Cara Menyusun Teks SMS Marketing yang Menarik | Apigo.id

Cara Menyusun Teks SMS Marketing yang Menarik

SMS menjadi media promosi yang cukup efektif. Namun, jika susunan pesannya tidak menarik, tentu SMS yang dikirim akan sia-sia.

Sebagai Marketer, Anda tentu tertuntut untuk menciptakan promosi yang dapat mendatangkan banyak pelanggan. Di era disrupsi, gaya promosi konvensional cenderung kurang dapat menarik minat pelanggan.

Saat ini, promosi perlu dilakukan dengan membuat konten yang kreatif. Seperti mengirim email marketing yang membuat konsumen penasaran, SMS marketing yang menarik perhatian pelanggan, konten sosial media yang bisa membuat konsumen selalu update dengan produk kita. Tanpa adanya promosi, tentu produk perusahaan Anda tidak akan laku di pasaran.

Promosi yang Anda lakukan akan sia-sia, apabila konten pesannya tidak dapat menarik perhatian konsumen. Percuma menulis panjang lebar tentang keunggulan produk Anda di sosial media, event, website, apabila Anda tidak dapat menarik perhatian konsumen untuk mencari tahu lebih jauh.

Ada satu media promosi yang langsung menyasar secara personal ke nomor pribadi yang dimiliki oleh konsumen, yaitu SMS. SMS memiliki open rate yang lebih besar dibandingkan email, yakni sebesar 98%

SMS memang terbatas dengan jumlah kata-kata. Justru di situ poinnya. Keterbatasan SMS akan membuat teks SMS marketing yang menarik, yang menjadi lebih efektif dan efisien untuk dibaca serta dipahami oleh pelangan.

Jadi Bagaimana ya Caranya Menyusun Teks SMS Marketing yang Menarik:

1. Tetapkanlah Inti Pesan yang Akan Disampaikan

Inti pesan apa yang henda Anda sampaikan secara langsung kepada pelanggan. Anda dapat mengirimkan pesan berupa promosi produk, promosi diskon atau cashback, edukasi kegunaan produk, flash sale, dan lain sebagainya.

Tetapkan tujuan pesan SMS ini akan digunakan untuk menyampaikan pesan yang seperti apa. Anda harus ingat jumlah karakter pesan SMS terbatas 160 karakter. Sehingga, buatlah inti pesan yang tidak bertele-tele, agar tidak menghabiskan batas karakter SMS.

Baca Juga:
Tips Penggunaan SMS Marketing Yang Harus Diketahui Startup
Cara Kerja SMS Gateway Untuk Melancarkan Bisnis Usaha Anda
Sebar Promo Café dan Resto Anda dengan SMS LBA

2. Gunakan Metode PAS (Problem – Agitate – Solve)

Pesan promosi tulisan juga dapat dikenal sebagai copywriting. Dalam ilmu copywriting, untuk membuat pesan SMS marketing yang menarik minat konsumen, Anda dapat menggunakan metode PAS. Problem, Agitate, and Solve.

A. Problem

Pada tahap “problem”, Anda harus dapat membangun masalah yang dimiliki pelanggan, untuk menarik perhatian pembaca. Kebutuhan ini dibangun dengan cara menunjukkan bahwa sebenarnya pelanggan memiliki masalah. Sekalipun mereka awalnya merasa tidak memiliki masalah tersebut, namun pesan yang membangun kebutuhan ini membuat mereka jadi memiliki masalah yang sedang Anda bahas.

Contohnya pesan seperti ini:

Bingung cari ponsel murah? Kredit di sini aja, ada diskonnya juga lho!

Kata-kata tentang “bingung cari ponsel murah” menunjukkan adanya masalah yang ditujukan kepada konsumen. Harga ponsel yang memiliki kualitas bagus harganya terbilang tinggi, tentu empat kata tersebut dapat memangun masalah bagi konsumen yang kesulitan untuk mencari ponsel murah.

B. Agitate

Setelah membangun kebutuhan, Anda perlu untuk membuat pembaca pesan menjadi bimbang. Bimbang yang seperti: jika dia tidak membeli, maka dia akan melewatkan kesempatan yang Anda tawarkan dari produk tersebut. Dengan begitu, mereka enggan untuk menunda membeli produk Anda.

Contohnya seperti:

Siang-siang panas, lapar lagi. Buy 1 get 1 Burger dan icetea di RumahMkn dengan menunjukkan SMS ini!

Kata-kata “buy 1 get 1” akan membuat konsumen jadi terdorong untuk membeli. Jika dia tidak membeli makanan di hari yang panas dan perut lapar saat itu juga, konsumen akan ketinggalan kesempatan tersebut.

C. Solve

Posisikan produk Anda sebagai solusi atas masalah yang dialami oleh si pembaca SMS. Contohnya seperti ini:

Booking tiket pesawat super hemat, cuma di travelapp. Pakai Kode HEMAT untuk booking pesawat kamu sekarang juga.

Menggunakan kode booking di atas, menunjukkan solusi bagi pelanggan untuk mendapatkan tiket pesawat murah dan dapat membantu menghemat pengeluaran.

Pastikan pesan SMS Anda memiliki unsur PAS (problem, agitate, solve). Ketiga unsur ini akan membuat pesan SMS marketing yang menarik untuk dibaca.

3. Lampirkan Cara Bagaimana Konsumen Dapat Meraih Produk Anda

Tidak hanya membuat pesan dengan metode PAS, pesan SMS yang menarik juga perlu menunjukkan bagaimana cara pelanggan untuk dapat menjangkau produk Anda. caranya dengan mencantumkan nomor yang dapat dihubungi, menunjukkan gerai atau lokasi toko Anda yang dapat dikunjungi, atau melampirkan website. Jika website Anda memakan banyak karakter, Anda dapat menyingkatnya dengan menggunakan jasa shortlink.

4. Gunakan Pesan yang Tepat, Singkat, dan Padat

Harus diingat bahwa SMS marketing yang menarik, adalah yang dapat dibaca secara tepat, singkat, dan padat. Anda tidak perlu membuat banyak definisi, atau menjelaskan sesuatu hal dengan terlalu rinci. Tentu hal ini akan membuat orang yang membuka SMS, enggan untuk membaca. Dengan pesan yang singkat dan padat, serta tepat sasaran dengan karakter pembaca, SMS promosi Anda akan dapat mengajak konsumen untuk membeli produk Anda.