Jalin Kedekatan dengan Customer melalui SMS API | Apigo.id

Jalin Kedekatan dengan Customer melalui SMS API

Kedekatan Customer terhadap Brand Produk Menciptakan Loyalitas

Mendapatkan pembeli baru itu penting, namun merawat pelanggan yang pernah membeli produk tidak kalah pentingnya. Dengan perawatan pelanggan yang tepat, loyalitas customer terhadap brand produk Anda dapat terbangun dengan baik. Customer yang loyal, secara otomatis akan selalu membeli produk Anda. Oleh sebab itu Anda perlu jalin kedekatan dengan customer.

Nah, berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menjalin kedekatan dengan customer:

1. Pilih Pelanggan yang Ingin Anda Jalin Kedekatan dengan Customer

Anda perlu memilih pelanggan yang mana, yang akan Anda jalin kedekatannya. Pelanggan potensial ini adalah mereka yang berpotensi untuk membeli produk Anda berulang kali. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kedatangan pelanggan, intensitas akun belanjanya, barang yang dibeli, dan lain sebagainya. Maka dari itu, perlu bagi Anda mendapatkan data basic yang dimiliki pelanggan, seperti nomor ponsel dan email.

Pelanggan yang Anda pilih tidak harus “pelanggan yang sudah membeli” produk berkali-kali. Pelanggan yang baru membeli produk pun juga dapat dibangun kedekatannya dengan brand produk. Namun, Anda tetap harus dapat menganalisis pelanggan baru yang memiliki potensi untuk loyal. Agar sumber daya yang Anda kerahkan untuk jalin kedekatan dengan customer, tidak terbuang sia-sia.

2. Tentukan Nilai Brand Produk yang Ingin Anda Tawarkan

Sebuah kedekatan dapat terjalin jika konsumen memegang value atau nilai yang sama dengan brand. Misalnya, brand mengangkat nilai-nilai kreativitas, dan di saat yang bersamaan konsumen juga meyakini nilai tentang kreativitas. Kesamaan inilah yang membuat konsumen merasa dekat dengan produk. Orang-orang yang memiliki kesamaan nilai akan lebih mudah saling menyukai. Oleh sebab itu, pilihlah value produk yang sekiranya dimiliki oleh pelanggan Anda.

3. Pilihlah Media Komunikasi yang Tepat untuk Jalin Kedekatan

Kedekatan dapat dibangun dengan komunikasi personal yang baik. Anda dapat menggunakan SMS API sebagai media komunikasi untuk jalin kedekatan dengan customer.

Apa itu SMS API?

SMS API atau Short Message Service Application Programming Interface, adalah pesan SMS yang dikirim melalui mesin yang diprogram untuk mengirimkan pesan secara otomatis. Anda dapat membuat sender ID sesuai dengan nama brand, dan mengirim pesan secara singkat, cepat, dan massif tanpa perlu mengetik manual.

Kenapa Menggunakan Media SMS?

SMS adalah alat komunikasi teks default yang berada di setiap ponsel. Anda dapat mengirimkan pesan kepada pelanggan, apapun jenis ponsel yang mereka gunakan. Selain itu, SMS juga bersifat personal dibandingkan dengan sosial media yang sifatnya jauh lebih umum. SMS memiliki potensi dibaca oleh pelanggan jauh lebih besar dibandingkan media selainnya. Berdasarkan penelitian media marketing, bahwa SMS memiliki open rate sebesar 94% dibandingkan email.

Keterbatasan karakter SMS, dapat menantang Anda menuliskan pesan singkat padat dan jelas. Pesan yang seperti itu akan lebih mudah dipahami secara keseluruhanm dibandingkan pesan iklan yang bertele-tele. Pesan iklan terlalu panjang cenderung lebih mudah di-skip oleh pelanggan. Anda dapat mengirim SMS kepada pelangan dengan mudah, dengan menggunakan jasa layanan SMS Gateway atau SMS API dari Apigo.

Apigo dapat membantu Anda mengirimkan pesan SMS secara singkat, cepat, massif, dan otomatis. Melalui mesin komputer, yang dikirimkan kepada pelanggan, sehingga Anda tidak perlu repot secara manual mengirimkan pelanggan pesan SMS. Untuk mempelajari berbagai solusi dari produk Apigo, Anda dapat mengunjungi link berikut ini.

4. Perhatikan Bentuk Konten Anda, Sesuai dengan Karakter Pelanggan atau Tidak

Konten atau pesan yang akan Anda berikan kepada customer, untuk menjalin kedekatan, perlu menggunakan bahasa akrab yang sedang hits kekinian. Selain itu, bahasa yang digunakan juga harus sesuai dengan karakter pelanggan Anda. Jika Anda menggunakan bahasa yang terlalu formal untuk pelanggan anak muda, tentu tidak akan muncul titik temu untuk jalin kedekatan. Maka dari itu, Anda perlu untuk update bahasa atau julukan sesuai dengan tren yang sedang berkembang.

5. Bangun Sistem Kepuasan Pelanggan

Sistem kepuasan pelanggan perlu dibentuk agar pelanggan puas dan mau membeli lagi. Kepuasan ini juga dapat berdampak pelanggan merekomendasikan produk ke orang terdekat tanpa diminta. Membangun kepuasan pelanggan dimulai dari kualitas produk yang Anda tawarkan. Kemudian bentuk-bentuk pelayanan yang membuat pelanggan senang membeli brand Anda.