Location Based Advertising: Cara Efektif Optimalkan Bisnis Anda

Location Based Advertising: Cara Efektif Optimalkan Bisnis Anda

Optimalkan bisnis toko fisik Anda dengan SMS Location Based Advertising (LBA). Teknologi ini memiliki berbagai keuntungan untuk menunjang bisnis Anda.

Location Based Advertising (LBA) adalah teknologi yang mampu mengatasi toko fisik Anda dewasa ini. Banyak diberitakan, pergeseran model bisnis terus terjadi. Setiap industri menuju online.

Tidak sedikit toko fisik atau toko offline, gulung tikar sebab kalah promosi dan penjualan dengan semua toko yang serba online. Rumah makan tak seramai dulu, tempat orang-orang bercengkrama bersama teman. Pakaian-pakaian tergantung berbulan-bulan, tidak ada satupun pembeli datang.

Anda dapat mengamati juga, sudah banyak mall mulai sepi pengunjung karena kalah dengan toko online. Toko online yang memiliki harga produk jauh lebih murah, dan hanya membutuhkan ruang administrasi dan gudang untuk menyimpan barang.

Walaupun toko online terlihat menguntungkan dari segi kemudahan transaksi, toko online juga memiliki kelemahan. Yakni, rawan kualitas produk yang rendah. Di sinilah keunggulan toko fisik, pelangan dapat langsung melihat dan merasakan kualitas produk yang akan dibelinya. Namun, pengunjung toko cenderung tidak stabil jumlahnya. Biasanya musiman, seperti musim puasa atau hari raya, toko fisik ramai pengunjung.

Supaya pelanggan yang datang ke toko fisik tidak musiman, Anda dapat mengoptimalkan bisnis toko fisik, dengan promosi menggunakan SMS Location Based Advertising (LBA).

Location Based Advertising Memudahkan Promosi

Location Based Advertising merupakan metode promosi dengan menggunakan media SMS, yang mana pesan tersebut dikirim kepada pengguna ponsel yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Anda juga dapat menentukan lokasi yang diinginkan sesuai kebutuhan toko.

Keuntungan  Menggunakan SMS Location Based Advertising

1. Mengajak Pelanggan untuk Melangkah Datang Ke Toko Anda

Mayoritas orang-orang memiliki ponsel. Ponsel seperti pasangan kedua, yang hanya lepas dari genggaman ketika sedang mandi, tidur, atau sembahyang. Ketika ada pesan SMS masuk, mereka akan membukanya dengan cepat. Apalagi pesan SMS memiliki 98% open rate. Artinya, potensi dibacanya sebesar 98%.

Terkadang, pelanggan malas ke toko fisik karena berasumsi bahwa lokasinya jauh, sedangkan toko online tidak perlu pergi jauh-jauh. Anda dapat mengirimkan pesan berupa ajakan mendatangi toko kepada orang-orang yang sedang berada di sekitar lokasi toko Anda. dengan begitu, pelanggan tidak akan merasa toko Anda terlalu jauh untuk dikunjungi dan mudah dijangkau.

2. Tepat Waktu, Tepat Sasaran

Anda dapat menggunakan SMS Location Based Advertising (LBA) ini pada jam-jam tertentu, agar tepat waktu dan tepat sasaran. Misalnya seperti menjelang jam makan siang, Anda bisa mengirimkan pesan promosi produk makanan kepada orang-orang yang berada di sekitar lokasi restoran.

Atau ketika sedang tanggal ‘nanggung bulan’, Anda bisa sebarkan pesan potongan harga. Dan ketika sedang masa gajian, dengan SMS Location Based Advertising, Anda dapat promosikan produk terbaik Anda yang akan membuat pelanggan penasaran ingin membeli.

3. Sebar Promo Diskon

Promo diskon juga dapat disebarkan sebanyak yang Anda mau melalui SMS Location Based Advertising. Bisa juga promo diskon bersyarat, atau diskon yang diskon yang akan diberikan jika pelanggan sudah follow dan mention akun sosial media Anda.

5. Pesan Tetap Sampai Walau Tanpa Kuota

Walaupun pelanggan Anda sedang tidak ada koneksi internet, entah itu karena kehabisan kuota atau sinyal internet lambat, Anda tetap dapat menyampaikan pesan promosi toko melalui layanan SMS LBA. Pesan tetap terbaca, sekalipun tidak buka sosial media.

Toko Fisik Dapat Bersaing Dengan Toko Online

Biarpun toko online semakin banyak, toko fisik Anda tetap bisa bersaing. Dengan menggunakan SMS LBA, Anda dapat mengoptimalkan pengenalan produk dan berbagai promosi lainnya kepada pelanggan.

Apigo messaging merupakan layanan SMS yang memiliki fitur Location Based Advertising (LBA). Jika Anda tertarik dengan berbagai fitur lainnya yang terdapat di Apigo, Anda dapat mengunjungi laman berikut. Selamat mencoba, semangat bersaing dengan dunia maya.