Majukan Bisnis UKM dengan SMS Marketing | Apigo.ID

Majukan Bisnis UKM dengan SMS Marketing

Penjualan Meningkat Apabila Dipromosikan Secara Tepat

Bisnis UKM atau Usaha Kecil Menengah, menjadi bidang bisnis yang paling banyak diminati oleh banyak orang di Indonesia. Bisnis ini menjadi solusi untuk membuka banyak lapangan pekerjaan, yang juga apabila terus berkembang, UKM dapat memberikan dampat positif bagi perekonomian Indonesia.

Ketika perusahaan besar banyak yang bangkrut akibat krisis yang terjadi pada tahun 1998, perekonomian Indonesia sebagian besar terbantukan dengan perputaran bisnis UKM. Para pengusaha UKM saling berbondong-bondong untuk memutarkan kembali roda ekonomi Indonesia kala itu. Hal ini menunjukkan bahwa potensi UKM tidak bisa diremehkan untuk turut memajukan perekonomian di Indonesia.

Apa itu Bisnis UKM?

Menurut surat edaran Bank Indonesia No. 26/I/UKK tanggal 29 Mei 1993, UKM merupakan unit usaha yang memiliki total asset maksimal 600 juta rupiah, tidak termasuk tanah atau rumah yang ditempati, badan usaha swasta dan koperasi.

Definisi lain, menurut Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Pengusaha Bisnis UKM atau Usaha Kecil Menengah adalah mereka yang menjadi kelompok industri modern, industri tradisional, dan industri kerajinan tangan yang mempunyai investasi, modal untuk mesin-mesin, dan peralatan sebesar 70 juta ke bawah. Pada prinsipnya, UKM adalah bisnis yang perputaran dananya masih berkisar puluhan dan ratusan juta rupiah.

Perbedaan UKM dengan Startup

Untuk dapat membantu roda perekonomian Indonesia, Bisnis UKM harus laris dalam penjualannya. Namun, di era digital sekarang, ada banyak sekali produk digital yang dikelola oleh Startup, menyaingi penjualan Bisnis UKM. Perbedaan Startup dan Bisnis UKM terletak pada penggunaan internet. Startup menggunakan internet untuk menjalankan produk digitalnya, sedangkan bisnis UKM menjual produk berupa barang dan jasa secara langsung, dan menggunakan internet sebagai lahan promosi.

SMS Sebagai Tools Promosi

Di tengah persaingan yang ketat, perlu bagi pengusaha untuk memilih cara marketing yang tepat sasaran, sesuai dengan pasar yang mereka bidik. Mendapatkan konsumen yang tepat, agar penjualan tetap berjalan lancar. Bisnis UKM cocok untuk menggunakan SMS sebagai tools marketing. Mengapa demikian?

SMS merupakan layanan pesan singkat yang masih ada hingga sekarang sejak ponsel pertama diluncurkan. Berdasarkan penelitian marketing, SMS juga menjadi layanan yang paling cepat dibuka daripada email. Hanya butuh waktu 3-5 menit bagi pelanggan untuk melihat kotak masuk mereka. Sedangkan email marketing lebih sering tidak diacuhkan oleh pelanggan. SMS memiliki keterbatasan huruf yang membuat Marketer jadi tertantang untuk membuat pesan yang jelas, singkat, dan padat.

Untuk mengirimkan SMS marketing, para pelaku usaha memerlukan layanan SMS gateway, untuk mendistribusikan pesan SMS secara mudah. Dengan SMS gateway, pengusaha dapat menggunakan SMS masking sebagai nama pengirim pesan yang masuk ke kotak masuk calon pembeli. Selain itu, pengusaha bisnis juga dapat membidik calon pembelinya dengan promosi sesuai dengan kriteria profil pelanggan (SMS Profile Based Advertising), atau mengirim SMS berdasarkan lokasi yang dekat dengan toko yang dimiliki oleh pelaku bisnis (Location Based Advertising).

Apigo Partner SMS Marketing UKM

Untuk memudahkan jalan Pengusaha UKM mempromosikan produk melalui SMS, Apigo Messaging dapat membantu sebagai mitra kerja. Apigo Messaging merupakan layanan SMS gateway yang dapat membantu para pebisnis UKM untuk melancarkan promosi lewat SMS. Untuk mempelajari berbagai solusi yang ditawarkan oleh berbagai produk Apigo, Anda dapat menghubungi kami di laman berikut ini. Jadi tunggu apalagi, majukan Bisnis UKM Anda dengan SMS Marketing.