Kemudahan Registrasi dan Login dengan Nomor Handphone | Apigo.id

Kemudahan Registrasi dan Login dengan Nomor Handphone

Baik pengembang aplikasi dan user dapat merasakan dampak dari penggunaan nomor handphone sebagai registrasi dan login. Solusi registrasi dan login dengan nomor handphone sekaligus jaminan keaslian user.

Ketika kita menggunakan sebuah aplikasi, kita akan diminta untuk registrasi dan login pada aplikasi tersebut. Ada banyak alasan akan hal itu, aplikasi yang Anda gunakan berbayar, untuk memberikan penyesuaian content bagi user, mendapatkan data user untuk keperluan marketing, untuk informasi pembayaran, dan lain-lain.

Registrasi dan login ini kadang menjadi hal yang menjengkelkan bagi beberapa orang, sehingga hal ini harus diperhatikan oleh seorang pengembang aplikasi. Beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya, flow registrasi, tampilan form registrasi dan informasi yang membantu user mudah melakukan registrasi.

Jika tidak diperhatikan dengan baik, bisa jadi calon user tidak mau menggunakan aplikasi karena proses registrasi dan login yang dirasa bertele-tele. Beberapa hal yang bisa dilakukan optimasi pada halaman registrasi menurut UXdesign adalah: 

  1. Mintalah hanya informasi yang dibutuhkan.
  2. Jika memang membutuhkan banyak informasi? buatlah halaman yang berbeda.
  3. Gunakan Modal Form untuk form registrasi yang tidak mengganggu.
  4. Menggunakan sistem registrasi dari pihak ketiga.
  5. Gunakan headline yang menarik.
  6. Tempatkan placeholder text pada form.
  7. Sesuaikan kompleksitas password dengan kebutuhan.
  8. Terapkan user agreement.
  9. Detail namun tetap menarik.

Cara Mudah untuk Registrasi dan Login dengan Nomor Handphone

Selain memaksimalkan halaman registrasi, proses registrasi dapat dibuat lebih simpel dan mudah dengan memanfaatkan nomor handphone. Proses registasi ini semudah memasukkan nomor handphone, mengikuti proses otentikasi, lalu account user dapat digunakan.

Namun, proses registasi dengan nomor handphone ini memiliki kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan. Registrasi dengan nomor handphone hanya memerlukan satu informasi yang dimasukkan oleh user yakni nomor hanphone yang valid dan aktif. Setelah nomor handphone user terverifikasi maka user akan otomatis login pada aplikasi.

Nomor Telepon Seluler Mempermudah Transaksi Bisnis Anda
Ilustrasi login dengan nomor handphone | Apigo.id

Dua Opsi Penerapan Regisrasi dan Login dengan Nomor Handphone

Bagaimana dengan username dan password yang akan digunakan oleh user saat login dengan nomor handphone? Ada 2 opsi yang dapat digunakan dengan sistem registrasi ini.

Opsi pertama, nomor handphone hanya sebagai identitas di tahap registrasi. Pemalsuan identitas nomor handphone tidak semudah pembuatan akun email sehingga Anda dapat memastikan setiap user yang menginput data adalah benar. Inilah mengapa nomor handphone dapat menjadi opsi efektif proses registrasi.

Setelah user melakukan proses otentifikasi dengan memasukkan nomor unik yang dikirim via SMS, user dapat diarahkan ke halaman form registrasi untuk mengisi data seperti username dan password yang diinginkan user.

Setelah login, user segera diminta untuk memperbaharui informasi-informasi yang relevance seperti nama, email, alamat pada halaman profile. Berikan kompensasi agar user bersedia melengkapi datanya, kompensasi bisa berupa discount atau hal-hal yang dirasa bermanfaat untuk user.

Nomor handphone sebagai username sekaligus password dapat menjadi opsi kedua. Pada opsi ini, nomor handphone user akan berfungsi untuk proses registrasi dan login sehingga simpel dan memudahkan user untuk langsung menggunakan layanan Anda.

Dikarenakan nomor handphone dijadikan identitas untuk login, user harus melakukan proses otentifikasi setiap kali ingin login ke aplikasi. Dengan menerapkan ini, keamanan setiap akun user akan terjamin karena password hanya bisa akses oleh handphone user.

Aplikasi apa saja yang sudah mengimplementasikan hal ini? Ternyata sudah cukup banyak aplikasi yang mengimplementasikan registrasi dan login dengan no handphone. Umumnya aplikasi yang terdapat transaksi di dalamnnya sebagai contoh JD.ID, Gojek, Tokopedia, LinkAja.

Keuntungan Registrasi dan Login dengan Nomor Handphone

Hal yang paling utama dengan registrasi menggunakan nomor handphone adalah kecepatan. User tidak perlu memasukkan alamat email, nama, maupun password yang terkadang sering salah. Tentu hal ini akan memberikan customer experience yang lebih menarik.

Kedua, verifikasi nomor handphone bisa dilakukan nyaris saat itu juga, pengiriman SMS OTP hanya membutuhkan waktu 5-10 detik. Bagusnya lagi, SMS bisa langsung dibaca oleh aplikasi sehingga user tidak lagi repot untuk memasukkan OTP yang diterima.

Menurut We Are Social pada tahun 2018 Indonesia memiliki 132,7 juta orang pengguna internet dan 177,9 juta pemilik nomor handphone. Hal ini memberikan sedikit gambaran bahwa penduduk Indonesia lebih familiar menggunakan SMS dibandingkan dengan email. Tentu saja ini akan memberikan kemudahan tersendiri bagi user yang kurang familiar dengan email.

Customer Experience yang Lebih Baik Bersama Apigo

Hal yang harus diperhatikan jika ingin mengimplementasikan hal ini adalah reliabilitas dari SMS provider Anda. Jangan sampai ketika user sudah memasukkan nomor handphone namun OTP tidak diperoleh user. Jika hal ini sampai terjadi pasti user akan merasa jengkel dan sulit untuk diminta mengulang proses registrasinya kembali.

Pengiriman OTP dengan menggunakan SMS bisa dilakukan dengan mudah dengan koneksi API yang disediakan Apigo. System backend yang berdiri pada infrastruktur datacenter rated-3 menjamin reliabilitas sistem Apigo.