Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan SMS Gateway | Apigo.id

Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan SMS Gateway

SMS Gateway Adalah Platform yang Dapat Membantu Anda Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.

Larisnya sebuah produk ditentukan dari sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan puas dengan produk dan pelayanan Anda, mereka secara otomatis akan merekomendasikan produk Anda ke keluarga, kerabat, dan kolega. Mereka juga akan membeli produk Anda berulang kali, kepuasan terhadap produk membuat pelanggan menanti-nantikan inovasi selanjutnya.

Perusahaan perlu meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun sebelum memutuskan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, Anda perlu untuk mengetahui atau mengukur tingkat kepuasan pelanggan terlebih dahulu.

Menurut Kotler (2005) ada 4 cara untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan:

1. Sediakan Lapak Untuk Konsumen Berkeluh Kesah dan Memberikan Saran

Anda dapat menyediakan layanan customer service atau lahan sosial media, kotak saran di toko fisik, untuk menampung keluhan dan saran dari pelanggan.

2. Jadi Ghost Shopper, Untuk Mempelajari Kemampuan Kompetitor

Anda dapat berpura-pura menjadi pembeli ke usaha kompetitor, kemudian mempelajari produk mereka dan menganalisis apa saja yang membuat mereka suka dengan produk tersebut.

3. Analisis Pelanggan Lama Yang Tidak Aktif Lagi

Anda dapat menganalisis pelanggan lama yang tidak aktif lagi. Mengapa mereka tidak lagi membeli produk Anda? Apakah karena kecewa karena produk Anda memiliki kekurangan yang harus diperbaiki. Apakah karena kecewa dengan pelayanan yang diberikan? Atau karena memang daya beli konsumen sedang menurun. Untuk itulah penting bagi Anda mengetahui profil konsumen, agar dapat menganalisis

4. Lakukan Survei Kepuasan Pelanggan

Survei kepuasan pelanggan Anda yang membeli langsung. Bagaimana kepuasan mereka dengan produk Anda. Survei kepada pelanggan dapat Anda lakukan langsung setelah pelanggan melakukan pembelian produk, atau setelah beberapa kali pelanggan membeli produk Anda.

Proses Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Setelah Anda menganalisis sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan, Anda perlu menetapkan kebijakan perusahaan untuk dapat tingkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk. Berikut ini adalah cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang dapat Anda terapkan:

A. Evaluasi Produk dan Pelayanan yang Sebelumnya Diberikan Kepada Pelanggan

Anda perlu melakukan evaluasi terhadap produk dan pelayanan yang telah diberikan kepada pelanggan. Apakah produk sudah menjawab kebutuhan dan masalahnya pelanggan? Apakah pelayanan yang diberikan menyenangkan hati pelanggan? Semua harus diteliti dari berbagai sisi. Hasil evaluasi kepuasan pelanggan inilah yang akan menjadi pijakan Anda, untuk membuat program peningkatan kepuasan pelanggan.

B. Lakukan Inovasi Produk dan Layanan

Produk yang Anda jual kepada konsumen perlu diberikan inovasi secara berkala. Sesuatu yang sama terus secara berulang-ulang pasti akan membosankan, begitu pula konsumen yang membeli sebuah produk yang sama. Mereka akan bosan dan beralih ke produk kompetitor Anda. Maka dari itu penting bagi Anda melakukan inovasi produk dan layanan.

C. Menjalin Komunikasi Personal Dengan Pelanggan Melalui SMS

Menjalin komunikasi personal dapat meningkatkan rasa kedekatan pelanggan kepada produk Anda. Komunikasi personal yang dimaksud contohnya seperti ucapan selamat ulangtahun kepada pelanggan, ucapan hari raya besar, atau sekadar mengucapkan semangat pagi kepada pelanggan.

Mengapa lewat jalur SMS? SMS adalah layanan pesan teks yang tersedia di mobile apapun. Sekalipun pelanggan sedang tidak terkoneksi dengan internet, mereka tetap dapat menerima pesan Anda. SMS juga memiliki sifat yang lebih personal dibandingkan email yang memiliki kesan formal.

D. Memberikan Perhatian Lebih Kepada Pelanggan Dengan SMS Notification

Lupa adalah hal yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sebab itulah ada fungsi alarm di ponsel kita untuk mengingatkan. Begitu pula dengan pelanggan, yang mungkin kadang saja lupa dan butuh diingatkan lagi. Anda dapat mengirimkan SMS notification kepada pelanggan.

SMS notification merupakan SMS pemberitahuan tentang produk dan layanan, yang Anda kirimkan ke ponsel pelanggan. Misalnya, pemberitahuan tentang ganti pin atau password akun belanja e-commerce secara berkala, pemberitahuan ada event dari produk Anda, masa berlaku potongan harga, dan lain sebagainya.

E. Berikan Hadiah Berupa Souvenir, Bonus, atau Diskon

Memberikan souvenir, ucapan terimakasih, diskon, atau bonus untuk pelanggan juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan Anda. Berikan hadiah secara berkala dalam kurun waktu yang Anda tentukan sendiri. Eits, tapi jangan diberikan setiap hari ya. Nanti pelanggan merasa rishi, dan perusahaan bakal overbudget.

F. Evaluasi Proses Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Evaluasi sangat penting dilakukan dalam setiap proses pencapaian. Setelah Anda melakukan hal-hal di atas, ingat untuk evaluasi seberapa meningkatnya kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan Anda.

Apigo Partner SMS Gateway Anda

Bila pelanggan yang dimiliki hanya 2-3 orang, masih mudah untuk mengirimkan SMS kepada pelanggan. Bagaimana jika jumlah pelanggan Anda ada ratusan bahkan ribuan orang? Wah, pasti jari-jemari bakal pegal-pegal untuk mengetik semua pesan SMS satu persatu. Maka dari itu Apigo hadir sebagai partner SMS gateway Anda.

Bagi Anda yang belum mengenal, SMS gateway adalah sebuah platform yang dapat membantu Anda mengirimkan SMS ke banyak nomor pelanggan Anda, dengan waktu yang cepat dan massif. Dengan menggunakan teknologi Application Programming Interface (API), SMS dikirim melalui komputer ke nomor-nomor ponsel pelanggan.

Ada banyak fitur dan kemudahan yang dapat Anda peroleh dengan SMS gateway, seperti contohnya Anda dapat mengatur kapan pesan Anda dikirimkan, sender ID SMS dapat dimodifikasi sesuai dengan nama brand produk Anda sehingga bukan lagi nomor hp asing yang tampil, dan masih banyak lagi solusi yang tersedia dari produk Apigo SMS Gateway. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di laman berikut.