Perkembangan Ponsel Dari Zaman Dulu Hingga Sekarang | Apigo.id

Perkembangan Ponsel Dari Zaman Dulu Hingga Sekarang

Ponsel Adalah Alat Teknologi yang Dapat Mempermudah Komunikasi Antarmanusia

Tidak hanya raga manusia yang bertumbuh dan berkembang, pengetahuan juga mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga menghasilkan perkembangan teknologi yang canggih. Penyebaran informasi pun juga mengalami perkembangan.

Mulai dari penyebaran lewat mulut ke mulut, menggunakan teknologi surat, mengandalkan merpati atau kurir untuk menyampaikan pesan, hingga ditemukannya saluran telepon, untuk membantu manusia agar dapat saling terhubung walaupun jaraknya sangat jauh. Zaman sekarang perkembangan ponsel pun semakin pesat.

Ponsel mengalami perkembangan yang sangat pesat selama 40-an tahun terakhir ini. Bagaimana bentuk evolusi ponsel dari zaman dulu hingga sekarang, mari kita simak ulasan berikut ini:

Ponsel Pertama Di Dunia

Pada tahun 1973, Motorola membuat prototype ponsel dengan nama Motorola DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage). Ukuran DynaTAC sangat besar dan sulit untuk dibawa secara mobile. Walaupun DynaTAC sudah dapat digunakan untuk komunikasi tanpa kabel, berat posel ini sekitar 1-3 kilogram, tentunya akan membuat tangan Anda langsung pegal ketika menggunakannya untuk menelepon.

Ponsel tipe DynaTAC juga tidak dapat masuk ke dalam kantung saku, sehingga tidak mudah untuk dibawa kemana-mana. Ponsel ini hanya berfungsi untuk menelepon. Harganya mencapai 54 juta rupiah pada masanya.

Inovasi Ponsel Motorola

Prototype DynaTAC terus diuji dan diperbarui selama satu decade oleh Motorola. Hingga pada tahun 1983, Motorola mengeluarkan DynaTAC 8000X. Sebuah ponsel pertama yang dikomersilkan, dengan memiliki ukuran yang cukup besar namun lebih tipis daripada prototype pertamanya. Berat ponsel ini hanya sekitar 793 gram, tidak terlalu berat untuk dibawa secara mobile ataupun disimpan di dalam kantong saku.

Motorola tidak cukup puas dengan riset ponsel yang dilakukan. Mereka melakuka inovasi lagi dengan nama Motorotal MicroTAC  9800X. secara fungsi masih sama dengan versi sebelumnya, dapat digunakan untuk berkomunikasi secara jauh. Penampuan MicroTAC 9800X jauh lebih user friendly daripada versi sebelumnya. Ponsel ini mudah dilipat, dan sudah mulai dijual ke pasar.

Perkembangan Ponsel, Tidak Hanya untuk Telepon

Pada tahun 1992, IBM Simon mengeluarkan smartphone pertama di dunia. Selain untuk telepon, ponsel ini dapat berfungsi sebagai pager, mesin fax, dan PDA (Personal Digital Assistant).

SMS Pertama Dari Ponsel di Dunia

Ketika Motorola dalam kejayaannya, di belahan bumi lain ada Nokia di Finlandia yang menunjukkan teknologi terbaru dari sebuah ponsel. Nokia merilis ponsel pertamanya dengan tipe 7110, dilengkapi dengan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) untuk membantu pengguna browsing internet di ponsel. Nokia menjadi ponsel pertama yang mengirimkan pesan SMS (Short Message Service). Penjualan Nokia yang paling laris jatuh pada nomor seri 3210. Sekitar 160 juta ponsel Nokia 3210 terjual ke seluruh dunia.

Baca Juga:
Security Alert dengan SMS API
SMS Terjadwal: Atur Waktu Ideal Anda Berkomunikasi dengan Customer
´╗┐Fakta-fakta Menarik Layanan SMS Ini Perlu Anda Ketahui

Ponsel Kamera Pertama

Ketika Nokia dengan laris dengan fitur SMS-nya, pebisnis lain mengembangkan teknologi ponsel dengan kamera. Sharp mengeluarkan ponsel berkamera pertama di dunia dengan tipe J-SH04, yang dikeluarkan pada tahun 2000.

Sejak Sharp mengeluarkan inovasi ponsel berkamera ini, dunia semakin bersaing untuk mengembangkan produk ponsel seluler mereka untuk menjadi lebih canggih. Tidak sekadar bisa melakukan telepon, berkirim pesan, browsing internet, dan kamera. Namun, terus mengembangkan diri, bertransformasi menjadi teknologi yang sederhana namun memiliki fitur-fitur yang luar biasa.

Ponsel yang Terkoneksi Data Internet

Di era tahun 2000-an juga, Blackberry mengeluarkan ponsel seri 5810. Sebuah evolusi ponsel yang apabila Anda ingin mengoperasikan fitur-fitur yang berada di dalamnya, Anda harus terkoneksi dengan data internet.

Perkembangan Ponsel Layar Sentuh

Ketika sebagian besar pemain industri ponsel fokus mengembangkan fitur dengan model keypad standar, Apple mengeluarkan ponsel dengan teknologi layar sentuh. Selain itu, ponsel yang dikeluarkan juga memiliki koneksi data 3G serta sistem operasi buatan sendiri bernama iOS. Ponsel ini dikeluarkan pada tahun 2007. Pada tahun 2008, untuk menyaingi ponsel layar sentuh, keluar model ponsel HTC Dream Slider. Sebuah ponsel yang memiliki layar sentuh sekaligus tombol keypad, ketika layarnya digeser yang mengunakan operasi sistem Android.

Sebenarnya, ponsel layar sentuh ini sudah diciptakan sejak sekitar tahun 1994, yaitu ponsel dengan layar sentuh yang menggunakan stylus. Ponsel dengan merk Simon, menggunakan pensil stylus untuk membuat kesan canggih. Hanya jualnya mencapai 12 juta rupiah namun hanya bisa digunakan di negara Amerika.

Demam Invite Pin

Pada tahun 2010, Blackberry sempat merajai pasar dengan fitur Blackberry Messenger serta ponsel dengan tombol QWERTY. Namun, perkembangan Android dan iOS melahap habis pasar Blackberry Messenger. Hingga pada tahun 2019, Blackberry Messenger pun gulung tikar.

Ponsel Layar Sentuh Desain Tipis

Tahun 2018, perkembangan fitur dan model ponsel semakin pesat. Desain tipis membuat ponsel mudah digenggam oleh pengguna, serta ayar sentuh yang membuatnya semakin lebih canggih. Selain itu, banyak juga peningkatan fitur ponsel, mulai dari jaringan internet, ketajaman kamera, kapasitas RAM, dan masih banyak lagi.

Kira-kira, ponsel yang seperti apakah di tahun-tahun mendatang? Mungkin saja akan muncul ponsel hologram? Untuk membaca artikel menarik lainnya dari apigo, Anda dapat mengunjungi laman bertikut ini.