Macam-macam Model Transaksi Nontunai di Indonesia | Apigo.id

Macam-macam Model Transaksi Nontunai di Indonesia

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk segera beralih ke transaksi nontunai, apa saja model transaksinya?

Dimulai lima tahun yang lalu, Bank Indonesia menggalakkan Gerakan Nasional NonTunai (GNNT). Gerakan ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk beralih ke sistem pembayaran non tunai. Sistem transaksi nontunai dapat memberikan banyak keuntungan bagi perekonomian secara makro. Seperti efisiensi biaya pengelolaan uang tunai, transparansi keuangan, arus ekonomi akan lebih cepat, dan masih banyak lagi.

Untuk mengenal lebih lanjut, berikut ini adalah macam-macam transaksi nontunai yang ada di Indonesia:

1. Kartu Uang Elektronik

Kartu uang elektronik adalah model transaksi non tunai yang menggunakan kartu sebagai media untuk pembayaran. Contohnya seperti kartu kredit, kartu debit, dan e-money. Di dalamnya ada saldo terbatas yang dapat Anda gunakan untuk bertransaksi secara online maupun offline. Transaksi online dengan memasukkan nomor kartu dalam metode pembayaran, transaksi offline bisa dengan tap atau gesek kartu ke mesin EDC (Electronic Data Capture).

2. Warkat: Surat Berharga

Warkat adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh suatu bank sebagai instrumen untuk nasabah menarik dana dari rekening giro/koran. Anda tidak menerima uang tunai ketika melakukan transaksi, melainkan sebuah surat resmi dalam bentuk kertas. Warkat memiliki berbagai jenis pembayaran seperti: cek, bilyet giro, nota debet (warkat debet), nota kredit, nota pemindahbukuan, dan kwitansi transfer (wesel).

3. Dompet Digital

Sistem pemabayaran yang sedang hits belakangan ini adalah dompet digital. Dompet digital adalah sebuah platform pembayaran online dengan menggunakan mata uang rupiah. Anda dapat melakukan transaksi dengan dompet digital, selama toko atau usaha jasa yang Anda beli bekerja sama sebagai merchant dari dompet digital yang Anda gunakan.

Salah satu dompet digital di Indonesia adalah LinkAja. LinkAja merupakan dompet digital dari kumpulan beberapa BUMN. Jika Anda menemukan resto atau toko pakaian yang menjadi merchant LinkAja, Anda dapat melakukan transaksi non tunai dengan mudah di sana. Di dalam berbagai jenis dompet digital, Anda dapat menemukan fitur-fitur layanan untuk membeli, membayar, bahkan melakukan transfer ke dompet digital selainnya.

4. Tap NFC (Near Field Communication)

Metode Tap NFC adalah salah satu metode transaksi nontunai yang menggunakan ponsel untuk membayar transaksi pembelian melalui aplikasi dompet digital, atau mengisi saldo e-money melalui aplikasi mobile banking, hanya dengan melakukan tap ke layar ponsel Anda.

Anda dapat menggunakan metode pembayaran seperti ini di merchant-merchant yang menyediakan alat tap NFC, dan harus menggunakan dompet digital yang menyediakan fitur NFC. Selain itu, ponsel Anda juga harus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan tap NFC. Sekali tap, maka Anda tidak perlu klik-klik transfer untuk membayar transaksi non tunai.

5. Scan Quick Response (QR) Code

Selain tap NFC, Anda juga dapat menggunakan metode Scan QR Code untuk melakukan pembayaran di merchant offline. Scan QR Code dapat Anda temui di fitur layanan dompet digital. Hanya dengan scan barcode, Anda dapat dengan mudah membayar transaksi nontunai dengan mudah. Pindai barcode terdapat dua jenis. Pertama Anda akan diberikan struk oleh kasir, jika Anda pindai barcode di struk tersebut, dana Anda sudah otomatis berkurang.

Kedua, Anda melakukan scar QR code yang sudah dipajang oleh merchant. Kemudian Anda menginput jumlah biaya yang harus dibayarkan kepada merchant tersebut. Kemudian secara otomatis saldo Anda akan berkurang.

Kekurangan Transaksi Nontunai

Pemerintah sedang menggalakkan gerakan transaksi nontunai, khususnya transaksi yang menggunakan kartu tap dan dompet digital. Jika semua transaksi sudah beralih ke nontunai, kita tidak memegang uang cash sama sekali. Namun, transaksi non tunai membutuhkan listrik yang selalu hidup. Tanpa listrik, kita akan kesulitan untuk melakukan pembayaran non tunai. Baca artikel-artikel menarik lainnya di Blog Apigo.id