Mengenal Whatsapp API Sebagai Peluang Bisnis Baru

Mengenal Whatsapp API Sebagai Peluang Bisnis Baru

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi percakapan terpopuler. Ini menjadi peluang besar bagi bisnis online. Dengan WhatsApp API, terdapat beragam pemanfaatan untuk bisnis Anda.

Saat ini, jumlah pengguna WhatsApp sangat besar. CEO Facebook, Mark Zuckerberg, melaporkan bahwa pada Kuartal IV 2017, aplikasi ini memiliki pengguna aktif bulanan hingga 1,5 miliar. Jumlah ini meningkat 14 persen dibanding pada Juli 2017 yang masih di angka 1,3 miliar. Disinilah peluang Whatsapp API untuk pelaku bisnis.

Dari jumlah terbaru tersebut, pengguna aktif harian mencapai sekitar satu miliar. Dengan demikian, dalam satu hari, WhatsApp melayani 60 miliar pertukaran pesan antarpengguna di seluruh dunia.

Popularitas WhatsApp juga terasa di Indonesia. Dilaporkan oleh comScore, WhatsApp merupakan aplikasi mobile yang paling banyak digunakan di negeri kita. Jumlah penggunanya per April 2017 sudah menembus 35,8 juta.

Jumlah pengguna yang luar biasa besar ini teramat sayang untuk dibiarkan begitu saja. Pelaku usaha khususnya bisnis online yang juga tengah menanjak dapat memanfaatkannya. Caranya ialah dengan memaksimalkan WhatsApp API untuk beragam keperluan.

Whatsapp API dapat dimanfaatkan untuk memberikan layanan lewat aplikasi yang sering digunakan untuk customer. Whatsapp dapat digunakan untuk proses tanya-jawab seputar produk/jasa yang Anda tawarkan.

Selain itu, Whatsapp API akan menjadi sarana komunikasi dengan partner, menjadi reminder atau account notification untuk aktivitas customer Anda. Pemanfaatan Whatsapp API diharapkan dapat memberikan sarana komunikasi yang mudah digunakan dan responsive.

Pelaku bisnis online bisa juga menggunakan WhatsApp API untuk mendorong penjualan secara langsung. Mereka bisa membentuk grup yang terdiri dari para pelanggannya. Dengan ini, konsumen merasa akan selalu terhubung dengan produk.

Pembentukan grup juga dapat diatur sesuai segmen atau target pemasaran. Bisa pula berdasar atas dasar wilayah geografis dan lokasi informasi spesifik. Semua itu dimungkinkan. Tinggal kreativitas pelaku bisnis online yang menentukan.

Whatsapp adalah salah media untuk menjalin komunikasi dengan customer. Kemungkinan lain yang bisa Anda manfaatkan adalah SMS dan voice. Kedua media ini memiliki kelebihan masing-masing.

Whatsapp Bukan Satu-satunya

SMS memungkinkan Anda melakukan account notification dan reminder tanpa perlu memerlukan paket data. Tidak terbatas handphone jenis apa yang digunakan, selama handphone menyala, customer dapat selalu mendapat pemberitahuan.

Voice menjadi sarana yang efektif dengan interaksi yang lebih direct dan memungkinkan komunikasi dua arah secara langsung. Terdapat fitur call masking, callback me dan beragam fitur lainnya.

Inilah yang disediakan Apigo sebagai Telco API platform. Apigo membantu Anda untuk terintegrasi dan berinovasi dengan telco operator demi tujuan untuk meningkatkan layanan untuk customer.

Tidak ada salahnya pula dalam mengembangkan bisnis digital, pelaku usaha mempertimbangkan jasa layanan API Gateway yang kompeten seperti Apigo. Dengan kemampuan mumpuni, beragam hal seperti integrasi API Gateway atau koneksi API Gateway dapat dijalankan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.