Contoh SMS Penagihan Pembayaran yang Dapat Anda Terapkan | Apigo.id

Contoh SMS Penagihan Pembayaran yang Dapat Anda Terapkan

Menyusun pesan yang tepat jitu untuk menagih pembayaran gampang-gampang susah. Berikut ini ulasan membuat pesan penagihan untuk industri finance dan toko retail online.

SMS penagihan pembayaran sangat berguna dalam industri finance dan retail online, untuk menagih sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh pelanggan kepada perusahaan. Namun, apabila pesan dikirim tidak disampaikan secara halus dan sopan, tentu pelanggan dapat antipati dengan perusahaan, dan enggan melakukan pembelian. Di sisi lain, jika perusahaan tidak ada tindakan tegas dalam melakukan penagihan, tentu juga akan sulit memperoleh pendapatan.

Dilema Perusahaan Finance dalam Melakukan Penagihan

Bergerak dalam industri finance, peminjaman uang, atau pemberian kredit kepada pelanggan menjadi hal yang gampang gampang susah, untung untung rugi. Perusahaan akan memperoleh keuntungan apabila nasabah atau kreditor membayarkan sejumlah dana secara tepat waktu dan tidak menunggak. Jadi kerugian apabila nasabah tidak membayarkan cicilan atau pembayaran, disebabkan karena lupa atau karena memang disengaja.

Dilema Toko Retail Online dalam Melakukan Penagihan

Tanpa penjualan yang terus meningkat, tentu perusahaan akan kesulitan dapat untung. Sudah bersusah payah melakukan berbagai metode promosi, namun tetap saja buntung. Keuntungan dapat diperoleh apabila pelanggan yang melakukan pemesanan di toko online Anda, langsung closing dan membayar sejumlah uang sesuai dengan pemesanan.

Persamaan Perusahaan Finance dan Toko Online dalam Melakukan Penagihan

Ada dua hal yang menjadi kesamaan antara toko online dengan perusahaan kredit finance. Pertama penagihan pembayaran yang sulit, sehingga keuntungan tidak segera datang. Kedua, akses komunikasi dan konten untuk melakukan penagihan pembayaran.

Anda dapat menggunakan media SMS untuk melakukan penagihan pembayaran. SMS tersedia di dalam setiap jenis perangkat ponsel, serta memiliki jangkauan yang lebih luas, dibandingkan alat komunikasi yang membutuhkan internet. SMS dapat menjadi salah satu media efektif untuk melakukan penagihan pembayaran.

Contoh SMS Penagihan

Berikut ini Adalah Contoh-contoh Pesan Tagihan untuk Pelanggan yang dapat Anda Terapkan:

1. Tagihan PayLater
Contoh SMS PayLater:
Pelanggan Yth. Tagihan PayLater Anda Rp 3.693.342 jatuh tempo 10 Desember 2019 dengan pembayaran minimum Rp. 1.231.114 . Konfirmasi jika sudah membayar. Info: 021 0982xxxx
2. Tagihan Pemesanan Online
Contoh SMS Tagihan Pemesanan Online:
Pelanggan Yth. 24 jam lagi batas pembayaran tagihan pemesanan Anda sebesar Rp 250.000. Segera bayar, agar tidak hangus
3. Tagihan Cicilan Barang
Contoh SMS Tagihan Cicilan Barang:
Pelanggan Yth. Jatuh tempo cicilan motor Anda adalah tanggal 1/10/2019 sebesar Rp 312.000. Harap Segera Dilunasi. Terima Kasih
4. Tagihan Kredit
Contoh SMS Tagihan Kredit:
Kepada yth Bpk/Ibu ANONIM dengan nomor kredit 20025 kami belum menerima pembayaran angsuran sebesar Rp 250.000 yg jatuh tempo seminggu lalu, mohon utk segera dibayarkan.
APIGO FINANCE

Prinsip Dasar Pesan Penagihan

Pada dasarnya, setiap pesan SMS penagihan pembayaran memiliki pola yang sama. Pemilihan diksi dapat disesuaikan dengan kreativitas dan target konsumen Anda. Berikut prinsip pesan SMS Penagihan:

Yth [nama]
Kami informasikan tagihan Anda sejumlah [angka]
Pembayaran harap dilakukan sebelum tanggal [jatuh tempo]
Terima kasih / bisa ditambahkan asal lembaga.

Apigo Sebagai Distributor Pesan Penagihan Pembayaran Anda

Apigo Messaging merupakan layanan SMS gateway yang dapat membantu Anda, untuk mendistribusikan SMS penagihan kepada pelanggan dengan dengan cepat dan mudah. Anda dapat menggunakan masking, atau mengganti nama pengirim dengan nama perusahaan Anda, agar SMS penagihan akan terlihat dapat dipercaya. Untuk mempelajari berbagai solusi yang ditawarkan oleh produk Apigo Messaging, Anda dapat menghubungi kami di laman berikut ini.