Optimalkan Bisnis Ritel Anda Dengan A2P SMS

Optimalkan Bisnis Ritel Anda Dengan A2P SMS

Banyak sekali tantangan yang dihadapi para pebisnis ritel. Perlu diterapkannya cara khusus untuk optimalkan bisnis ritel.

Bisnis ritel adalah usaha penjualan barang-barang seperti makanan, pakaian, sepatu, dan sejenisnya, dalam jumlah yang banyak. Bisnis ritel cenderung memiliki variasi barang-barang. Anda dapat melihat contoh-contoh bisnis ritel, seperti toko swalayan, minimarket, toko pakaian, toko tas dan sepatu.

Bisnis ritel memiliki tantangan tersendiri, Anda harus dapat menjual berbagai brand dalam satu tempat, walaupun antar-brand saling bersaing. Transaksi jenis bisnis ini cukup memiliki banyak variasi. Jika tidak bisa optimalkan bisnis ritel dengan baik, maka kerugian yang akan tiba di hadapan.

Berbagai masalah yang dihadapi oleh bisnis ritel seperti stok barang yang belum laku dan termakan waktu, kemudian menurun kualitasnya. Adapun barang-barang nge-trend terus berdatangan. Penyimpanan yang tidak tepat, dapat mengakibatkan barang cepat rusak. Barang lama belum laku, sudah ada barang keluaran baru yang dicari-cari pembeli. Di sisi lain, toko-toko bisnis ritel saling bersaing untuk memberikan pelayanan terbaik. Kadang pula, ada saja bisnis ritel yang memberikan diskon gila-gilaan dibandingkan toko Anda.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, Anda perlu melakukan beberapa cara agar bisnis ritel dapat bertahan dan berkembang. Berikut cara yang dapat Anda terapkan untuk optimalkan bisnis ritel:

1. Sortir Produk Apa Saja yang Sudah Tidak Layak dan Mendekati Masa Expired

Anda perlu mengadakan sortir barang/produk secara rutin dan berkala. Sortir dilakukan untuk mencatat tanggal kadaluarsa, dan mengecek keutuhan kondisi produk. Tanggal kadaluarsa bisa dikelompokkan bila waktunya bersamaan atau berdekatan. Produk yang memiliki tanggal kadaluarsa yang paling dekat ditempatkan lebih dulu di rak toko ritel Anda.

Jika produk yang dijual bukan produk pangan atau yang mengandung bahan kimia lainnya, seperti produk sepatu atau baju, Anda dapat melakukan sortir berdasarkan kualitas barang. Seperti kualitas sepatu, Anda bisa mengecek jahitan dan kelupas kulit/kain sepatunya. Atau Anda dapat melihat dari berapa lama produk ini tersimpan, terhitung dari produk sampai ke dalam gudang penyimpanan Anda.

2. Atur Ritme Diskon Produk

Cara selanjutnya untuk optimalkan bisnis ritel, Anda perlu mengatur ritme harga diskon, agar barang-barang di gudang Anda bisa laku dan habis. Sehingga tidak ada barang yang tersisa dan tak bisa dijual karena sudah memasuki waktu kadaluarsa. Diskon produk ini juga dapat menarik perhatian pelanggan untuk datang ke toko ritel Anda.

Jika tanggal kadaluarsa sudah mendekati 6-9 bulan, Anda dapat menjualnya dengan harga diskon. Jika tanggal kadaluarsa sudah mendekati 3-6 bulan, Anda bisa menjualnya sebagai bonus bila pelanggan membeli produk tertentu. Usahakan produk yang tanggal kadaluarsanya sudah mendekati jangka waktu 3 bulan ke bawah, disingkirkan dari rak toko, untuk menjaga kepercayaan pelanggan ketika membeli produk. Agar tidak sia-sia, produk yang mendekati tanggal tersebut bisa Anda sumbangkan atau Anda bagikan secara gratis kepada karyawan kantor.

3. Gunakan A2P SMS untuk Optimalisasi Pelanggan

Untuk dapat menarik pelanggan lebih banyak, jangkauan pesan lebih luas, cepat, dan praktis, Anda dapat mengunakan A2P SMS untuk mengoptimalkan pelanggan Anda. A2P atau (Application to Person) SMS, sebuah sistem di mana Anda dapat mengirimkan pesan dalam jumlah yang banyak, secara praktis dan cepat melalui sistem aplikasi. Anda tidak perlu memasukkan nomor telepon dan pesan teks secara manual, lalu mengirimnya satu per satu ke nomor pelanggan. Dengan sistem A2P akan dapat memudahkan Anda untuk mengirim pesan.

Pesan yang dikirim melalui A2P ini dapat Anda manfaatkan untuk menginformasikan diskon produk, produk terbaru, atau pun program-program belanja lainnya. Pesan dikirim langsung kepada pelanggan melalui SMS.

SMS memiliki open rate sebesar 98%. Pelanggan memiliki potensi akan langsung membaca pesan SMS yang Anda kirimkan. Penawaran menarik tentu akan membawanya datang belanja di toko ritel Anda.

Apigo Messaging Sebagai Partner A2P Anda

Apigo Messaging merupakan layanan distribusi yang dapat melakukan fungsi A2P (application to person) SMS. Apigo menggunakan teknologi API, sehingga tidak hanya dapat mengirimkan pesan ke banyak nomor, Anda juga dapat mengubah nama pengirim sesuai dengan nama toko ritel Anda. Dengan Apigo, Anda juga dapat mengirim pesan berdasarkan nomor pengguna yang berada di sekitar lokasi toko ritel. Pesan diterima oleh orang-orang yang jaraknya tidak begitu jauh dari toko ritel Anda, kemudian dapat mendorong mereka berbelanja, tentu sangat menguntungkan, bukan?

Untuk memuaskan rasa penasaran Anda terhadap produk Apigo, Anda dapat mengunjungi lama produk dan solusi kami. Anda juga dapat menghubungi kami untuk menindaklanjuti keinginan Anda terhadap penggunaan A2P SMS.