Langkah Awal Membangun Startup: Hindari Ilusi Perfect Business Idea | Apigo.id

Langkah Awal Membangun Startup: Hindari Ilusi Perfect Business Idea

‘Perfect Business Idea’ dapat menjadi batu sandung dalam membangun startup. Keinginan yang dapat menghambat perkembangan produk.

Perjalanan panjang membangun startup dimulai dengan konsep. Konsep memberikan gambaran dari inti produk yang ingin Anda tawarkan ke calon pengguna. Konsep menghadirkan gambaran untuk melakukan serangkaian langkah yang perlu dilakukan agar konsep dapat menjadi kenyataan. Lalu, apa konsep yang Anda usung? Dan datang dari mana ide dari rencana membangun startup Anda?

Startup hadir dengan beragam bentuk. Ada yang merupakan pengembangan dari pekerjaan yang sebelumnya telah ditemukan atau bahkan benar-benar pekerjaan yang 10 tahun lalu belum pernah terpikirkan.

Melihat dari Aplikasi Pencatat Keuangan

Bicara tentang produk yang hadir dari pengembangan dari produk sebelumnya, apa yang terlintas? aplikasi pencatat keuangan. Jika dulu menggunakan buku untuk mencatat, pencipta aplikasi ini ingin menyelesaikan masalah bagaimana repotnya harus mengingat keuangan selama seharian atau tidak mungkin membawa buku kas kemanapun pergi.

Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan secara langsung. Setelah melakukan transaksi, pengguna dapat langsung membuka aplikasi di handphone dan langsung mencatatnya. Tanpa harus takut terlupa akan setiap transaksi yang dilakukan.

“I realized that if I was facing this problem during one shopping session, others must be facing this problem all the time” – Morgan Hermand-Waiche, Founder & CEO of Adore Me

https://foundr.com/how-to-start-a-startup/

Kini, jika Anda mencari aplikasi keuangan di App Store atau Play Store, ada puluhan aplikasi pencatat keuangan yang hadir dengan beragam fitur masing-masing. Mulai dari yang menawarkan benar-benar gratis sampai harus membayar nominal tertentu untuk dapat merasakan fitur yang terdapat didalam aplikasi tersebut.

Rencana yang Baik, Hindari Ilusi ‘Perfect Business Idea

Lalu, peran apa yang Anda ingin mainkan sebagai pendiri startup? Pencipta produk yang benar-benar baru? Atau Anda punya inovasi dari produk yang sudah Anda? Keduanya dapat menjadi special di market jika rencana membangun startup Anda dibangun dengan baik.

“I would tell my younger self to stop wasting time searching for that perfect business idea in your mind” – Benny Hsu, Online Entrepreneur at Get Busy Living

https://foundr.com/how-to-start-a-startup/

Banyak pendiri startup yang terjebak didalam ‘perfect business idea’ – keinginan menciptakan produk yang sempurna mungkin. Menemukan formula terbaik dalam membangun bisnis tidak dapat terjadi dalam satu perkenalan di pasar.

Dibutuhkan sederetan trial and error, customer feedback dan evaluasi produk yang akan memperkaya pengembangan hingga Anda menemukan bentuk terbaik dari produk Anda. Mulai dari teknologi apa yang digunakan, pendekatan marketing apa yang digunakan hingga mungkin dapat menciptakan produk pendukung lainnya.

“If you don’t make mistakes, there is no way for you to learn” – Polina Raygorodskaya, Co-Founder and CEO of Wanderu

https://foundr.com/how-to-start-a-startup/

Jika pada akhirnya, setelah dilakukan percobaan launching dan sederet evaluasi, produk Anda tidak sesuai dengan keinginan pasar. Anda dapat membangun business idea lainnya yang tetap sama dengan rencana awal atau bisa benar-benar berbeda dengan rencana awal. A journey of a thousand miles begins with a single step.