Integrasi API Gateway untuk Komunikasi dan Transaksi yang Lebih Mudah

Integrasi API Gateway untuk Komunikasi dan Transaksi yang Lebih Mudah

Teknologi integrasi API gateway memberikan babak baru dari sistem komunikasi dan transaksi untuk manusia. Sistem komunikasi dan transaksi telah ada dan berkembang sejak dulu hingga kini.

Perkembangan sistem transaksi mulai dari barter hingga kita dengan teknologi patut disimak karena menggambarkan teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia. Salahsa satunya, integrasi API Gateway dapat membuat komunikasi dan transaksiĀ semakin mudah dilakukan oleh pelaku bisnis.

Hasrat memenuhi kebutuhan membuat manusia melakukan transaksi. Dahulu kala, barter dilakukan. Orang melakukan pertukaran barang yang dibutuhkan dengan yang dimilikinya. Sistem ini ditengarai sudah ada sejak tahun 9000 Sebelum Masehi (SM) di Mesir.

Setelah itu, alat tukar mulai hadir. Pada 1100 SM, orang-orang di Tiongkok diketahui membuat replika barang-barang kecil dari perunggu sebagai sarana pertukaran barang. Dari situlah cikal-bakal transaksi menggunakan uang hadir.

Akan tetapi, baru sekitar tahun 600 SM, uang akhirnya muncul. Sarana transaksi ini diketahui dibuat pada masa Raja Alayttes di Turki dan berbentuk koin.

Sesudahnya, jenis-jenis uang yang memudahkan transaksi berkembang. Salah satu momen penting terjadi pada tahun 1661. Kala itu, setelah berkelana dari Tiongkok, petualang asal Italia, Marco Polo, mengeluarkan ide bagi masyarakat Eropa untuk menggunakan uang kertas.

Kehadiran uang kertas menjadi tonggak penting sistem transaksi keuangan. Sarana pertukaran itu masih dipakai hingga kini. Namun, bukan berarti, uang tidak berkembang. Kehadiran kartu kredit yang diciptakan oleh John Biggins pada 1946 merevolusi sistem transaksi. Sejak saat itu, transaksi menggunakan uang giral mulai hadir.

Bersamaan dengan itu, teknologi juga terus berkembang. Lonjakan terlihat begtu pesat di sektor teknologi komunikasi. Hal tersebut sangat terasa dalam 20 tahun terakhir.

Bukti termudah terlihat dari posisi telepon genggam yang berkembang menjadi lebih dari sekadar alat komunikasi. Handphone bisa digunakan untuk apa pun, termasuk dengan melakukan transaksi keuangan. Hal tersebut dimungkinkan karena perkembangan teknologi seperti 1G, 2G, 3G, hingga 4G kian memudahkan segalanya.

Bibit Kolaborasi Integrasi API Gateway

Perkembangan teknologi ikut pula memengaruhi transaksi keuangan. Kali ini, sarana komunikasi tidak bisa terpisah lagi dari mereka. Bibit kolaborasi antara keduanya hadir. Hal itu ditandai dengan kehadiran mobile banking pertama pada 1999 di Eropa yang diteruskan dengan sistem pembayaran tanpa kartu pertama yang hadir di Britania Raya pada 2008.

Akan tetapi, sistem pembayaran tersebut masih tergantung dengan perbankan. Agar bisa melakukannya, pelaku harus memiliki rekening di salah satu bank.

Kehadiran API bisa menjadi solusi baru. Dengan integrasi APIĀ gateway yang tepat, transaksi keuangan bisa dilakukan tanpa tergantung dengan institusi perbankan. Dengan kata lain, kolaborasi transaksi keuangan dan komunikasi makin mudah.

Ini jelas memberi peluang besar bagi para pelaku usaha. Mereka dapat memanfaatkan sarana komunikasi untuk mendorong transaksi. Cara yang dilakukan ialah dengan memanfaatkan layanan Telco API untuk mempermudah transaksi.

Ingat, saat ini konsumen ingin kemudahan. Mereka mau bertransaksi tanpa repot. Jika bisa memanfaatkan tren tersebut, kinerja bisnis bisa terangkat.

Meski begitu, tidak mudah melakukan integrasi API gateway. Diperlukan pihak yang kompeten dalam melakukannya. Oleh karena itu, penting untuk memilih jasa layanan API gateway yang mumpuni ketika ingin menjalankan koneksi API gateway.

Apigo hadir untuk memudahkan banyak pihak. Penyedia jasa layanan API gateway terpercaya ini memberi kemudahan baik bagi operator seluler, pemilik produk, maupun end user untuk menyambut teknologi transaksi masa depan.

Hal tersebut dimungkinkan karena Apigo mempunyai beragam jenis layanan API gateway mulai dari messaging, API voice, backend as a service, hingga sistem pembayaran Digipay. Semua itu memudahkan pelaku usaha seperti Anda. Transaksi keuangan dapat dilakukan tanpa harus tergantung dengan perbankan. Itulah yang akan menjadi tren pada masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.