Mengapa Layanan SMS Penting untuk Bisnis Digital Anda

Mengapa Layanan SMS Penting untuk Bisnis Digital Anda

Mungkin Anda kerap mendengar bahwa Short Message Service (SMS) sudah usang dan ditinggalkan. Ternyata perkembangan dunia digital membawa peluang baru untuk bisnis digital.

Layanan SMS memiliki potensi yang lebih kini. Berdasarkan data dari e-Marketer, pemilik smartphone telah melonjak dari angka 55 juta pada 2015 hingga menjadi 100 juta pada tahun 2018. Hal ini menjadikan negara kita hanya kalah dari Tiongkok, India, dan Amerika Serikat terkait jumlah pengguna telepon pintar yang aktif.

Melihat fakta tersebut, salah satu satu bentuk layanan Telco API seperti SMS memiliki potensi besar sebagai saluran informasi. SMS dapat menjadi sarana penunjang bisnis yang kuat.

Bersifat Personal

Layanan SMS sesungguhnya merupakan sarana pemasaran yang efektif. Salah satu bentuk layanan Telco API ini memiliki kelebihan khusus berupa sifat aktivitas yang personal.

SMS bakal langsung diterima oleh pihak yang ditarget. Ingat, sekarang orang tidak bisa lepas ponsel. Bahkan, dalam melakukan komunikasi, ponsel menjadi pilihan terdepan.

Berdasarkan dari data EZ Marketing, SMS dipilih orang sebagai sarana komunikasi nomor satu saat ini. Persentasenya mencapai 58 persen, unggul di atas berbicara langsung dengan telepon (49 persen) atau mengirim pesan lewat media sosial (33 persen).

Sesudah dikirim, SMS akan langsung sampai ke tangan si penerima. Ini berbeda dengan sarana pengiriman pesan lain seperti email. Belum tentu email akan langsung sampai di tangan pihak yang dituju.

Berpeluang Besar Terbaca

Layanan SMS memang memiliki sejumlah kelebihan khusus. Salah satu layanan Telco API ini mudah untuk menjangkau pihak yang ditarget. Bahkan, ada jaminan besar pesan yang dikirim akan dibaca.

EZ Marketing menyebutkan bahwa sekitar 93 persen orang selalu berupaya menjaga agar ponselnya mudah dijangkau. Mereka tidak mau melewatkan apa pun dari telepon genggamnya termasuk SMS.

Hal ini mempermudah peluang agar layanan SMS tidak diabaikan. Sebagai bukti, EZ Marketing menyatakan bahwa 94 persen orang akan membuka pesan yang dilayangkan ke ponselnya dalam kurun waktu tiga menit saja. Ini terhitung sangat cepat.

Dibandingkan dengan pengiriman informasi melalui email atau surat. Pengguna membutuhkan koneksi internet. Selain itu, mereka juga memerlukan setidaknya smartphone agar bisa membuka surat elektronik yang dikirim. Belum lagi jika pesan disampaikan melalui surat konvensional. Orang semakin mungkin mengabaikannya.

Layanan SMS untuk Menjalin Relasi

Layanan SMS dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan follow-up setelah member/customer Anda memberikan data diri. Dengan memanfaatkan fitur SMS dan USSD, Anda dapat secara langsung dan lebih pribadi menghubungi ke perangkat handphone. Semua tidak terbatas hanya dengan smartphone.

USSD dapat memberikan sebuah pengalaman komunikasi yang lebih interaktif dan langsung mengambil alih perhatian karena berupa pop-up di layar member atau customer Anda. USSD semakin mempertegas keinginan penerima pesan untuk mendapatkan informasi dari satu institusi.

Inilah beberapa kelebihan layanan SMS yang membuatnya pantang disepelekan dalam bisnis. Layanan Telco API seperti ini bisa menjadi sarana pemasaran atau komunikasi yang efektif.

Menciptakan layanan yang lebih inovatif adalah hal yang penting sekarang ini. Tidak hanya menyediakan yang butuhkan oleh customer, tapi menyajikan layanan yang membuat member dan customer terkesan. Inilah yang akan menciptakan customer engagement kepada produk Anda.

SMS Broadcast, Targeted Advertising, USSD dan beragam solusi bisa Anda lakukan bersama Telco API Platform, Apigo. Tidak hanya mengintegrasikan, Apigo membantu bisnis Anda menyediakan layanan yang lebih baik dan inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.