Komunikasi dengan SMS API untuk Kemudahan Proses Bisnis Anda | Apigo.id

Komunikasi dengan SMS API untuk Kemudahan Proses Bisnis Anda

Komunikasi dengan SMS API menghadirkan kemudahan untuk pelaku bisnis mengirimkan pesan pengingat, promosi dan berbagai informasi penting ke customer Anda secara efektif dan efisien.

Komunikasi di era teknologi informasi kian penting. Sekarang ini Anda mengenal website dan social media untuk menjangkau masyarakat luas untuk berpromosi dan menjalin customer support. Berbeda dengan dahulu, dimana kita mengenal kegiatan promosi melalui billboard dan koran, lalu proses customer support lewat panggilan telepon.

Era Sebelum dan Sesudah Hadirnya Internet

Perkembangan teknologi menghadirkan kemudahan dan cara kerja yang lebih cepat. Tahun ke tahun, kegiatan promosi dan customer support semakin beragam dan silih berganti. Handphone menghadirkan opsi komunikasi untuk promosi dan customer support yang hingga kini terus dijalankan.

Era sebelum hadirnya internet, kita mengenal pesan teks (SMS, MMS & USSD) dan panggilan telepon sebagai saluran komunikasi. Handphone dapat menjembatani komunikasi promosi dari perusahaan ke individu dan customer support antara perusahaan dan individu.

Setelah kehadiran internet, pelaku bisnis memiliki banyak opsi untuk mendekatkan diri dan menjalin hubungan dengan customer. Perlahan, kegiatan yang dahulu dilakukan secara manual, semua bergeser ke automasi dengan bantuan teknologi.

Misalkan kebutuhan notifikasi pengingat pembayaran tagihan sudah bergerak ke automasi. Secara manual, pengingat pembayaran tagihan akan dikirimkan satu per satu melalui pesan teks atau diingatkan melalui panggilan oleh tim customer support. Kini, pesan teks atau panggilan telepon bisa dilakukan oleh sistem.

Solusi Komunikasi dengan SMS API

Komunikasi dengan SMS API dapat memberikan solusi untuk Anda menerapkan automasi di dalam layanan Anda. SMS tidak hanya menyediakan saluran pengiriman informasi, SMS memiliki kelebihan yang dapat meningkatkan performa bisnis Anda.

Pertama, SMS memberikan open rate yang tinggi untuk pesan Anda sehingga pesan pengingat/reminder dapat diterima tepat waktu atau tidak sia-sia. Kedua, Jangkauan yang tidak terbatas dengan jenis telepon dan lokasi penerima pesan menjadikan pesan Anda dapat diterima oleh seluruh customer atau calon customer Anda.

Selain sebagai pengingat, SMS dapat diterapkan sebagai pesan notifikasi aktivitas mencurigakan dalam akun customer. Pesan ini penting mengingat dunia digital yang mampu diakses dari mana saja sehingga dibutuhkan pengiriman informasi yang real time.

Customer dapat langsung merespon pesan notifikasi yang dikirim melalui SMS API ke ponselnya masing-masing. Sekalipun pelanggan tidak sedang online, atau masih memiliki ponsel tipe lama yang tidak bisa online, mereka tetap dapat mengetahui aktivitas akun internetnya. Jika ada potensi yang mengancam akun mereka, pelanggan segera dapat mengatasi akunnya sendiri.

Komunikasi dengan SMS API sebagai notifikasi secara langsung dan personal, akan membuat pelanggan tidak kecewa dengan gangguan-gangguan yang terjadi di perusahaan Anda. Mereka akan memaklumi karena sudah dikabari terlebih dahulu.

SMS API sebagai notifikasi sangat memudahkan kita memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Komunikasi dengan SMS API sebagai notifikasi juga meningkatkan pengalaman dan memori pelanggan terhadap produk Anda. Sesuatu yang mudah diingat adalah hal yang paling sering dibeli.

Apigo Sebagai Penyedia Layanan SMS API

Apigo merupakan layanan SMS API, broadcast SMS dan SMS marketing yang dapat digunakan melalui integrasi API ataupun dashboard berbasis web yang dapat diakses dimana saja. SMS API bisa diintegrasikan dengan menggunakan REST API maupun SDK untuk iOS maupun Android. Sehingga, Anda bisa melakukan integerasi SMS API sebagai notifikasi secara mudah sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Apigo Messaging sebagai penyedia layanan SMS API terhubung langsung dengan 5 operator telekomunikasi, dilengkapi dengan custom SenderID dan infrastruktur yang mumpuni untuk bisnis Anda meningkatkan kualitas pelayanan terhadap customer Anda. Tentunya proses automasi akan menyederhanakan proses bisnis yang dijalankan dan memotong biaya investasi yang perlu dikeluarkan.