Mengenal Lebih Jauh Kebutuhan Pelanggan Anda dengan Customer Journey Mapping | Apigo.id

Mengenal Lebih Jauh Kebutuhan Pelanggan Anda dengan Customer Journey Mapping

Customer Journey Mapping penting untuk Anda menemukan pain points dan menentukan rencana pengembangan produk Anda.

Memahami customer adalah hal yang cukup menantang. Customer journey mapping Mengenal siapa customer Anda, apa yang disukai, bagaimana mereka menemukan bisnis Anda hingga pendekatan apa yang efektif untuk mereka adalah pekerjaan untuk menemukan customer Anda.

Disinilah Anda sebagai pelaku bisnis perlu memetakan perjalanan customer atau customer journey mapping (CJM). Melalui customer journey mapping, Anda akan mendapatkan visualisasi dimana saja customer akan berinteraksi dengan produk Anda. CJM dapat menjadi dasar penentuan strategi pengembangan produk dan komunikasi yang dibutuhkan.

Dikutip dari Salesforce, keuntungan dari customer journey mapping sebagai berikut:

  • Membantu Anda melihat dimana customer berinteraksi dengan bisnis Anda
  • Menetapkan fokus kepada kebutuhan sebenarnya customer disetiap tahap buying funnel.
  • Mengidentifikasi apakah customer journey bisnis Anda sudah sesuai dengan logical order.
  • Memberikan perspektif lain dari sales process Anda.
  • Menampilkan kesenjangan antara customer experience yang diinginkan dan apa yang sudah disajikan layanan Anda
  • Memberikan pertimbangan prioritas pengembangan produk
  • Memberikan Anda mana pengeluaran dan usaha yang perlu ditingkatkan untuk mencapai efektivitas.

Tahapan dalam Customer Journey Mapping

Langkap pertama adalah menentukan buyer persona atau siapa customer yang cocok dengan bisnis Anda. Hal ini akan memudahkan setiap strategi dan action plan yang akan Anda jalankan kedepannya, termasuk menentukan customer journey mapping bisnis Anda.

Setelah buyer persona sudah ditemukan, saatnya menyusun touchpoint apa dan dimana yang akan terjadi antara customer dan produk Anda. Touchpoint adalah setiap interaksi yang terjadi antara customer dengan produk Anda yang berhubungan keputusan penggunaan atau pembelian.

Sumber: https://www.invespcro.com/blog/six-steps-to-creating-the-complete-customer-journey-maps/

Dari gambar diatas, terdapat 5 tahap dalam customer journey map yang perlu Anda perhatikan. Setiap tahap penting untuk dieksekusi dengan baik, meskipun tahap itu adalah advocacy – dimana tahap purchase sudah dilewati.

Mengapa tahap advocacy penting? Tahap ini akan mempengaruhi bagaimana customer yang berhasil Anda akusisi akan tetap menggunakan atau tidak dan menjadikan customer Anda sebagai media promosi bisnis Anda karena kepuasan yang mereka dapatkan.

Temukan Pain Points Customer Anda

Setelah menentukan customer journey map yang sesuai dengan buyer persona dan kebutuhan bisnis, Anda harus mengevaluasi setiap layanan yang disediakan untuk customer. Hal ini penting untuk menetapkan prioritas pengembangan produk kedepannya. Beberapa pertanyaan yang dapat mengevaluasi produk Anda:

  • Apakah customer Anda mendapatkan yang diinginkan dari website Anda?
  • Saluran komunikasi apa yang tidak berjalan efektif? Mengapa?
  • Mengapa customer Anda tidak menyelesaikan pembayaran?

Beberapa pertanyaan diatas dapat menjadi dasar untuk menentukan pengembangan produk Anda kedepannya. Untuk menemukan jawaban dari setiap pertanyaan, Anda dapat memanfaatkan berbagai asset analytics tools yang tersedia. Misalkan bisnis Anda menggunakan website sebagai pusat aktivitas bisnis. Google analytics, Facebook insight dan berbagai tools gratis yang tersedia dapat digunakan untuk mengevaluasi dan menentukan kegiatan apa yang tepat.

Apigo Sebagai Solusi Meningkatkan Peforma Bisnis Anda

Apigo adalah penyedia solusi komunikasi dan pembayaran yang mudah dengan menggunakan Telco API. Bersama Apigo Messaging Anda dapat inovasi dengan pengiriman pesan lewat SMS API, SMS Broadcast dan SMS Marketing.

Dengan menggunakan teknologi Application Programming Interface (API), SMS dikirim melalui komputer ke nomor-nomor ponsel pelanggan. Ada banyak fitur dan kemudahan yang dapat Anda peroleh dengan SMS gateway, seperti contohnya Anda dapat mengatur kapan pesan Anda dikirimkan, sender ID SMS dapat dimodifikasi sesuai dengan nama brand produk Anda sehingga bukan lagi nomor hp asing yang tampil, dan masih banyak lagi solusi yang tersedia dari produk Apigo SMS Gateway.