Digitalisasi Mendorong Pemanfaatan Koneksi API Gateway

Digitalisasi Mendorong Pemanfaatan Koneksi API Gateway

Dunia telah berubah. Perkembangan dunia digital begitu pesat. Hal itu berdampak pula bagi pemanfaatan koneksi API gateway yang semakin marak.

Saat ini, digitalisasi terjadi di semua sektor. Perubahan dari analog ke digital semakin kentara. Pemicu terbesarnya adalah kehadiran internet. Kini internet dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja melalui perangkat seperti smartphone atau komputer personal didukung dengan teknologi terkini dari koneksi API Gateway yang memudahkan.

Kondisi itu memberi dampak besar bagi apa pun, tidak terkecuali dunia usaha. Lanskap bisnis ikut berubah karena itu semua. Akibatnya tuntutan untuk berubah mengikuti perkembangan zaman semakin besar.

Pelaku bisnis akhirnya berlomba-lomba untuk melakukan transformasi digital. Hal itu terlihat dengan jelas. Salah satunya ditunjukkan dari data dalam The State of APIs Report yang mencatat perkembangan bisnis selama tahun 2014 hingga 2017.

Laporan itu menyebutkan berbagai perusahaan di dunia mulai melakukan perubahan mengikuti digitalisasi yang terjadi. Cara yang dilakukan ialah mengadopsi Application Programming Interface (API) dalam bisnisnya masing-masing.

Adopsi di Berbagai Industri

Perkembangannya begitu pesat. Hal itu tergambar dari peningkatan traffic API selama kurun waktu tersebut. Tercatat pertumbuhannya per tahun mencapai 2,8 kalinya dibanding tahun sebelumnya.

Lebih menarik lagi, pemanfaatannya  tidak hanya dibatasi oleh bidang industri tertentu saja. Berbagai sektor mulai dari teknologi, consumer goods, information service, media, hingga retail sama-sama memanfaatkan API. Namun, dari semuanya, tiga bidang yang disebutkan terakhir paling mendominasi. Sekitar 73 persen pemanfaatan jasa layanan API gateway mereka lakukan.

Mengapa berbagai perusahaan berlomba? Mereka melakukannya karena ingin meningkatkan kemampuan bisnisnya melalui channel partner dan inisiatif pembentukan ecosystem.

Putusan itu terbilang tepat. Hasil yang dipetik ketika berhasil menjalankan integrasi yang apik sangat besar. The Strategic Value of APIs menyebutkan sejumlah perusahaan mampu meningkatkan kinerja bisnisnya dengan pesat.

Sebagai contoh adalah Salesforce.com yang mampu mendongkrak revenue hingga 50 persen berkat pemanfaatan koneksi API gateway. E-bay lebih baik. Mereka sanggup mengangkat pendapatan hingga 60 persen. Namun, pencapaian luar biasa diraih oleh Expedia yang mampu menembus peningkatan revenue sampai 90 persen setelah mengadopsi API dalam bisnisnya.

Melihat jejak kesuksesan tersebut tentu banyak pihak yang tertarik untuk memanfaatkan API dalam bisnis. Namun, sampai saat ini, pelakon utamanya masih berada di kawasan Amerika Serikat yang mencapai 65 persen. Mereka disusul oleh perusahaan Eropa yang menembus angka 32 persen.

Bagaimana dengan Asia? Pemanfaatan koneksi API gateway di sini masih kecil. Per 2015, jumlahnya baru mencapai tiga persen. Padahal, manfaat yang ditawarkan sangat besar.

Tren Pemanfaatan API

Namun, karena sudah banyak yang tahu tentang kegunaannya, belakangan pemanfaatan API kian marak. Perusahaan yang mengadopsinya tidak mau tertinggal dalam perkembangan teknologi yang sedemikian cepat.

ProgrammableWeb memperlihatkan fakta peningkatan tren pemanfaatan API. Mereka mencatat pada 2017 sudah ada 2.294 API baru di dunia. Jumlah itu meningkat pesat dari kondisi pada 2014. Selama itu, tahun mereka menemukan pertumbuhan pemanfaatan koneksi API gateway mencapai 2.000 buah setiap tahun.

Kalau ditotal, sejak 2014, pertumbuhan koneksi API gateway anyar sampai awal Februari 2018 mencapai 8.240. Jika dirinci, per tahun ada 2.060 API baru. Jumlah itu menembus angka 172 per bulan.

Melihat fakta diatas, inilah waktu yang tepat untuk terhubung dengan telco API platform yang advanced, Apigo. Dengan direct connection dengan telco operator, Anda akan merasakan kecepatan, kemudahan integrasi dan beragam inovasi bisa Anda lakukan bersama Apigo. Pelajari lebih lanjut tentang produk Apigo disini dan hubungi tim kami jika ada kebutuhan untuk berinovasi dengan Telco.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.