Media Komunikasi Promosi Mana Yang Lebih Tepat untuk Bisnis Anda?

Media Komunikasi Promosi Mana Yang Lebih Tepat untuk Bisnis Anda?

Antara SMS dan Email, manakah yang lebih efektif sebagai media komunikasi promosi?

Media komunikasi adalah hal yang wajib digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan marketing kepada pelanggan. Dengan pesan yang disampaikan, pelanggan akan mengetahui keberadaan Brand Anda. Apalagi jika pesan yang Anda kirimkan sesuai dengan target pelanggan, serta dapat menjawab kebutuhan mereka.

Revolusi industri tidak hanya mengubah teknologi dari kertas menjadi digital, namun juga mengubah media komunikasi promosi dari kurir telegram, koran, radio, televisi, menjadi bentuk-bentuk komunikasi digital seperti mobile chat, sosial media, dan email.

Saat ini, email dan SMS menjadi media komunikasi promosi yang juga diminati oleh Pelaku Usaha untuk mempromosikan Brand. Berikut ini adalah komparasi antara SMS dan Email sebagai media komunikasi promosi:

1. Secara Persentase Pesan Terbaca Pelanggan

SMS

SMS memiliki open rates sebesar 98%. Artinya, kemungkinan pesan SMS Brand Anda akan dibaca oleh target pelangan sebesar 98%. Melalui SMS, pesan promosi Anda memiliki potensi besar untuk dibaca oleh pelanggan.

Email

Email sebagai media komunikasi promosi, memiliki persentase terbaca (open rates) sebesar 20%. Ini artinya, potensi pesan promosi Anda dibaca cukup rendah. Namun, bukan berarti tidak ada yang membacanya sama sekali.

2. Jumlah Karakter Pesan

SMS

Karakter SMS terbatas hanya 160 karakter pesan. Untuk menggunakan SMS sebagai media komunikasi promosi, jumlah karakter yang tersedia sangat sedikit, dan cukup menantang para Pelaku Usaha untuk membuat pesan promosi yang singkat dan jelas, dan dapat dipahami oleh pelanggan.

Email

Sebagai media komunikasi promosi, Anda dapat menuliskan kalimat promosi sebanyak yang Anda mau. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih kalimat, sebab bila terlalu panjang, pelanggan juga enggan untuk membaca pesan.

3. Bentuk tampilan

SMS

Tampilan SMS terbatas hanya penampilan teks. Jika Anda ingin menunjukkan gambar produk, Anda dapat mencantumkan link website yang dapat dikunjungi di pesan SMS.

Email

Email memiliki bentuk tampilan yang lebih bebas dan membuat Anda dapat menyalurkan kreativitas lebih banyak, seperti menyantumkan gambar, gif, video, thumbnail, link yang langsung dapat di-klik, dan sebagainya.

Dengan fitur yang lebih banyak, Anda memiliki lahan yang lebih luas untuk mengkreasikan bentuk konten marketing yang diinginkan.

4. Jangkauan Pesan

SMS

SMS dapat dijangkau oleh siapapun dan di manapun. Walaupun pelanggan Anda tidak ada koneksi internet, atau masih menggunakan ponsel poliponik, mereka tetap bisa menerima SMS marketing Anda. Jangkauan promosi Anda lebih luas, potensi mendapatkan pelanggan pun semakin besar.

Email

Email marketing dapat dikirim ke mana saja, kapan saja, di mana saja, asalkan ada koneksi internet dan gawai khusus untuk mengakses email. Jangkauan email terbatas dengan koneksi dan gawai yang digunakan oleh pelanggan. Sehingga, secara keterjangkauan tidak lebih luas dibandingkan SMS.

Apigo Messaging, layanan SMS API

Tentu akan memakan waktu yang lama dan cukup merepotkan, apabila Anda mengirimkan pesan SMS Marketing Brand kepada pelanggan secara manual. Melakukan input nomor satu per satu, dan mengirim pesan berulang-ulang. Sebab SMS secara manual memilih batasan jumlah nomor yang dikirim.

Dengan SMS API, Anda dapat menggunakannya sebagai media komunikasi promosi yang efektif dan efisien. Anda hanya perlu memasukkan data base nomor pelanggan Anda, atau nomor ponsel yang tertarget, untuk dikirimkan pesan SMS secara massif dan dalam waktu yang singkat.

Apigo dapat memberikan layanan SMS API sebagai media komunikasi promosi Brand Anda, dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda mengirimkan SMS. Coba kunjungi halaman ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Sekian perbandingan SMS versus Email. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Anda dapat menggunakan kedua media komunikasi ini sesuai dengan kebutuhan promosi Anda. Selamat mencoba!