, Langkah Efektif Promosi Melalui SMS

Profile Based Advertising, Langkah Efektif Promosi Melalui SMS

Promosikan brand dengan profile based advertising, akan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Profile based advertising merupakan cara promosi berdasarkan target profil pelanggan. Hal ini penting agar penyampaian pesan promosi dapat tepat sasaran. Selama ini, bagaimana cara Anda menyampaikan promosi kepada calon pelanggan? Tepat sasaran? Pesan dikirim asal sebar? Bila demikian tentu cara Anda sangat tidak efisien, dan hanya membuang tenaga, dana, dan waktu.

Promosi wajib dilakukan, apabila Anda ingin mendapatkan konsumen dan mengembangkan bisnis. Namun, bila dilakukan tanpa rencana sasaran yang tepat, promosi akan menjadi sia-sia. Anda perlu melakukan perencanaan yang matang, untuk menyebarkan pesan promosi kepada calon pelanggan.

Konsumen memiliki berbagai ragam karakter yang berbeda. Wanita dewasa memiliki perilaku pembelian yang berbeda, dengan konsumen pria dewasa. Pria yang sudah lanjut usia, juga berbeda karakternya dengan konsumen perempuan remaja.

Anda tentu menyadarinya, akan tidak tepat apabila pesan promosi brand lipstick wanita usia 20 tahun, dikirim ke lelaki remaja usia 18 tahun. Tidak ada kesesuaian, antara produk dan calon konsumen yang menerima promosi tersebut.

Lantas Bagaimana Caranya Promosi Brand Dapat Tersampaikan Tepat Sasaran?

1. Definisikan Fungsi Produk

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memperjelas definisi brand Anda. Bagaimana fungsi produk Anda dalam kehidupan sehari-hari. Apakah produk jasa atau barang? Apabila yang ditawarkan adalah produk pembersih wajah, untuk wajah wanita atau laki-laki?

Mendefinisikan fungsi produk, akan membantu Anda untuk menemukan kriteria pelanggan, yang akan membutuhkan produk tersebut. Kemudian Anda akan menemukan, seperti apa ciri-ciri konsumen yang akan menggunakan produk.

2. Tetapkan Target Konsumen

Tetapkan kelompok calon konsumen seperti apa yang akan Anda target. Output dari proses ini adalah “kriteria calon konsumen” yang sesuai dengan produk. Misal produk pembersih wajah, menghasilkan kriteria calon konsumen wanita berusia kisaran 20-30 tahun. Maka, wanita selain yang berusia 20-30 tahun, tidak akan masuk ke dalam kriteria.

3. Tetapkan media promosi

Setelah usai mendefinisikan produk dan menetapkan target konsumen, Anda perlu menetapkan media yang efektif untuk menyampaikan promosi. Penggunaan media seperti, telepon, SMS, televisi, atau papan reklame, akan mensyaratkan konten promosi yang berbeda-beda. Bisa disesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki.

4. Rumuskan Konten Pesan Promosi

Alangkah baiknya konten promosi Anda memiliki tata kalimat yang jelas, singkat, dan padat. Sebab, konten promosi yang bertele-tele, akan membuat konsumen kurang respek dengan brand Anda. Konten promosi juga harus mampu menarik perhatian pelanggan. Gunakan diksi-diksi yang menarik dan ringan, agar pesan promosi mudah dipahami oleh calon konsumen.

SMS Sebagai Media Promosi

Dulu SMS merupakan alat komunikasi pesan teks, yang sering digunakan konsumen sebelum ada internet dan sosial media. Kini SMS dapat digunakan untuk hal yang lebih canggih. Untuk menyebarkan pesan promosi brand, Anda dapat mengirim SMS ke banyak nomor secara cepat, praktis, dan masif dengan menggunakan SMS.

Dengan teknologi API, Anda dapat membuat Nama Pengirim SMS (Sender ID) sesuai dengan nama brand Anda. Sender ID tersebut dapat membuat SMS jadi lebih mudah dipercaya oleh pelanggan. Sebab pengirim SMS bukan dari nomor abal-abal yang tidak dikenal.

Tanpa perlu kuota dan koneksi internet, calon konsumen Anda dapat menerima pesan melalui SMS. Dibandingkan email, SMS memiliki open rate atau potensi terbaca oleh pelanggan yang cukup besar, yakni 98%.

Promosi Berdasarkan Profile Based Advertising

Apigo adalah layanan penyaluran SMS, yang dapat membantu Anda untuk mengirimkan pesan promosi target konsumen, melalui fitur Profile Based Advertising. Anda dapat mengirimkan pesan promosi melalui SMS berdasarkan profil demografi, seperti gender, usia, dan alamat tinggal. Dengan begitu target promosi Anda akan tercapai. Jika Anda berminat untuk menjadikan Apigo sebagai partner, Anda dapat mempelajari berbagai fitur produk dan solusi kami di link berikut.