Fakta SMS LBA yang Perlu Anda Ketahui. Temukan di apigo.id/blog/

Fakta SMS LBA yang Perlu Anda Ketahui

SMS LBA sebagai alternatif tools marketing yang dapat menguntungkan bisnis Anda.

Anda pasti familiar dengan SMS atau Short Message Service. Layanan ini menjadi default komunikasi pesan teks yang hadir sejak pertama kali ponsel ditemukan, hingga sekarang ponsel memiliki ragam yang berkembang. Walaupun kini sudah ada berbagai aplikasi pesan teks untuk berkomunikasi, SMS tetap menjadi andalan, sebab tidak membutuhkan jaringan internet. Bagaimana dengan SMS LBA, apakah Anda sudah mengenalnya?

Tidak hanya ponsel saja yang mengembangkan berbagai fitur, SMS juga memiliki perkembangan fungsi. Salah satunya adalah SMS Location Based Advertising (LBA). SMS LBA merupakan pesan teks yang dikirimkan ke ponsel seseorang berdasarkan target lokasi. Pesan yang dikirim berupa konten marketing yang telah didesain sedemikian mungkin sesuai kepentingan pengusaha bisnis.

Pernahkan Anda mendapatkan pesan promosi diskon, dari tempat makan yang berada di dekat rumah atau kantor? Jika pernah, pesan yang Anda peroleh adalah salah satu contoh fakta SMS LBA.

Untuk mengenal SMS LBA lebih lanjut, berikut berbagai fakta SMS LBA yang perlu Anda ketahui:

1. SMS Dikirim Berdasarkan Lokasi yang Ditarget

Pengirim SMS memanfaatkan lokasi keberadaan ponsel, yang sesuai dengan coverage Base Transceiver Station (BTS) provider pada jaringan operator. Pengirim harus memperoleh informasi lokasi target penerima SMS pada waktu tertentu, bekerja sama dengan operator nomor ponsel. Sinyal yang diperoleh melalui coverage BTS provider akan membaca di mana saja sumber lokasi nomor ponsel. Nomor-nomor yang terdeteksi tersebut akan menjadi target penerima SMS LBA.

2. Keamanan Data Konsumen Tetap Aman

Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, bahwa pesan yang dikirim berdasarkan sinyal lokasi pengguna ponsel. Di sini tidak ada unsur jual-beli data, melainnya teknologi dapat membaca nomor ponsel berdasarkan sinyal di lokasi tertentu. Saat ini ponsel sudah terintegerasi dengan keberadaan lokasinya. Sehingga, data pemilik ponsel tetap aman disimpan oleh operator.

3. Menjadi Alternatif Media Promosi Paling Efektif

Fakta SMS LBA lainnya yakni, berdasarkan perbandingan dengan email, SMS memiliki open rate atau potensi dibaca penerima pesan sebesar 98%. SMS juga akan dibuka kurang dari 3 menit. Hal ini menjadi peluang untuk mempromosikan brand bisnis Anda.

Location Based Advertising sebagai SMS Marketing – Apigo.id

Anda dapat mencantumkan berbagai promo dan diskon kepada calon pelanggan melalui SMS LBA. Layanan ini juga dapat mengajak pelanggan datang ke toko offline Anda.

Sebagai contoh, Anda memiliki usaha toko makanan, agar tetap ramai pengunjung, Anda dapat mengirimkan SMS LBA kepada pemilik ponsel yang berada di sekitar toko makanan Anda. ssehingga mereka jadi tertarik untuk berkunjung ke toko makanan Anda.

4. SMS Tidak Dikirim Secara Manual dan Acak

Pesan dikirim ke nomor ponsel yang berada di sasaran lokasi. Tidak dikirim asal ke nomor dengan acak. Sehingga, pesan dapat diterima, kemudian dibaca oleh pelanggan sesuai dengan target lokasi.

SMS LBA juga tidak dikirim secara manual, alias mengetik pesan melalui ponsel, kemudian mengirim ke banyak nomor satu persatu. SMS LBA menggunakan mesin aplikasi, sehingga Anda dapat dengan mudah dan cepat mengirimkan pesan promosi.

5. Harga dan Layanan SMS LBA Bervariasi

Fakta SMS LBA lainnya yaitu memiliki harga dan layanan yang bervariasi. Untuk dapat mengaksesnya, Anda perlu bekerja sama dengan vendor yang melayani jasa distribusi SMS LBA. Ada banyak sekali vendor layanan SMS LBA, dan masing-masing memiliki hargadan layanan yang berbeda-beda. Salah satu vendor yang dapat Anda hubungi untuk memperoleh SMS LBA adalah Apigo.

Apigo adalah Platform API Gateway, yang memudahkan integrasi berbagai aplikasi dan website dengan operator telekomunikasi melalui API. Apigo memiliki layanan SMS LBA yang dapat Anda gunakan untuk melancarkan bisnis. Untuk mempelajari lebih lanjut apa saja produk Apigo, dan apa saja yang dapat menjadi solusi bagi bisnis, Anda dapat mengunjungi link berikut ini.

Nah, sekian fakta-fakta tentang SMS LBA. Telah terpaparkan dengan jelas berbagai fakta SMS LBA, dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih ramai. Anda dapat promosikan produk langsung kepada konsumen yang sesuai dengan sasaran lokasi. Selamat mencoba!