keberadaan-api-mendorong-perkembangan-bisnis digital

Keberadaan API Mendorong Perkembangan Bisnis Digital

Digitalisasi membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia. Sekarang, beragam kegiatan dapat dilakukan di gadget. Salah satu bagian penting dari kemudahan ini adalah peran (API) yang memungkinkan semuanya berjalan, termasuk mempermudah kegiatan bisnis digital Anda.

Banyak contoh kemudahan yang sekarang bisa Anda lakukan untuk bisnis digital. Soal berbelanja saja. Saat ini konsumen tidak perlu datang langsung secara fisik ke toko. Cukup melakukan belanja online, produk yang diinginkan nanti akan didapatkan.

Begitu pula halnya dengan pilihan sarana transportasi. Dengan memanfaatkan aplikasi daring, seseorang bisa memanggil motor atau mobil yang mengantar ke tempat tujuan.

Beragam layanan itu dapat dinikmati oleh konsumen berkat API. Integrasi API Gateway dijalankan sehingga beragam data bisa terkoneksi dan saling terhubung. Hal itu bisa terjadi karena API memiliki konsep dasar berupa serangkaian aturan kesepakatan antara kode aplikasi dan kode aplikasi lain yang saling “berbicara”.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan berkat proses digitalisasi seharusnya tidak dibiarkan begitu saja. Pelaku usaha bisa mengembangkannya menjadi peluang terutama bisnis digital.

Kesempatan Besar untuk Pelaku Bisnis Digital

Keberadaan API tidak hanya akan memudahkan para konsumen. Peluang usaha yang besar juga hadir di baliknya. Sebagai contoh nyata adalah kesempatan untuk mengembangkan bisnis digital.

Perlu disadari, koneksi API Gateway mampu mengoneksikan data, layanan, dan bisnis ke konsumen, partner, pengembang, aplikasi mobile, hingga layanan awan (cloud services) sekaligus. Hal inilah yang memberikan peluang besar bagi bisnis khususnya bisnis digital.

Kebetulan orang memang senang menghubungkan aplikasi yang dimiliki dengan berbagai hal. Ini terkuak dalam riset yang dijalankan oleh Zogby Analitics. Mereka menyatakan sekitar 50 persen konsumen di dunia yang menggunakan aplikasi dalam enam bulan memilih menyambungkannya ke media sosial, toko online, hingga ke penyedia layanan konten seperti video.

Lantas seperti apa penerapannya secara riil? Contoh termudah adalah pengoneksikan Google Maps ke berbagai aplikasi. Ini diterapkan secara bagus oleh sejumlah penyedia jasa layanan transportasi daring. Mereka menghubungkan apps dengan peta dari Google Maps.

Dari sini terlihat arti penting API. Peta yang mereka gunakan merupakan API dari Google Maps. Oleh sebab itu, bisa dibilang pebisnis digital menikmati keuntungan dari koneksi API Gateway.

Masih banyak kemudahaan lain yang ditawarkan dari API. Pengembang aplikasi bisa menggunakan API untuk menekan biaya layanan data yang real time. Begitu pula dengan kemungkinan memasang API dari layanan pembayaran. Pengembang dapat menjalankannya sehingga konsumen bisa langsung membayar produk atau layanan yang diinginkan secara cepat dan mudah.

Akhirnya semua terpulang ke kreativitas pengembang. Keberadaan API memungkinkan sejumlah hal dilakukan. Alhasil, bisa dibilang, pemanfaatannya hanya dibatasi oleh imanijasi belaka.

Tantangan Khusus

Memanfaatkan API untuk mendorong perkembangan bisnis khususnya bisnis digital merupakan langkah tepat. Namun, terdapat tantangan khusus ketika menjalankannya.

Sebelum menerapkan API, dibutuhkan prasyarat berupa integrasi data. Sialnya, data yang dimiliki oleh perusahaan biasanya kompleks dan beragam. Akibatnya proses integrasinya tidak akan mudah. Pengembang harus mau mengecek apakah API kompatibel dengan aplikasi yang dibuat.

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah keamanan. Data perusahaan diharapkan dapat “comply” dengan aturan standar aplikasi bisa. Ini tidak mudah dijalankan. Oleh sebab itu, pengembang dan partner pun disarankan mencoba mengakses API sehingga lapisan keamanan dapat lebih teruji.

Tidak ada salahnya pula dalam mengembangkan bisnis digital, pelaku usaha mempertimbangkan jasa layanan API Gateway yang kompeten seperti Apigo. Dengan kemampuan mumpuni, beragam hal seperti integrasi API Gateway atau koneksi API Gateway dapat dijalankan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.