Saatnya Kenali Customer di Indonesia Lebih Baik dengan SMS API | Apigo.id

Saatnya Kenali Customer di Indonesia Lebih Baik dengan SMS API

SMS sebagai saluran komunikasi menjadi solusi yang dapat menjawab tantangan geografis dan adaptasi teknologi masyarakat.

Internet dan smartphone telah memperkaya cara pelaku bisnis menjangkau customernya, termasuk customer di Indonesia. Menciptakan aplikasi untuk smartphone, membuat website, akun social media hingga beriklan adalah platform-platform untuk menjangkau customer. Semua dilakukan sesuai dengan profil customer yang diinginkan.

Pelaku bisnis dapat mengirimkan pesan paket promo dan informasi maintenance kepada customer melalui SMS, email, in-app notification ataupun media sosial. Semua aktivitas komunikasi dan promosi tersebut bergantung pada koneksi internet.

Pesan Anda akan bergantung pada koneksi internet customer Anda dan kemudahan customer untuk mencari informasi berbagai platform yang Anda sediakan untuk customer.

Sumber: wearesocial.com

Ketika bergantung pada internet, bagaimana keadaan penggunaan internet di Indonesia? Berdasarkan data dari We are Social, lebih dari 100 juta orang Indonesia tidak menggunakan internet. Hal ini dapat menjadi celah pesan tidak menjangkau customer yang diinginkan.

Kecepatan internet di Indonesia dapat menjadi pertimbangan selanjutnya untuk para pelaku bisnis. Kecepatan internet di Indonesia masih tertinggal dari rata-rata kecepatan internet di dunia.

Berdasarkan data dari Hootsuite, kecepatan rata-rata internet di dunia adalah 42,71 Mbps untuk internet kabel dan 22,16 Mbps, sedangkan di Indonesia rata-rata kecepatan internet kabel adalah 13,79 Mbps, sementara untuk mobile rata-rata memiliki kecepatan 9,82 Mbps.

SMS API untuk Mengenal Customer di Indonesia Lebih Baik

Sebagai saluran komunikasi yang sudah dikenal lama dan cenderung mendapat citra konvensional, SMS dapat memberikan solusi untuk menjangkau masyarakat Indonesia lebih baik.

Mengapa SMS lebih baik dibandingkan saluran komunikasi yang bergantung dengan internet?

  • Saluran komunikasi ini tidak memerlukan internet untuk dapat menerima pesan. Kendala customer di Indonesia menggunakan atau tidak internet dan kecepatan internet dapat dijawab dengan SMS.
  • SMS dapat diterima oleh berbagai tipe handphone, tidak bergantung pada smartphone. Ini akan memudahkan Anda menjangkau berbagai lapisan masyarakat Indonesia.
  • SMS API bukan SMS yang Anda kenal dari dahulu kala. Dengan teknologi API, Anda dapat mengintegrasikan sistem Anda dengan SMS sehingga tidak perlu manual mengirimkan ke masing-masing customer Anda. Pengiriman pesan dapat dilakukan dalam beberapa detik.

Setelah menentukan buyer persona dan memetakan customer journey (baca artikel sebelumnya di customer journey mapping), Anda dapat menggunakan SMS API untuk menjawab kebutuhan customer di Indonesia pada setiap touchpoint dengan bisnis Anda.

Maksimalkan Potensi SMS dengan Apigo Messaging

Bersama Apigo, Anda dapat berinovasi dengan SMS sesuai dengan kebutuhan Anda. Apigo Messaging menyediakan layanan SMS API, SMS broadcast dan SMS marketing.

SMS API adalah layanan pengiriman SMS yang dapat terintegrasi dengan sistem Anda lewat API. SMS API cocok untuk Anda yang ingin menerapkan otomatisasi dalam layanan informasi dan komunikasi. Cukup menambahkan 1 baris program di sistem aplikasi atau website Anda, SMS API sudah dapat Anda gunakan.

Jika Anda membutuhkan pengiriman SMS tanpa integrasi dengan API, Anda dapat menggunakan SMS broadcast. Layanan ini dapat digunakan untuk pengiriman massal ke database yang yang Anda miliki. SMS broadcast cocok digunakan untuk informasi internal dan loyalty program.

Sesuai dengan namanya, SMS marketing berguna untuk pelaku bisnis yang ingin melakukan kegiatan pemasaran dengan jangkauan yang luas dan open rate terbaik. Dengan memanfaatkan pengguna operator telekomunikasi yang tersebar, Anda dapat mengirimkan pesan sesuai dengan target yang Anda tentukan. Terdapat dua tipe target yaitu LBA atau location based advertising untuk mengirim pesan kepada penerima di lokasi tertentu dan PBA atau profile based advertising untuk Anda yang ingin mengirim pesan pada rentan umur dan jenis kelamin tertentu.

Dengan koneksi langsung ke 5 operator telekomunikasi terbesar di Indonesia (Telkomsel, XL, Indosat, 3 & Smartfren), peluang pesan Anda terkirim dan terbaca akan semakin efektif dengan SMS.