Memaksimalkan USSD Untuk Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Memaksimalkan USSD Untuk Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Layanan Telco API sejatinya memberikan kesempatan besar untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan. Salah satunya dengan pemanfaatan USSD secara maksimal.

USSD merupakan kependekan dari Unstructured Supplementary Service Data. Ini adalah suatu protokol khusus yang digunakan untuk komunikasi singkat dari telepon seluler ke penyedia layanan operator seluler yang bersangkutan.

Saat ini, USSD sering ditemui di operator GSM. Layanan Telco API ini biasanya dipakai pengguna untuk menjalankan request atau pull sebuah informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan.

Bentuk konkretnya sebenarnya sudah sangat banyak. Sebagai contoh, publik pasti tahu format ketik tanda bintang dan karakter tertentu yang diakhiri tanda pagar. Ini adalah bentuk USSD. Format tersebut kerap digunakan untuk berbagai hal, mulai cek saldo, atau berlangganan sebuah content.

Namun, pemanfaatan USSD sebenarnya masih banyak lagi. Jika digarap dengan serius, layanan Telco API ini mampu mengangkat kualitas produk atau layanan pada bisnis Anda.

Pemanfaatan USSD

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Pertama, dapat dipakai untuk mempermudah pelanggan mendapatkan layanan atau produk yang ditawarkan. Operator seluler di Indonesia telah memanfaatkannya dengan baik. Pelanggannya tinggal mengetik dengan format khusus di ponsel untuk membeli pulsa, paket data, hingga paket bicara.

Bisnis lain bisa mengikuti langkah operator telekomunikasi. Dengan format tertentu, konsumen tinggal menggunakan ponselnya untuk mendapatkan produk atau layanan Anda tanpa repot.

Lebih menarik lagi, salah satu bentuk layanan Telco API ini tidak dibatasi dalam cakupan area tertentu. Ini membuat USSD fleksibel dipakai di mana pun dan oleh berbagai jenis ponsel berbeda.

Selanjutnya pebisnis bisa pula memanfaatkan USSD untuk mendekatkan diri dengan konsumennya. Dengan pengaturan yang baik, layanan Telco API ini bisa menjadi costumer service personal bagi pelanggan.

Konsumen dapat mengetahui apa pun tentang produk dan layanan Anda hanya dengan mengetik dalam format khusus. Anda tinggal membagi informasi yang relevan. Di sana spesifikasi, ketersediaan, hingga cara memperolehnya bisa dipaparkan dengan mudah.

Kecepatan akses yang real time menjadi kelebihan USSD. Hal itu masih ditambah dengan “personalisasi” yang kuat karena pelanggan tinggal memilih menu yang disuka. Dengan ini, konsumen semakin puas terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Pelaku bisnis bisa juga memanfaatkannya untuk mencari umpan balik dari konsumen. Mereka dapat mengadakan semacam survei untuk tahu feedback pelanggan tentang produk dan layanan. Sebagai contoh konsumen bisa ditanya tentang tingkat kepuasannya. Dengan layanan Telco API ini, pelanggan hanya perlu mengetik karakter tertentu untuk memberi jawaban.

Hasil dari itu adalah data yang sangat berarti penting bagi bisnis. Pelaku usaha dapat menjadikannya sebagai acuan untuk meningkatkan mutu produk atau layanan yang diberikan.

Mendorong Kreativitas

Itu hanya sebagian contoh. Pebisnis masih bisa mencari celah lain dalam pemanfaatan USSD untuk meningkatkan mutu layanan atau produk. Tinggal berpikir kreatif, maka kesempatan bakal terbuka lebar.

Sedemikian penting USSD, maka eksekusinya tidak boleh sembarangan. Anda butuh penyedia jasa layanan API Gateway yang mumpuni, Apigo. Memiliki layanan USSD yang terprogram maupun berbasis web yang bisa diakses 24 jam dari mana saja. Para pebisnis dapat melakukan kegiatan marketing, transaksi dan komunikasi dengan lebih mudah.

Bukan hanya itu, sebagai penyedia jasa layanan API Gateway berpengalaman, Apigo mampu menjamin pemanfaatan layanan Telco API ini akan memberi hasil maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.