Koneksi API Gateway Untuk Menjawab Perubahan Perilaku Konsumen

Koneksi API Gateway Untuk Menjawab Perubahan Perilaku Konsumen

Dewasa ini teknologi berkembang sangat pesat. Kondisi itu berpengaruh besar terhadap bisnis terutama terkait perubahan perilaku konsumen. Situasi itu menjadi alasan pertumbuhan pemanfaatan koneksi API gateway belakangan ini.

Perkembangan teknologi yang berkembang pesat membuat proses digitalisasi terjadi di mana-mana dan mengubah perilaku konsumen. Hal itu ditandai dengan kepemilikan smartphone, laptop, hingga tablet yang lazim. Terlebih lagi sekarang semuanya bisa terhubung dengan internet secara mudah.

Perubahan itu pada akhirnya membuat perilaku konsumen ikut bergeser. Situasi itu terjadi di mana pun termasuk Indonesia. Accenture merangkum setidaknya ada lima perubahan perilaku konsumen digital di negeri kita ini. Mereka menemukannya setelah melakukan riset terhadap 28 ribu responden di 28 negara.

Temuan pertama yang menarik ialah kecenderungan pemanfaatan teknologi dalam berbagai kegiatan. Hal itu ditandai dengan fakta bahwa perangkat pintar dipakai untuk berbagai aktivitas yang sebelumnya tidak memerlukan internet. Contohnya ialah bermain games, menonton film, hingga mencari informasi.

Fakta Konsumen Indonesia

Meski begitu, temuan Accenture berikutnya menunjukkan belum semua perkembangan teknologi diadopsi dengan baik di Indonesia. Ditemukan 85 persen konsumen digital yang termasuk dalam early adopter yang masih kesulitan menggunakan gawai secara optimal. Gadget yang dimaksud adalah smartwatch, perangkat olahraga cerdas, hiburan di dalam mobil, dan keamanan rumah.

Adapun temuan berikutnya berkaitan dengan keamanan. Accenture mencatat bahwa 78 persen konsumen digital di Indonesia memperhatikan security terutama saat melakukan transaksi finansial. Selain itu, ada 60 persen lainnya menjadikan privasi sebagai hal terpenting kala beraktivitas online.

Satu temuan lain yang tak kalah menarik ialah bagaimana nama besar sering tidak berpengaruh. Konsumen digital dalam negeri tidak mudah silau dengan merek ternama. Ini terlihat dari data bahwa hanya 16 persen responden yang mau membeli gawai baru dari merek terkenal jika tidak sesuai bujet mereka.

Sedangkan temuan Accenture terakhir berkaitan loyalitas pada merek tertentu. Saat ini, konsumen digital mudah berpaling ke merek lain. Mereka lebih memilih layanan yang tepat, kesederhanaan dalam penyampaian pesan, kesesuaian identitas diri, kualitas, privasi, dan produk. Di antara mereka, sekitar 73 persennya mengaku tidak ragu berpindah ke merek lain jika bisa mendapatkan hal yang lebih baik.

API Gateway untuk Menjawab Perubahan Perilaku Konsumen

Berbagai perubahan itu menuntut pelaku bisnis untuk meningkatkan layanannya. Ada banyak cara yang dapat ditempuh. Salah satunya pemanfaatan Application Programming Interfaces (API).

Bukan rahasia lagi, API mampu mendongkrak kinerja bisnis. Pemanfaatan koneksi API gateway memungkinkan pelaku usaha meningkatkan user experience dalam bisnisnya. Tidak heran banyak sekali pihak yang berupaya melakukan integrasi API gateway dengan baik.

ProgrammableWeb menemukan peningkatan tren pemanfaatan API. Mereka melihat pada 2017 sudah ada 2.294 API baru di dunia. Jumlah itu meningkat pesat dari kondisi pada 2014. Per tahun mereka mencatat pertumbuhannya pemanfaatan koneksi API gateway mencapai 2.000 buah.

Jika ditotal, sejak 2014, pertumbuhan koneksi API gateway anyar sampai awal Februari 2018 mencapai 8.240. Kalau dirinci, per tahun ada 2.060 API baru. Jumlah itu menembus angka 172 per bulan.

Pertumbuhan itu menandakan bahwa banyak pihak yang mulai sadar arti penting pemanfaatan koneksi API gateway untuk bisnis, salah satunya dengan Telco API. Dengan terhubung dengan produk telekomunikasi, pelaku bisnis dapat melakukan berbagai hal seperti meningkatkan komunikasi dengan customer, meningkatkan customer experience produk dan memberikan sistem pembayaran yang mudah.

Hal tersebut adalah beberapa dari beragam solusi yang ditawarkan Apigo untuk bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut mengenai pengembangan dan inovasi yang bisa Anda lakukan bersama Apigo, Platform Telco API.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.