Cara Kerja SMS Gateway Untuk Melancarkan Bisnis Usaha Anda | Apigo.id

Cara Kerja SMS Gateway Untuk Melancarkan Bisnis Usaha Anda

Bagaimana Bisa SMS Dapat Meningkatkan Keuntungan? Simak Cara Kerja SMS Gateway Berikut ini.

Pesan SMS merupakan layanan pesan komunikasi teks yang dapat digunakan di setiap jenis ponsel. SMS ditemukan pertama kali tahun 1993. Setiap SMS yang dikirim oleh pengguna ponsel, akan masuk ke Short Message Service Centre, kemudian diteruskan ke penerima pesan.

Pengiriman pesan SMS melalui ponsel mensyaratkan jaringan antara pengirim dan penerima pesan harus aktif, agar pesan dapat sampai dengan baik. Cara kerja SMS gateway memiliki perbedaan dengan SMS mobile, namun wujud pesan yang masuk serupa dengan SMS mobile.

Perbedaan SMS Mobile dengan SMS Gateway

Ketika Anda ingin mengirim SMS broadcast kepada banyak nomor di kontak ponsel, jumlah kontak yang dapat dimasukkan sebagai penerima pesan terbatas. Mengirim pesan ke ratusan kontak akan membuat ponsel Anda mudah eror, dan kotak masuk Anda menjadi sangat penuh. Pengelolaan kotak masuk Anda akan lebih sulit apabila dilakukan di ponsel.

Anda dapat mengelola pesan SMS, lebih mudah dengan menggunakan SMS gateway. SMS dikelola melalui teknologi komputer, di mana program ini sudah di-coding secara khusus oleh Programmer, untuk membantu Anda mengirim pesan dari komputer ke ratusan nomor pengguna ponsel. Cara kerja SMS gateway jauh lebih membantu Anda, dibandingkan menggunakan SMS mobile yang mengirim pesan secara manual.

Begini Cara Kerja SMS Gateway

  1. SMS gateway yang sudah diprogram oleh Programmer, dapat digunakan sebagai alat mengirim pesan.
  2. Anda memasukkan nomor ponsel dari database, atau nomor ponsel yang dituju berdasarkan hasil melacak sinyal di wilayah tertentu.
  3. Mengetik pesan promosi yang sudah Anda rumuskan.
  4. Mengirim pesan ke nomor yang sudah ditentukan, hanya dengan sekali klik, kemudian pesan akan masuk ke dalam SMS gateway.
  5. Kemudian pesan akan langsung diteruskan menuju ke nomor pengguna.

Jadi, Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan pengelolaan pesan SMS mobile. Cara kerja SMS gateway dapat membantu Anda, mengirim serta mengelola pesan dengan baik dan mudah.

SMS Gateway untuk Melancarkan Bisnis Usaha Anda

SMS dapat menjadi media komunikasi yang dimanfaatkan untuk aktivitas promosi dan pelayanan pelanggan. Berikut ini cara kerja SMS gateway untuk melancarkan bisnis usaha Anda:

1. SMS Blast untuk Membangun Brand Awareness

Bagi Anda yang memiliki produk baru, dan ingin membangun brand awareness kepada masyarakat luas, Anda dapat menggunakan SMS blast. SMS blast adalah sms yang dikirim ke banyak nomor, tanpa mengklasifikasikan profil ataupun lokasi penerima pesan. Pesan dikirim seluas-luas ke para pengguna ponsel.

Baca Juga: Tips Penggunaan SMS Marketing Yang Harus Diketahui Startup

2. SMS Location Based Advertising (LBA) untuk Promosi Khusus

Jika Anda memiliki toko offline atau mengadakan event marketing di suatu wilayah, Anda dapat mengirimkan SMS LBA ini untuk mempromosikan kepada para pengguna ponsel, yang sinyalnya berada di wilayah tertentu. Semisal Anda mau membuka cabang rumah makan di daerah Jakarta Selatan, Anda dapat mengirimkan pesan promosi atau potongan diskon dengan menggunakan SMS LBA. Orang-orang yang tinggal atau sedang berada di wilayah dekat rumah makan Anda akan  tertarik untuk mengunjungi.

3. Sebagai SMS Notifikasi untuk Pelanggan

SMS notifikasi berguna untuk mengirimkan pesan pemberitahuan kepada pelanggan. Pemberitahuan ini bentuknya macam-macam, dapat berupa pengingat jatuh tempo transaksi, notifikasi aktivitas akun online pelanggan, dan masih banyak lainnya.

4. SMS OTP Untuk Meningkatkan Keamanan Akun Pelanggan

Setiap pelanggan pasti ingin terjamin keamanannya ketika melakukan transaksi online. SMS OTP atau One Time Password, adalah SMS yang masuk ke ponsel pelanggan, memberitahukan kode verifikasi akun. Jadi setiap kali pelanggan ingin membuka akunnya, ada kode verifikasi yang harus diisi. Sehingga jika ada orang asing yang berusaha membobol akun pelanggan, dapat ditelusuri dengan mudah.

Apigo Messaging Rekan SMS Gateway Anda

Untuk dapat menggunakan tiap jenis SMS di atas, Anda perlu bekerja sama dengan distributor SMS gateway. Apigo Messaging adalah distributor SMS gateway yang dapat membantu Anda untuk melancarkan bisnis usaha Anda. Untuk mempelajari berbagai solusi dan produk SMS gateway dari Apigo lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman berikut ini.