Mengenal Payment Gateway Indonesia yang Kian Diminati

Mengenal Payment Gateway Indonesia yang Kian Diminati

Istilah payment gateway Indonesia belakangan mulai populer. Popularitasnya merangkak naik seiring dengan perkembangan bisnis online di dalam negeri. Kebiasaan customer dan kemudahan yang ditawarkan menjadi daya tarik untuk pengguna.

Seiring dengan perkembangan bisnis online, sistem pembayaran yang mudah dan aman merupakan salah satu yang diinginkan customer. Hal ini mendorong perkembangan payment gateway Indonesia. Pelan tapi pasti, payment gateway semakin dibutuhkan.

Untuk lebih mengenalnya, dibutuhkan pemahaman tentang definisinya terlebih dulu. Payment gateway adalah sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Biasanya, ini digunakan di e-commerce atau toko online.

Payment gateway Indonesia bekerja sebagai perantara antara bisnis dengan dengan penyedia sistem pembayaran, dapat berupa bank, e-wallet dan beragam sistem pembayaran digital lainnya. Mekanisme kerjanya dimulai dari customer yang melakukan pembelian berdasarkan informasi di koneksi sumber payment gateway. Setelah itu, payment gateway akan meneruskannya ke sistem pembayaran digital.

Proses transaksi akan dilakukan konfirmasi pada sistem pembayaran. Hasil berhasil atau tidak akan dikirim kembali ke payment gateway. Selanjutnya, payment gateway yang meneruskan ke user interface Anda dan transaksi customer dinyatakan berhasil.

Meski terlihat panjang, proses yang diperlukan sangat cepat. Hanya sekitar 5 detik untuk memproses semuanya. Selain itu, ada jaminan keamanan yang tinggi sehingga payment gateway Indonesia kian populer.

Payment Gateway untuk Bisnis Anda

Bagi pebisnis, banyak keuntungan yang diperoleh dari payment gateway Indonesia. Semuanya bisa berguna untuk mengembangkan bisnis.

Pertama, hanya dengan memiliki payment gateway Indonesia, bisnis langsung terlihat terpercaya di mata customer. Ini terkait dengan jaminan keamanan yang dimiliki. Alhasil, pelanggan tidak takut untuk berbisnis dengan institusi tersebut.

Berkat payment gateway Indonesia pula pebisnis tidak perlu memiliki banyak rekening di bank. Satu rekening saja sudah cukup. Sebab, payment gateway bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening yang dituju. Hal ini akan menyederhanakan pengelolaan keuangan yang bermanfaat positif bagi pengembangan bisnis.

Teknologi canggih yang ada di payment gateway juga membuat bisnis bisa fleksibel menerima pembayaran melalui berbagai cara. Customer dapat memilih lewat kartu kredit, direct debit, e-wallet, atau transfer bank. Pilihan yang ditawarkan merupakan bentuk kemudahan yang ditawarkan kepada pelanggan. Hal ini penting dalam menjaga loyalitas.

Selain itu, payment gateway Indonesia dilengkapi dengan dasbor yang membantu proses rekonsiliasi penjualan seperti laporan penjualan, detail pelanggan, void, dan refund transaksi. Pebisnis tidak direpotkan lagi dengan proses konfirmasi ulang setelah pembayaran.

Berbagai kemampuan itu membuat payment gateway Indonesia bisa memberi keuntungan bagi pebisnis dan pelanggannya sekaligus. Keamanan membuat customer merasa nyaman bertransaksi. Sebaliknya, pebisnis bisa lebih dimudahkan dalam memproses transaksi sehingga bisa memfokuskan energi untuk keperluan pengembangan bisnis yang lain.

Sebagai penyedia layanan API Gateway untuk produk telekomunikasi, Apigo hadir dengan API untuk pembayaran dengan T-Cash dan Potong Pulsa (Direct Carrier Billing). Kedua sistem pembayaran ini bisa Anda temukan di Apigo Digital Payment (Digipay). Selain menyediakan sistem pembayaran yang mudah, Anda dapat mengkombinasikan dengan telco API lainnya seperti messaging, voice dan base.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.