Kenali SMS Gateway dan Beragam Use Case untuk Bisnis Anda

Kenali SMS Gateway dan Beragam Use Case untuk Bisnis Anda

Short Message Service (SMS) sudah dikenal banyak orang, tapi tidak dengan SMS Gateway. Padahal, kegunaannya untuk mengembangkan bisnis begitu besar. Oleh sebab itu, penting untuk tahu SMS Gateway dan pemanfaatannya.

Pada dasarnya, SMS Gateway merupakan aplikasi yang membantu untuk mengirim dan menerima SMS. Namun, ada kelebihan khusus yang dimiliki sms gateway. Platform ini menyediakan mekanisme untuk penerimaan dan pengiriman SMS dalam jumlah besar. Jumlahnya pun dapat diatur sesuai kebutuhan. Dengan demikian, bisa dikatakan, smsgateway bersifat dua arah.

Berkat kemampuan tersebut, SMS Gateway bisa berarti penting bagi bisnis. Para pelaku usaha dapat memanfaatkannya untuk pengembangan usaha. Contohnya untuk promosi produk atau jasa, penyebaran informasi untuk pelanggan, hingga menyebar content.

Pemanfaatan SMS Gateway

SMS Gateway memungkinkan pelaku usaha melakukan broadcast message. SMS dikirim secara massal ke nomor-nomor yang ditarget. Jumlah maupun nama pengirim bisa disesuaikan sesuai keinginan. Upaya ini sangat cocok untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada konsumen.

Selain itu, smsgateway membuat sebuah institusi dapat mengirim SMS secara terjadwal. Ini berarti penting dalam mendekatkan diri dengan konsumen. Misalnya, perusahaan dapat mengirim pesan ucapan selamat ulang tahun kepada klien-kliennya. Langkah sederhana ini bisa menyentuh emosi pelanggan untuk lebih dekat dengan bisnis Anda.

SMS terjadwal dapat juga digunakan sebagai pengingat. Pelaku usaha dapat mengingatkan pelanggannya tentang jadwal tertentu seperti jatuh tempo pembayaran atau saat kunjungan ulang. Ini bisa pula digunakan sebagai appointment reminder. Namun, itu hanya contoh karena pebisnis bisa memakainya sesuai kreativitas masing-masing.

Pemakaian SMS dijamin akan mendekatkan diri dengan konsumen. Sebab, pelaku usaha juga dapat melakukan auto reply SMS. Dengan SMS Gateway, pelaku usaha dapat mendesain pesan otomatis yang merespons SMS pengguna. Kemampuan ini bisa diatur sesuai kata kunci atau relevansi sebuah pesan. Berkat ini, pelaku usaha bisa memberi kesan bahwa mereka ada setiap saat untuk pelanggannya.

Menarik sekali bukan? SMS Gateway jelas tidak bisa diabaikan. Apalagi SMS memiliki jangkauan yang sangat luas. Setiap ponsel bisa menerima dan mengirim SMS. Selain itu, tidak perlu paket data. Asalkan ada pulsa, SMS dapat diterima atau dikirim.

Untuk membuat SMS Gateway diperlukan sejumlah hal yang terkait seperti Short Message Service Center (SMSC).  Ini merupakan jaringan telepon seluler yang menangani pengiriman SMS. Ketika pesan dikirim, SMSC bertugas mengirimkannya ke nomor tujuan. Mekanisme tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengirim SMS melalui komputer, salah satunya yaitu melalui aplikasi berbasis web.

Apigo sebagai SMS Gateway

SMS Gateway membutuhkan keahlian dan tim khusus yang mengopreasikan aplikasi tersebut. Tentunya hal tersebut akan menambah pekerjaan. Anda membutuhkan layanan yang terintegrasi dan dapat diakses dimana saja.

Apigo adalah platform yang dapat memberikan solusi tersebut. Dengan koneksi langsung ke telco operator, Anda dapat menggunakan SMS lebih cepat dan mudah. Anda tidak memerlukan aplikasi tertentu, cukup membuka akun dan memiliki metode yang akan digunakan (prepaid/postpaid).

Sebagai telco API platform, Apigo membuka peluang Anda untuk terhubung dengan beragam produk telekomunikasi seperti SMS, USSD, Voice dan Digital Payment. Kami menyediakan beragam produk telekomunikasi atas kebutuhan bisnis sekarang ini yang ingin terus meningkatkan dan memperkaya layanan untuk customer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.