Cara-cara yang Dapat Dilakukan untuk Jalin Kedekatan dengan Pelanggan | Apigo.id

Cara-cara yang Dapat Dilakukan untuk Jalin Kedekatan dengan Pelanggan

Pentingnya Menjalin Kedekatan Dengan Pelanggan Untuk Membangun Loyalitas

Memperluas jangkauan, memperbanyak jumlah pelanggan baru itu penting. Namun, menjaga loyalitas pelanggan juga tidak kalah penting. Pelanggan yang loyal dengan produk Anda, tidak hanya akan membeli produk secara berulang, namun juga akan merekomendasikan brand Anda kepada kerabat koleganya untuk dikonsumsi. Pelanggan loyal secara otomatis akan mendatangkan pelanggan-pelanggan baru. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menjaga loyalitas, jalin kedekatan dengan pelanggan.

Anda mungkin saja bisa memuaskan pelanggan ketika mereka pertama kali baru mengenal dan membeli produk. Namun, Anda juga perlu memikirkan bagaimana caranya agar pelanggan jadi merasa dekat dengan brand. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk jalin kedekatan dengan pelanggan:

1. Kumpulkan Informasi Tentang Pelanggan Anda Sebanyak-banyaknya

Tak kenal, maka tak sayang. Semakin Anda mengenali pelanggan dengan baik, maka semakin banyak jalan-jalan terbuka untuk menjalin kedekatan dengan mereka. Ketika pelanggan melakukan pembelian produk brand Anda, usahakan sebisa mungkin Anda mendapatkan data dirinya. Minimal mendapatkan data demografis seperti tanggal lahir, gender, alamat, nomor telepon, dan email/sosial media. Kemudian integerasikan setiap data yang dimiliki untuk dijadikan layanan tertentu.

Sebagai contoh, misal Anda mendapatkan data tanggal ulang tahun pelanggan. Maka pada tanggal tersebut, Anda dapat mengucapkan ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan Anda. Ucapan selamat ini diatasnamakan brand produk Anda. Walaupun terlihat sepele, namun ucapan selamat ulang tahun ini bermakna cukup berarti untuk pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan ingat bahwa brand produk Anda telah mengucapkan selamat ulang tahun.

2. Buat Survey Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Anda

Kepuasan pelanggan sangat penting. Jika kesan pertama pelanggan terhadap produk Anda buruk, maka mereka tidak akan membelinya lagi, bahkan cenderung menghimbau orang lain untuk tidak mencoba produk Anda. maka dari itu penting bagi Anda untuk membuat survey kepuasan pelanggan terhadap produk.

Survey kepuasan produk akan membantu Anda untuk lebih meningkatkan lagi kualitas produk dan pelayanan. Pelanggan yang tadinya tidak puas, kemudian mengisi survey kepuasan pun juga dapat memberikan timbal balik yang baik. Alih-alih mereka menceritakan kekecewaan produk ke orang lain, mereka lebih menghargai brand yang memberikan jalan untuk berkeluh kesah melalui survey pelanggan.

Jika feedback dari pelanggan menujukkan telah puas dengan produk, jangan lupa ucapkan “terima kasih”, agar pelanggan jadi merasa lebih dekat dan berkontribusi terhadap produk.

Jika survey menunjukkan ketidakpuasan, Anda tetap juga harus mengucapkan terima kasih kepada pelanggan, dan katakana bahwa Anda akan meningkatkan kualitas produk lebih baik lagi. Sehingga, pelanggan tersebut juga akan menantikan perbaikan dari produk Anda.

3. Tampung Semua Jenis Kritik, Saran, dan Pendapat Pelanggan Tentang Brand Anda

Seperti halnya poin nomor dua, Anda perlu mendengar keluhan pelanggan. Perlu menampung keluhan pelanggan secara baik. Jika pelanggan yang mengeluh, namun tidak diberikan feedback atau tidak ditampung setiap kritik, saran, dan pendapatnya, mereka akan merasa tidak dihargai. Menghargai adalah nilai penting untuk mempererat dekat sebuah hubungan, untuk jalin kedekatan dengan pelanggan.

4. Adakan Event Khusus Untuk Pelanggan

Menjalin kedekatan dengan pelanggan juga dapat dilakukan melalui pengadaan event khusus. Event ini dapat berupa seminar gratis, workshop, atau pameran yang tentunya terdapat brand Anda sebagai solusi dari tema masalah yang diangkat. Selain untuk jadi ajang promosi, event juga akan mendekatkan Anda dengan pelanggan secara sosial. Komunikasi yang dibangun bisa secara langsung hati ke hati, tidak terbatas dari layar ponsel saja.

5. Update Perkembangan Terkini dari Brand Anda

Keep in touch dengan pelanggan dapat menciptakan kedekatan. Menjaga koneksi dengan pelanggan itu sangat penting sekali. Anda dapat melakukannnya dengan cara menginformasikan secara berkala perkembangan brand. Anda juga dapat menyebarkan informasi-informasi seperti diskon, event, potongan harga, bahkan mengucapkan selamat ulangtahun secara personal kepada pelanggan melalui SMS (Short Message Service).

SMS merupakan layanan komunikasi teks yang dimiliki oleh setiap jenis ponsel. Sehingga, apapun jenis ponselnya, tanpa memerlukan jaringan internet, Anda dapat mengirimkan pesan kepada pelanggan. SMS memiliki sifat yang sangat personal, sehingga dapat membangun komunikasi dengan pelanggan jadi lebih dekat. Potensi SMS dibaca juga cukup tinggi, sebesar 98% dengan lama waktu dibaca kurang dari 5 menit.

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dengan menggunakan SMS, tentu jemari Anda akan pegal sekali jika harus mengirimkan pesan satu persatu, dan apalagi bisa-bisa diangap penipuan karena nama pengirim akan muncul nomor asing. Tidak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan SMS API sebagai solusinya.

Apigo Messaging Membantu Anda Untuk Jalin Kedekatan dengan Pelanggan

SMS API adalah SMS yang dikirim melalui mesin komputer, dengan menggunakan teknologi API (Application Programming Interface). Anda cukup menuliskan pesan singkat SMS, memasukkan database nomor pelanggan yang akan Anda kirimkan SMS, kemudian mengatur jadwal secara otomatis kapan SMS akan terkirim. SMS API dapat membantu Anda mengirimkan pesan ke banyak nomor, dengan cara yang efektif dan efisien.

Nama sender ID yang akan tertera di ponsel pelanggan juga bisa diatur sesuai dengan nama brand Anda. Jadi pesan yang masuk ke ponsel pelanggan tidak akan dikira abal-abal, atau modus penipuan.

Apigo messaging adalah layanan distribusi yangd apat membantu Anda untuk jalin kedekatan dengan pelanggan. Dengan Apigo, Anda dapat mengirimkan SMS API dengan mudah dan cepat. Untuk mempelajari berbagai solusi yang tersedia dari ragam produk Apigo, Anda dapat menghubungi halaman berikut ini. Nah, jadi tunggu apa lagi? Segera jalin kedekatan dengan pelanggan Anda, untuk meningkatkan loyalitas secepatnya!