Mengoptimalkan Komunikasi di Sektor Pendidikan Bersama SMS API | Apigo.id

Mengoptimalkan Komunikasi di Sektor Pendidikan Bersama SMS API

SMS pada menjadi solusi untuk menjalin komunikasi yang lebih baik antara lembaga pendidikan dan orangtua murid demi pengembangan potensi anak.

Anda sebagai pelaku bisnis sudahkah memanfaatkan ponsel untuk menunjang produk atau jasa yang Anda tawarkan? Semua sektor bisnis dapat memanfaatkan ponsel, termasuk sektor pendidikan.

Kini, semua aktivitas dapat dilakukan bersama ponsel. Mengabadikan momen dengan kamera, bersosialisasi, komunikasi hingga pembayaran. Kemampuan ini membuat ponsel tidak bisa lepas dari tangan manusia kebanyakan.

Ponsel dapat dimanfaatkan untuk memudahkan dan mempercepat proses komunikasi antara sekolah dengan orangtua murid. Hal ini penting agar terjadi kesimbungan aktivitas dan informasi antara pihak sekolah dan orangtua murid sehingga prestasi anak dapat diraih.

Berbicara tentang komunikasi dengan ponsel, Whatsapp menjadi opsi yang sudah digunakan oleh beberapa sekolah sebagai media komunikasi. Namun, sudah cukup efektifkah saluran komunikasi ini?

Jika melihat dari sisi efektivitas, pesan dengan SMS API dapat menjadi pilihan. Dengan pengiriman pesan yang cepat, open rate dan response rate tinggi menjadi alasan utama penggunaan SMS API. Kelebihan SMS dapat Anda manfaatkan untuk menjangkau orangtua murid dengan beragam jenis handphone dan mengirimkan informasi dengan cepat.

Pesan teks dengan SMS untuk sektor pendidikan dapat memberikan manfaat untuk sekolah. SMS dapat menjadi media untuk membangun hubungan dengan siswa, orang tua, dan anggota staf. Berikut ini ada beberapa cara untuk menggunakan SMS API dalam sektor pendidikan.

6 Penerapan SMS API untuk Sektor Pendidikan

Informasi Pertemuan Orang Tua – Guru
Orang tua pada umumnya menjalani kehidupan yang sangat sibuk dan mudah melupakan pertemuan atau kegiatan sekolah yang penting, terutama jika mereka hanya diberi tahu tentang acara tersebut melalui surat atau email. Dengan penggunaan pesan SMS, orang tua dapat menerima pengingat tepat waktu tentang pertemuan orang tua-guru yang akan datang. Dan itu, pada akhirnya akan berdampak pada untuk perkembangan siswa.

Informasi Pengingat Ujian
Pesan SMS dapat digunakan saat periode ujian untuk mengingatkan siswa tentang tanggal ujian, lokasi ujian, dan bahkan konten ujian. Ini juga cara yang bagus untuk memberi tahu siswa tentang perubahan menit terakhir pada jadwal ujian atau memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan jika ada sesuatu yang mereka tidak yakin.

Informasi Rekrutmen Siswa Baru
SMS dapat menjadi saluran komunikasi yang tepat ketika rekrutmen siswa baru akan dibuka. Pesan teks sederhana untuk calon siswa dan orang tua dengan pengingat tentang pembukaan pendaftaran atau tenggat waktu pendaftaran untuk memastikan mereka melakukan pendaftaran. Sekolah juga dapat mengirim melalui link konten mengenai garis besar mata pelajaran atau program ekstrakurikuler.

Pesan SMS untuk Peringatan Cuaca
Ini sangat membantu di daerah dengan iklim ekstrem. Kondisi cuaca dapat mempengaruhi perjalanan, yang mengarah ke penutupan dan pembatalan. Pesan SMS dapat mengatasi hal ini dengan memberi tahu orang tua dan siswa sesegera mungkin setiap ada penundaan, pembatalan atau penutupan, memberi mereka banyak waktu untuk membuat rencana alternatif.

Pesan Mendesak
Sangat sulit untuk menghubungi orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya. Kadang-kadang ada situasi terjadi yang membutuhkan perhatian sesegera mungkin seperti jika seorang anak sakit, perlu dijemput atau terlibat dalam kecelakaan. Dengan SMS, Anda dapat menjangkau mereka dengan cepat dan dengan sedikit keributan. SMS dapat menyertakan semua fakta tentang insiden apa pun dan tingkat keparahannya.

Kontak staf
Pesan SMS juga dapat digunakan untuk tetap berkomunikasi dengan staf. Sebuah teks sederhana dapat membuat mereka tahu tentang acara mendatang atau untuk mengisi staf yang absen dengan cepat. Itu sangat penting sekali bahwa lembaga pendidikan menjalin hubungan yang kuat dengan orang tua murid karena ini secara langsung mempengaruhi kualitas layanan yang mereka berikan kepada siswa.

Pesan SMS jelas merupakan cara untuk menarik dan mempertahankan siswa dan orang tua di sekolah maupun universitas. Ini memberikan kejelasan bagi semua pihak dan pada akhirnya membuat lingkungan pendidikan lebih efisien. Siswa, staf, dan orang tua dapat mengambil manfaat yang besar dari platform SMS massal tersebut.

SMS API Melancarkan Komunikasi di Sektor Pendidikan

Era modern ini, hampir semua orang memiliki ponsel. Minimal untuk SMS dan telepon. Untuk memperluas jangkauan bisnis Anda, SMS API Apigo ini dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan dan pengalaman pelanggan terhadap Brand Anda.

Apigo Messaging terhubung dengan 5 operator telekomunikasi terbesar di Indonesia sehingga memudahkan Anda menjangkau orang tua murid yang tersebar. Dengan teknologi dari Apigo, Anda dapat mengembangkan proses bisnis Anda.