Menjawab Keluhan Pelanggan Bisnis Logistik dengan SMS API | Apigo.id

Menjawab Keluhan Pelanggan Bisnis Logistik dengan SMS API

Persaingan bisnis logistik semakin ketat, sejauh apa Anda mampu menjaga loyalitas para pelanggan?

Revolusi Industri 4.0 semakin melesat. Semua transaksi menuju online. Bahkan Anda tidak perlu lagi pergi menerjang kemacetan di jalan, untuk membeli baju lebaran. Cukup dengan klik di toko online, barang akan segera tiba di rumah Anda. Pesatnya bisnis online linear dengan peningkatan bisnis logistik.

Brand bisnis logistik semakin banyak ragamnya, menawarkan layanan yang berbeda-beda. Kompetisi bisnis logistik semakin ketat. Pelanggan yang ingin belanja online pun, pasti ingin barangnya dikirim dengan jasa logistik yang memiliki kredibilitas, harga bersahabat, dan layanan memuaskan. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis logistik untuk dapat bersaing memenangkan hari pelanggan?

Keluhan Pelanggan Bisnis Logistik

Pada dasarkan produk jasa yang ditawarkan oleh bisnis logistik adalah sama, yakni mengirimkan barang titipan pelanggan ke alamat yang dituju. Namun, yang membedakan adalah model bisnisnya. Bagaimana aturan manajemen terhadap karyawannya, pun bagaimana marketing yang diterapkan kepada pelanggannya.

Marketing memang penting, namun Anda juga harus waspada dengan potensi pelanggan berpindah ke lain hati. Anda perlu melakukan perawatan pelanggan, dengan cara memberikan pelayanan yang menjawab kebutuhan. Pertama, pelanggan selalu merasa resah apabila barang yang dikirimnya rusak. Kedua tidak ada tracking status sehingga barang yang dikirim berpotensi tidak sampai kepada penerima. Merawat pelanggan berarti menjawab kebutuhannya. Menjawab keresahan pelanggan dalam hal keutuhan barang maupun tracking status.

Untuk menyelesaikan masalah keutuhan barang, pertama Anda dapat membuatkan himbauan membungkus dengan aman kepada para pelanggan, seperti dilapis plastik atau bubble wrap. Himbauan ini dapat Anda pasang di agen-agen pengiriman bisnis logistik Anda. Kedua, Anda dapat menyediakan layanan bungkus aman. Barang yang dititipkan pelanggan, dilapis lagi bungkusnya oleh petugas, agar potensi kerusakan berkurang. Ketiga, himbau karyawan Anda untuk berhati-hati ketika melakukan pemindahan barang, agar tidak terjadi kerusakan yang dapat mengecewakan pelanggan.

Nah, untuk menjawab permasalahan tracking status, Anda dapat menggunakan SMS API untuk mengatasinya. Bagaimana cara kerjanya?

SMS API Menjawab Keluhan Pelanggan

Short Message Service Application Programning Interface atau SMS API merupakan sebuah program SMS yang dikirim dari mesin komputer ke ponsel pelanggan secara massif dan cepat. SMS API dapat digunakan untuk berbagai keperluan marketing dan keamanan. Selain untuk marketing atau promosi, SMS API juga dapat digunakan sebagai SMS Tracking Status bisnis logistik Anda.

Agen pengiriman mencatat informasi paket pelanggan berkaitan dengan identitas penerima dan pengirim paket, serta informasi isi paket. Informasi ini akan dikirim secara online ke pusat, dan kemudian mendapatkan nomor resi atau nomor pengiriman yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melacak pengiriman, juga digunakan oleh jasa logistik untuk menyortir barang yang akan dikirim.

Untuk mengecek status posisi barang, pelanggan perlu repot-repot membuka browser dan memasukkan nomor resi untuk mengecek status pengiriman. Jika koneksi sedang terganggu, pengecekkan status pengiriman secara manual akan merepotkan pelanggan. Industri 4.0 selalu menawarkan kemudahan. Semakin mudah sebuah produk akan semakin dilirik oleh pelanggan. Dengan SMS API, Anda dapat memberikan jalan yang mudah untuk pelanggan mendapatkan informasi tracking status.

Setiap kali barang berpindah dari pos pengiriman ke pos lainnya, agen akan melalukan sortir barang dan meng-input nomor resi. Nomor resi yang ter-input akan menjadi informasi bagi pusat di mana lokasi barang tersebut. Informasi ini juga akan didistribusikan ke website, untuk pelanggan dapat memeriksa status barangnya.

Lalu bagaimana caranya agar informasi tracking status bisa sampai ke ponsel pelanggan secara otomatis? Anda perlu menggunakan layanan Apigo Messaging. Apigo akan menjadi penghubung untuk Anda mendistribusikan status posisi barang pelanggan dengan menggunakan SMS API. Apigo akan membantu integerasi informasi tracking status yang Anda miliki dengan informasi yang diterima oleh pelanggan melalui SMS.

Mengapa SMS API?

  1. Berdasarkan hasil studi perbandingan marketing antara email dan SMS, SMS memiliki open rate atau atau potensi dibaca sebesar 98%. Estimasi waktu pesan dibaca setelah diterima ponsel selama 3 menit. SMS masih mendapatkan perhatian dari pelanggan, dan pesan Anda akan dibaca.
  2. Dengan SMS, Anda dapat mengatur/custom Sender ID. Napa pengirim dari pesan yang akan diterima oleh pelanggan, adalah nama brand bisnis logistik Anda. Tampilannya bukan berasal dari nomor asing, sehingga menunjukkan bahwa SMS yang Anda kirim bukanlah penipuan.
  3. SMS API dikirim melalui mesin komputer, sehingga Anda tidak perlu mengabarkan secara manual.
  4. Pelanggan tidak perlu lagi repot-repot memeriksa resi secara manual, tidak perlu lagi bergulat dengan koneksi internet yang lambat, secara otomatis mereka akan mendapatkan informasi tracking status secara otomatis. Kemudahan ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand bisnis logistik Anda.
  5. SMS API dapat menjangkau berbagai jenis ponsel apapun. Jadi walaupun pelanggan Anda bukan pengguna smartphone, mereka tetap bisa menerima layanan Anda.

SMS API sebagai SMS tracking status pengiriman bisnis logistik Anda akan mereduksi keluhan pelanggan. Pelanggan tidak perlu lagi khawatir akan paket kirimannya. Nah, jadi tunggu apalagi? Pelajari lebih lanjut produk-produk penuh solusi dari Apigo Messaging.