Tipe-tipe dan Manfaat SMS Gateway Untuk Bisnis Anda | Apigo.id

Tipe-tipe dan Manfaat SMS Gateway Untuk Bisnis Anda

Selain melalui jalur internet, ada media marketing lain yang memiliki kemampuan penyampaian lebih cepat daripada email, yaitu SMS gateway.

SMS gateway adalah sebuah sistem yang dapat membantu user untuk mengirim pesan dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu. Ada beberapa tipe dan manfaat SMS gateway yang dapat Anda gunakan.

Berikut ini tipe-tipe dan manfaat SMS gateaway untuk bisnis Anda:

1. Sebar Pesan Massal dengan SMS Blast

Jika Anda butuh mengirim pesan dalam jumlah yang banyak, SMS blast adalah solusinya. Pesan SMS ini dikirim dengan menggunakan metode A2P atau Application to Person. Dari komputer mengirimkan ke banyak nomor dalam satu waktu. Anda hanya perlu memasukkan nomor database pelanggan Anda satu kali, dan Anda dapat mengirimkan pesan SMS blast hanya dengan sekali klik.

2. SMS LBA (Location Based Advertising)

Toko online semakin banyak jumlahnya. Saling bersaing untuk mendapatkan customer. Konon katanya, toko offline atau toko fisik diperkirakan akan hilang satu per satu, karena kalah dengan toko online. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Dengan strategi SMS LBA, Anda dapat menarik pelanggan untuk datang langsung ke toko fisik Anda.

Manfaat SMS gateaway LBA yakni untuk mengirimkan pesan berdasarkan sinyal ponsel yang berada di wilayah tertentu. Saat menjelang jam makan siang, Anda dapat mengirimkan pesan SMS kepada calon-calon pelanggan yang sedang berada di dekat lokasi restoran Anda. Dengan membaca kiriman pesan Anda di jam lapar, tentu akan dapat mendorong pelanggan melangkahkan kaki ke resto Anda.

Baca Juga:
Waspada Penipuan Melalui SMS, Gunakan Cara Ini Untuk Menghindarinya
Pernah Mendapat SMS Penipuan? Kenali Tipe-Tipenya Disini
Cara Kerja SMS Gateway Untuk Melancarkan Bisnis Usaha Anda

3. SMS PBA (Profile Based Advertising)

Selain SMS LBA, ada SMS targeted lainnya yang menyasar konsumen berdasarkan demografi, yakni SMS Profile Based Advertising (PBA). Anda dapat menetapkan karakter pasar secara spesifik.

Misalnya, Anda memiliki produk kosmetik wanita. Anda dapat mengirimkan promosi dengan SMS PBA. Kemudian Anda ingin mengirim pesan kepada pelanggan dengan ciri wanita usia 18-25 tahun, tinggal di daerah Jakarta Pusat. Sistem SMS PBA akan memindai siapa sajakah yang memenuhi kriteria konsumen, kemudian mengirimkan pesan langsung ke nomor ponsel calon pelanggan yang sudah disaring.

4. Jaga Keamanan Data dengan SMS OTP (One Time Password)

Teknologi memudahkan pendataan pelanggan dalam skala yang besar. Namun, data pelanggan ini perlu dijaga baik-baik. Tidak sedikit kasus kejahatan pencurian data menimpa perusahaan dan pelanggan. Contohnya, tidak sedikit perusahaan peminjaman dana yang kecolongan peminjaman dana dengan menggunakan data palsu.

Salah satu syarat peminjaman dana adalah foto selfie dengan KTP. Syarat foto KTP ini telah menjadi bisnis ilegal yang permintaannya cukup tinggi dan laris. Akhirnya, banyak perusahaan peminjam dana kecolongan meminjamkan uang atas nama orang lain. Korban pencurian data yang terdaftar namanya, harus menerima tagihan dari dana yang tidak pernah mereka pinjam.

SMS OTP berguna untuk memverifikasi bahwa user yang melakukan transaksi adalah pelanggan yang real. Bukan hasil tipu-menipu. Kode OTP hanya boleh diketahui oleh pelanggan yang melakukan transaksi, tidak boleh diketahui selainnya sekalipun ada yang menelepon mengaku-aku dari pihak perusahaan.

Kode verifikasi Anda kirim ke nomor pelanggan, untuk otentifikasi bahwa nomor yang digunakan oleh pengguna sesuai dengan nomor yang didaftarkan. Setelah pelanggan memasukkan kode verifikasi di sistem Anda, maka dapat dibuktikan bahwa nomor tersebut telah melakukan transaksi. Kode OTP dapat membantu untuk melindungi transaksi perusahaan Anda.

5. Ingatkan Pelanggan dengan SMS Reminder

Apakah Anda pernah mendapatkan harapan palsu dari pelanggan? Mereka yang sudah memesan barang tapi tidak jadi dibayar, memasukkan barang belanjaan ke keranjang elektronik namun tidak dibeli, atau pelanggan sudah mendaftar event marketing Anda, namun ternyata tidak jadi datang. Tentu hal ini menjadi kerugian bagi Anda, menghabiskan waktu hanya untuk melayani pelanggan yang tidak jadi melakukan transasksi.

Anda dapat meminimalkan potensi pembatalan transaksi pelanggan dengan menggunakan SMS Reminder. Manfaat SMS gateway satu ini dapat membantu Anda mengingatkan pelanggan secara berkala untuk memenuhi transaksinya sebelum jatuh tempo. Dengan pengingat tersebut, akan mendorong pelanggan untuk seger menuntaskan transaksinya.

6. SMS Notification Untuk Meningkatkan Engagement

Manfaat SMS gateway lainnya adalah meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Meningkatkan engagement adalah hal yang harus dilakukan setiap pengusaha, untuk menjaga loyalitas pelanggan kepada brand Anda. Salah satu cara meningkatkan engagement adalah dengan memberikan SMS notifikasi.

SMS notification adalah SMS yang Anda kirim kepada pelanggan untuk memberitahukan setiap aktivitas yang dilakukan oleh pelanggan Anda. Jadi semisal ada upaya kejahatan yang membuat akun pelanggan Anda terancam dibobol, SMS notifikasi akan langsung memberikan pemberitahuan kepada pelanggan Anda secara cepat. Tanpa koneksi internet sekalipun, SMS akan segera masuk ke ponsel pelanggan dan cepat dibaca.

Dapat mengingatkan pelanggan Anda untuk mengunjungi kembali toko online Anda, juga merupakan manfaat SMS gateway notifikasi. Selain mengingatkan aktivitas akun, Anda juga dapat mengingatkan apa saja program yang sedang diadakan oleh brand Anda.

Sekian pemaparan tentang tipe-tipe dan manfaat SMS gateway untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel-artikel menarik selainnya hanya di Blog Apigo.id.