Fakta-fakta Menarik Layanan SMS Ini Perlu Anda Ketahui

Fakta-fakta Menarik Layanan SMS Ini Perlu Anda Ketahui

Layanan SMS mati? Rumor mengatakan SMS sudah tidak laku lagi. Benarkah demikian?

Apakah Anda ingat pertama kali rasanya menerima pesan SMS? Takjub? Senang? Ingin terus berkirim pesan? Layanan SMS atau Short Message Service, merupakan perangkat dasar dari setiap ponsel.

SMS adalah kawan pertama kita dalam dunia pesan teks. Konon, katanya layanan SMS ini mulai redup cahayanya, sebab banyak orang yang tidak menggunakan jasanya lagi, kemudian beralih ke aplikasi pesan teks online. Benarkah demikian? Coba simak dulu fakta-fakta berikut ini:

1. Pesan SMS Pertama di Dunia

Pesan SMS pertama dikirim oleh engineer asal inggris, Neil Papworth pada tanggal 3 Desember 1993. Pesan ini dikirim dari komputer ke ponsel. Pesan tersebut merupakan ucapan sederhana “Merry Christmas”.

2. SMS Ada di Mana-mana, dan juga Mobile Friendly!

Setiap ponsel memiliki basic device, yakni SMS. Selain terdapat di setiap ponsel, sehingga mudah dibawa ke mana saja. Layanan SMS dikirim melalui jaringan telco, yang mana sebagian besar sudah tersebar hampir di seluruh dunia.

Berbeda dengan email atau aplikasi chat lainnya yang bergantung pada konteksi data. Ponsel tidak selalu terkoneksi dengan data yang aktif atau jaringan yang kuat.

3. Ternyata Twitter Terinspirasi dari SMS!

Jejaring sosial Twitter terinspirasi dengan jumlah karakter maksimal SMS. Twitter terbatas pada 140 karakter, sedangkan SMS 160 karakter. Jumlah karakter ini sangat efektif untuk menyampaikan pesan singkat, padat, dan jelas. Pesan akan langsung tepat sasaran, tidak bertele-tele. Hal ini menjadi peluang bahwa SMS dapat optimal digunakan dalam dunia marketing.

4. Banyak Pengguna SMS Mengirim Pesan Singkat-singkat

Dahulu, harga SMS pernah dihitung seharga 1 rupiah per karakter. Harga ini jadi murah jika pengguna ponsel mengirim pesannya singkat-singkat. Namun, jika pesan yang disampaikan 1000 karakter, maka harga SMS jadi sangat mahal.

Awal kali ponsel digunakan untuk SMS masih berbentuk 9 tombol. Anda harus mengetik satu tombol berulang-ulang untuk mengetikkan satu huruf. Harga SMS yang mahal dan sedikitnya tombol untuk mengetik pesan, membuat pengguna ponsel jadi terbiasa menulis pesan singkat-singkat agar cepat dan murah.

5. Jumlah Pengiriman SMS di Seluruh Dunia

Berdasarkan Pew Researh Center, sekitar 8,3 triliun pesan sms dikirim dari seluruh dunia, pada tahun 2015. Berarti, dalam sehari terdapat 16 juta sms per menit. Hal ini membuktikan bahwa komunikasi SMS masih relevan untuk digunakan dalam kegiatan marketing.

6. User Respons Cepat Setiap Notifikasi Masuk

Sejak 1992, SMS menjadi gebrakan dalam komunikasi teks. Setiap kali menerima pesan teks dan saling berbalas, sudah menyenangkan bagi pengguna, walaupun tidak bertatap muka. Hal ini membentuk kebiasaan baru untuk senantiasa memeriksa notifikasi ponsel.

Setiap pengguna akan secara otomatis membuka ponsel dengan cepat, apabila ada notifikasi pesan yang masuk. Selain itu, layanan SMS memiliki open rate atau potensi dibaca sebesar 98%. Membuktikan bahwa pengguna ponsel akan membaca pesan secara cepat sejak pertama kali pesan diterima di ponsel.

7. Jangkauan Kirim SMS yang Luas

SMS dapat dikirim dengan jangkauan demografi yang lebih luas. Apapun jenis ponselnya, pasti dapat menerima pesan SMS. Ini adalah keuntungan dan peluang untuk melakukan aktivitas marketing. SMS Marketing dapat dijangkau oleh setiap orang.

  • Berfungsi Sebagai Payment Reminder

Layanan SMS juga dapat Anda gunakan untuk payment reminder. Apa itu payment reminder? Payment reminder adalah pengingat tagihan yang harus dilunasi oleh pelanggan. Untuk selengkapnya, Anda bisa pelajari lebih lanjut di sini.

  • Penerima SMS Dapat Ditarget

Promosi yang efektif adalah yang memiliki target jelas. Kepada siapa saja pesan SMS promosi ini diterima. Nah, SMS juga dapat menargetkan siapa saja penerimanya.

Melalui sistem Application to Person (A2P), Anda dapat mengirim pesan SMS Location Based Advertising (LBA) atau SMS Profil Based Advertising (PBA). Apigo merupakan salah satu layanan distribusi SMS berdasarkan A2P. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk-produk berbasis A2P, Anda dapat melihat berbagai solusi dan produk dari Apigo dengan klik link berikut.

Jalin Komunikasi Personal Dengan Pelanggan

Pesan SMS dikirim secara personal, langsung diterima di ponsel pribadi pelanggan. Pesan ditujukan langsung kepada pelanggan. SMS marketing ini juga dapat membangun hubungan personal bersama pelanggan. Pelanggan akan merasa jadi lebih dekat dengan brand.